TAGARNUANSA

Cara Mudah Memahami Siklus Akuntansi

Cara Mudah Memahami Siklus Akuntansi
Senin, 04 Desember 2017
Oke, di postingan ini saya akan membahas seputar akuntansi dasar. Saat pertama belajar akuntansi biasanya kita akan dikenalkan dengan yang namanya "Siklus Akuntansi", hal ini wajar karena memang dengan memahami siklus akuntansi berarti kita sudah dapat memahami alur kegiatan yang akan kita lakukan di dalam akuntansi.

Secara sederhana, Siklus Akuntansi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan dengan tahapan-tahapan tertentu yang dimulai sejak terjadinya transaksi yang bertujuan untuk memproses bukti-bukti transaksi dan menghasilkan output yang berupa informasi keuangan / laporan keuangan suatu perusahaan.

Untuk mempermudah kamu dalam memahami tahapan-tahapan dalam siklus akuntansi, maka disini saya telah membuat ilustrasinya dalam bentuk gambar agar lebih mudah untuk kalian pelajari. Perhatikan dengan baik gambar berikut ini.


Penjelasan

Dimulai dari kegiatan transaksi yang telah dilakukan dan dicatat sebagai bukti transaksi yang sah kita mencatat dan memasukkannya ke "Jurnal", lalu menggolongkannya di "Buku Besar", kemudian mengikhtisarkannya di "Jurnal Penyesuaian" dan membuat "Neraca Saldo" / "Neraca Percobaan" ( setelah disesuaikan ), lalu melaporkannya dalam bentuk "Laporan Keuangan" yang dibagi dalam 3 bagian "Laporan Rugi-Laba, Laporan Perubahan Modal, dan Neraca".

Setelah memahami alur dan tahapan dalam Siklus Akuntasi, setidaknya kita tidak bingung lagi serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam membuat laporan keuangan suatu perusahaan.

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mempelajari setiap poin-poin dalam masing-masing tahapan, mulai dari bagaimana cara menjurnal yang baik dan benar, menggolongkannya di buku besar, dan seterusnya sampai terbentuknya suatu laporan keuangan yang utuh.

Oke, itulah materi dasar akuntansi yang dapat saya jelaskan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat semua, terimakasih sudah berkunjung.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR