TAGARNUANSA

Macam-Macam Sistem Proses Produksi

Macam-Macam Sistem Proses Produksi
Minggu, 03 Desember 2017
Di postingan kali ini saya ingin menjelaskan tentang apa saja macam-macam proses produksi dalam Manajemen Operasional beserta contohnya, untuk melengkapinya saya sertakan juga gambar agar kalian bisa lebih mudah memahaminya.
image

Umumnya dalam proses produksi dibagi menjadi 2, yaitu Proses Produksi Secara Terus-Menerus ( Continous Process ) dan Proses Produksi Yang Terputus-Putus ( Intermitten Process ), berikut penjelasan lebih detailnya.


  • Proses Produksi Terus-Menerus ( Continous Process )


Seperti namanya proses produksi ini adalah sistem produksi yang dikerjakan secara terus menerus mengikuti alur standar proses produksi yang telah ditetapkan, artinya proses produksi dikerjakan secara berkesinambungan dan biasanya dalam suatu pabrik sistem produksi ini dihubungkan dengan ban berjalan, dan disusun sesuai dengan urutannya masing-masing.

Semua produk yang akan diproses harus melalui tahap-tahap proses produksi secara berurutan dan tidak boleh ada yang terlewat satupun. dalam proses produksi ini produk yang dihasilkan hanyalah satu jenis.


Perhatikan gambar berikut ini.



img

Bisa kalian lihat pada gambar diatas yang saya buat sesederhana mungkin agar mudah untuk kalian pahami bahwa proses produksinya dilakukan secara berurutan dan dihubungkan dengan ban berjalan mulai dari mesin satu sampai mesin 6, tidak boleh ada yang terlewat. Setelah melalui semua tahapan proses produksi maka input akan menghasilkan output atau barang hasil produksi yang telah siap didistribusikan.

  • Proses Produksi Terputus-Putus ( Intermitten Process )


Proses produksi yang ini berbeda dengan pertama dalam hal produk yang dihasilkan dan tatacara proses produksinya, jika yang pertama hanya dapat menghasilkan satu jenis produk, maka yang ini bisa bermacam-macam jenis produk yang dihasilkan dalam satu waktu.

Dalam proses produksi ini mesin-mesin diletakkan secara berkelompok sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contoh dalam industri pabrik bersekala besar seperti garment biasanya memproduksi barang yang berbeda-beda sesuai standar yang telah ditetapkan, dalam hal ini ada banyak jenis produk yang dihasilkan mulai dari kaos, celana, kemeja, dll.


Karena jenis produk yang dihasilkan berbeda-beda maka sudah pasti mesin yang digunakan pun akan berbeda-beda.




Pada gambar diatas saya mengambil contoh kasus pada pabrik tekstil, dimana biasanya pabrik tekstil menghasilkan banyak produk dalam satu waktu, kelompok-kelompok mesin diatas, masing-masing memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda sesuai dengan produk yang akan dihasilkan.


Sebagai tambahan ada satu jenis proses produksi lagi yang perlu kita ketahui selain dari dua jenis proses produksi di atas, yaitu Proses Produksi Proyek.

Seperti namanya proses produksi ini adalah proses produksi yang bergerak di bidang pembangunan karena produk yang dihasilkan berupa infrastruktur yang digunakan langsung ditempat produk itu dibuat, beberapa contohnya misalkan saja Proses pembuatan gedung, jembatan, apartemen, dan infrastruktur-infrastruktur lainnya.

Oke, itulah Macam-Macam Sistem Proses Produksi yang dapat saya jelaskan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua, sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR