TAGARNUANSA

Penyebab Postingan Blog Hilang dari SERP Google

Penyebab Postingan Blog Hilang dari SERP Google
Selasa, 03 Oktober 2017
image
Search Engine Result Page (SERP) Google merupakan halaman hasil penelusuran Google atas dasar kueri atau keyword yang di masukkan oleh pengguna internet. Hasil pencarian tersebut bisa berupa foto/gambar, ringkasan-ringkasan postingan/artikel blog/web, video youtube, dan masih banyak lagi.

Apakah sobat merupakan salah satu pengelola blog/web? Jika iya, maka menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila judul/nama blog atau judul artikel sobat bisa menduduki halaman pertama di SERP Google. Karena dengan begitu, besar kemungkinan akan mendatangkan pengunjung organik dari mesin penelusuran Google, dan pada akhirnya bisa meningkatkan trafic blog.  Berikut penjelasan mengenai penyebab postingan blog hilang dari serp google.



Tingginya Kompetisi di SERP Google

Tingginya persaingan di search engine Google juga mempengaruhi posisi laman web/blog sobat. Ketika tingkat kompetisi rendah, maka postingan blog sobat bisa muncul di halaman pertama Google. Begitu juga sebaliknya. Apabila sobat mengikuti kontes SEO, sudah barang tentu tingkat persaingannya tinggi. Oleh karena itu, jika pagerank dan alexa rank blog sobat rendah, maka tidak ada harapan postingan blognya bisa ajeg/tetap di halaman pertama Google.


Artikel Sudah Di Laporkan Ke DMCA

Ini berlaku jika artikel yang diterbitkan di blog/web milik sobat merupakan artikel hasil copas dari blog orang lain. Apabila pihak sumber tidak terima dengan perbuatan yang sobat lakukan, maka mereka akan melaporkannya kepada Google DMCA. Apabila sobat menggunakan platform Blogspot, maka akan berisiko artikel sobat atau bahkan mungkin blog nya yang dihapus. Apabila sobat menggunakan platform lain, misal WordPress atau Selfhosted, maka posisi postingan blog akan diturunkan dari SERP Google.


Artikel Blog Sobat di Copas oleh Blogger Lain

Apabila salah satu artikel blog yang sobat miliki di copy paste oleh orang lain dan kemudian diterbitkan lagi di blog/web mereka, maka besar kemungkinan akan berdampak buruk bagi blog sobat, yakni posisi artikel blog sobat di SERP Google bisa menurun atau bahkan bisa hilang sama sekali. Lebih-lebih bila yang copas sudah mencapai puluhan, maka algoritma Google akan menurunkan peringkat blog sobat di SERP nya. Karena terdapat banyaknya duplikat konten artikel, sehingga algoritma Google cenderung mengabaikan nya.


Topik Artikel Sudah Out Of Date

Point ini hanya berlaku jika topik yang dibahas dalam artikel blog sobat bersifat sesaat atau musiman. Mungkin pada waktu awal-awal, saat lagi booming, postingan sobat selalu muncul di SERP Google. Tapi kemudian jika topik tersebut sudah layu, maka sudah tidak tampak lagi artikel blog sobat di SERP Google, karena pengguna internet sudah tidak lagi membutuhkan informasi terkait dengan topik artikel blog tersebut.


Sobat Menggunakan Teknik SEO Black Hat untuk Optimasi Artikel Blog

Sobat perlu hati-hati dalam melakukan optimasi SEO onpage pada blog. Bahkan saya sangat mengharapkan sobat  tidak mempraktekkan Black Hat SEO. What is Black Hat SEO? Adalah upaya melakukan optimasi SEO secara curang untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Cara curang tersebut bisa berupa (i) manipulasi keyword yang disamarkan pada artikel postingan dengan warna halaman template blog sobat, (ii) bisa berupa pemasangan keyword yang berlebihan, (iii) link internal yang berlebihan, (iv) dan masih banyak lagi.


Mungkin teknik SEO ini bisa berjaya dalam beberapa hari atau minggu. Yakni postingan blog bisa muncul di halaman pertama Google. Tapi kemudian setelah itu akan hilang sama sekali dari SERP Google jika algoritma Google dan pihak Google mengetahui kecurangan yang sobat lakukan.



Demikian artikel tentang "Penyebab Postingan Blog Hilang dari SERP Google". Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita semua, terutama bagi yang sedang belajar tentang Optimasi SEO, jika ada pertanyaan atau yang hanya ingin sekedar diskusi tentang artikel ini, saya harap sobat bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR