TAGARNUANSA

Fitur-Fitur WordPress Yang Harus Kamu Tahu

Fitur-Fitur WordPress Yang Harus Kamu Tahu
Rabu, 04 Oktober 2017
image

Siapa sih yang tidak mengenal Wordpress? salah satu CMS terbesar dan paling populer saat ini dan merupakan saingan CMS dari google yang juga populer dan banyak digunakan yakni Blogger. Jika kalian sudah lama terjun dalam dunia blogging saya yakin kalian sudah mengenal dua CMS diatas, namun apa kira-kira perbedaan antara Wordpress dan Blogger?


Sederhana saja, bedanya, Blogspot menggunakan bahasa pemrogaman HTML dan XML. Sedangkan WordPress dibuat dengan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL.


Perlu diketahui bahwa WordPress adalah salah satu CMS yang cepat mengalami perubahan sistem, mengikuti perkembangan teknologi, keamanan dan selalu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan dirilisnya versi WordPress dari satu versi ke versi lainnya dengan sangat cepat yang di dalamnya selalu ada penambahan fitur WordPress tertentu termasuk keamanan.


Pada dasarnya, WordPress memiliki beberapa fitur yang merupakan salah satu komponen dan pelengkap dari sebuah aplikasi. Fitur-fitur WordPress ini bersifat Dinamis.


Mengapa dinamis? Hal ini disebabkan karena adanya perbaikan bahkan perombakan dari WordPress versi lama ke versi yang lebih baru. Sebagai pemula yang ingin mendalami dunia blogging, ada baiknya sobat juga mengetahui apa saja fitur-fitur yang terdapat dalam WordPress, berikut penjelasannya.



  • Fitur WordPress merupakan sebuah Content Managemet System (CMS).


  • Terdapat lisensi General Public License (GPL) sehingga memudahkan pengguna untuk dapat mendownload secara gratis (ini yang berbeda dengan Blogger).


  • Sudah disupport dengan dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang sudah ada.


  • Support dengan berbagai bahasa, termasuk di dalamnya Bahasa Indonesia.


  • Fasilitas pencarian yang komprehensif.


  • Administrasi dan maintenance sangat mudah.


  • Kemudahan posting dengan dukungan editor.


  • Kemudahan mengimport data dari sistem blog lainnya.


  • Menggunakan interface XML RPC yang memudahkan sobat posting dimana saja, bisa melalui email ataupun langsung dari aplikasi WordPress for Android.


    • Sindikasi otomatis dengan Atom dan RSS.


    • Support Kategori dan Sub Katagori yang tak terbatas.

    Nah, bagaimana? banyak sekali bukan fitur-fitur yang ada pada WordPress, jika ingin tahu lebih banyak tentang CMS yang satu ini, silahkan sobat lanjutkan untuk membaca artikel ini.

    Dari uraian tentang apa itu WordPress, dapat juga kita analisis bagaimana dengan fungsi WordPress itu sendiri berdasarkan fitur WordPress yang ada?


    Multi User

    WordPress sendiri memiliki fungsi yang multi user. Yakni, memungkinkan sobat untuk dapat membuat situs komunitas sendiri dengan mengaktifkan multi user. Sehingga pengunjung yang mengunjungi situs sobat dapat ikut berperan aktif.


    Dinamis

    WordPress sendiri juga memiliki fungsi yang dinamis. Jika sobat ingin mengupdate WordPress sobat misalnya dengan mengganti tema atau template, maka sobat dapat dengan cepat menggantinya tanpa mengulangnya dari awal.


    Upgrade

    Jika WordPress sobat masih menggunakan versi lama, sobat bisa menggunakan versi WordPress baru yang sudah muncul. Mudah saja, sobat hanya tinggal menginstall ke versi yang lebih baru dan biasanya sudah terdapat tambahan fasilitas.


    Dukungan penuh

    WordPress juga sudah didukung penuh termasuk pihak ketiga untuk eksistensinya seperti template dan plugin dan hampir semuanya dapat di peroleh secara gratis.


    Layanan pemalink

    Semua URL pada WordPress sobat akan secara otomatis ditambah ke berbagai mesin pencari seperti Google secara permanen.


    Multi bahasa

    Dengan menggunakan WordPress maka sobat akan mendapatkan fasilitas berbagai bahasa untuk memudahkan penggunaannya dan sudah termasuk bahasa Indonesia.


    Hal yang paling terlihat dari fitur yang menjadi kelebihan Wordpress intinya adalah begitu banyaknya plugin yang dapat digunakan, sehingga banyak user yang dimanjakan dengan adanya sistem plugin ini.

    Nah, itulah fitur-fitur WordPress yang sebaiknya sobat ketahui, karena dengan mengetahui kira-kira fitur apa saja yang ada pada WordPress, bisa menjadi pertimbangan bagi sobat yang akan membuat sebuah situs professional, seperti misalnya situs resmi baik itu perusahaan atau startup sejenis lainnya, namun untuk situs atau blog personal juga WordPress cukup recommended untuk dicoba.

    So, kira-kira apakah sobat sudah mulai tertarik dan ingin mencoba menggunakan CMS WordPress sekarang juga? Jangan lupa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini ya.

    Share This Article :
    Andhika Pandanu

    Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

    Follow my social media account
    ig : @dhika_dn 

    TAMBAHKAN KOMENTAR