TAGARNUANSA

Menentukan Lokasi Pabrik ( Plant Site ) Dengan Metode Cost Comparison

Menentukan Lokasi Pabrik ( Plant Site ) Dengan Metode Cost Comparison
Kamis, 22 Februari 2018
Dalam menentukan lokasi suatu pabrik yang akan menjadi pusat operasi perusahaan dalam membuat suatu produk tidak boleh dilakukan secara serampangan dan asal-asalan tanpa memperhatikan faktor-faktor tertentu yang akan sangat berdampak nantinya bagi kelangsungan pabrik tersebut.
img
Ada beberapa metode terbaik dalam melakukan penilaian untuk menentukan lokasi pabrik ( plant site ), diantaranya Metode Penilaian Hasil Values, Cost Comparison, serta Economic Analysis dan disini saya akan menjelaskan salah satunya yaitu metode Cost Comparison ( Perbandingan Biaya ), sesuai namanya metode ini mengharuskan kita untuk melakukan survei perbandingan biaya untuk masing-masing tempat yang akan dijadikan alternatif pilihan.


Menentukan Lokasi Pabrik ( Plant Site ) Dengan Metode Cost Comparison

Materi Lainnya:

Namun, sebelumnya akan saya jabarkan tiga tahapan utama yang wajib dilakukan untuk menentukan alternatif lokasi pabriknya terlebih dahulu, karena sebelum melakukan metode diatas kita perlu menentukan beberapa kota terlebih dahulu yang memiliki potensi untuk dijadikan pilihan alternatif.


  1. Melihat kemungkinan daerah mana yang dapat dijadikan daerah alternatif, dengan melihat ketentuan PEMDA ( Pemerintah Daerah ) mengenai perizinan untuk mendirikan bangunan pabrik di daerah tersebut.
  2. Melihat pengalaman orang lain atau pengalaman sendiri dalam menentukan kota alternatif.
  3. Mempertimbangkan dan menilai sikap masyarakat sekitar.


Nah, setelah kita menentukan beberapa lokasi kota alternatifnya, berulah kita masuk ke metode yang akan kita praktekan, silahkan simak gambar di bawah ini.

img
metode cost comparison

Pada gambar diatas saya memberi contoh dengan memilih tiga kota sebagai alternatif pilihan terbaik untuk wilayah JABODETABEK, antara lain Bogor, Cikarang, dan Cilegon. Dan dari data survey diatas telah ditentukan masing-masing biaya untuk faktor yang dinilai.

Dalam metode Cost Comparison semakin tinggi biaya maka semakin tidak layak untuk dipilih karena disini kita memilih perbandingan yang paling minim biaya untuk dijadikan pilihan, namun perlu diperhatikan bahwa ada faktor Sikap Masyarakat di bagian terakhir faktor penilaian, dan ini tidak boleh disepelekan.

Jika kita hanya memperhatikan dari segi biaya maka kota Cikarang akan menjadi pilihan terbaik, karena kota ini memiliki total biaya terkecil yaitu sebesar Rp. 361.000, namun sikap masyarakat di daerah tersebut cenderung menentang, maka kota itu tidak boleh dijadikan pilihan.

Sekarang bagaimana dengan kota Cilegon? dilihat dari segi biaya kota ini sudah dapat dipastikan tidak akan menjadi pilihan karena memiliki total biaya terbesar yaitu Rp.417.000, ditambah lagi sikap masyarakatnya yang cuek menjadikan kota ini sangat tidak layak untuk dipilih.

Nah, terakhir adalah kota Bogor, memang dari segi biaya kota bogor ada di urutan menengah dengan total biaya sebesar Rp. 400.000, lebih besar dari kota Cikarang dan lebih kecil dari kota Cilegon. Namun, sikap masyarakat di kota Bogor cenderung mendukung, sehingga menjadikan kota ini sangat layak untuk dipilih dan dijadikan alternatif pilihan terbaik untuk menjadi lokasi pembangunan pabrik.

Beberapa faktor penilaian diatas adalah parameter umum yang biasa digunakan untuk melakukan survei lapangan dalam menentukan lokasi alternatif bangunan pabrik. Namun, selain faktor-faktor utama tersebut tentu saja kita bisa menentukan dengan bebas faktor apa saja yang kira-kira akan dinilai dan berhubungan langsung dengan daerah tersebut sesuai keperluan dan kebijakan dari masing-masing perusahaan yang akan melakukan survei lokasi bangunan pabrik.

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak Google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan Anda harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak website ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan kepada pihak Google

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR