TAGARNUANSA

Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Bisnis

Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Bisnis
Sabtu, 24 Februari 2018
Bidang Teknologi dan Informasi berkembang begitu pesat dan memiliki peranan yang sangat besar dalam jalannya usaha di kalangan para pebisnis.


Tidak sedikit perusahaan yang kewalahan akan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kebanyakan dari mereka kalah berinovasi dalam memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Namun dengan semakin canggihnya teknologi informasi juga memberikan banyak kemudahan dan dampak yang positif bagi pelaku bisnis dalam berbagai lini perusahaan.

Disini saya akan memberikan gambaran secara umum tentang pengaruh teknologi dalam dunia bisnis sekaligus dampak-dampak yang ditimbulkan dan perubahan apa saja yang terjadi.


PERUBAHAN SISTEM RECRUITMENT TENAGA KERJA


Perubahan teknologi informasi yang begitu pesat tentunya akan berdampak terhadap sistem dalam perekrutan tenaga kerja, dari yang tadinya offline menjadi online.

Hal ini memang sangat memudahkan suatu perusahaan dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, namun disisi lain ternyata juga akan meningkatkan volume persaingan antar para pelamar kerja.

orang yang awam tentang dunia teknologi informasi tentu akan tertinggal dan kalah bersaing dengan mereka yang melek teknologi, belum lagi melihat prospek atau lapangan pekerjaan yang semakin menipis, untuk itu kita dituntut agar lebih tanggap dan cepat dalam mengikuti arus perkembangan teknologi informasi saat ini.

PERUBAHAN MEKANISME KERJA PARA KARYAWAN

Perubahan adalah sesuatu yang tak dapat dihindari oleh manusia dari zaman dulu hingga sekarang, begitupun dalam dunia kerja. Banyak pekerjaan yang tadinya dilakukan secara manual berubah ke mode komputerisasi, akibatnya banyak karyawan atau tenaga kerja yang terkena dampak dari kebijakan perusahaan tersebut.

Perusahaan akan mulai mensortir karyawannya dan melakukan PHK, karena peran mereka telah digantikan oleh mesin, karyawan yang kurang sesuai dengan keinginan perusahaan pun akan kalah bersaing dengan mereka yang lebih tanggap dan cepat dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan mereka.

MENINGKATKAN PERSAINGAN ANTAR PERUSAHAAN

Persaingan antar perusahaan dari dulu memang merupakan suatu hal yang wajar, namun akan berbeda jika kita ikut melibatkan teknologi dalam mempengaruhi jalannya persaingan antar perusahaan, itu telah terbukti dengan terjadinya kemunduran beberapa perusahaan oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi. walaupun banyak juga yang mungkin masih bertahan dan berusaha untuk mengejar ketertinggalan.

Kebanyakan dari mereka kalah bersaing karena kurangnya inovasi dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat hingga saat ini, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan komunikasi.

Dengan semakin canggihnya teknologi, perusahaan yang kreatif akan segera memanfaatkannya, mengambil satu langkah lebih maju untuk mengungguli perusahaan lainnya yang bergerak di bidang yang sama.

MEMPENGARUHI PERUBAHAN DALAM BERTRANSAKSI

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya onlineshop dan marketplace yang masuk ke dalam kategori e-commerce saat ini? saya yakin pasti semuanya sudah paham dan tahu apa itu onlineshop.

Yap, itu adalah sebutan untuk sebuah usaha yang membuka usaha lapaknya secara online. Saat ini sudah begitu banyak orang yang memanfaatkan internet untuk menjual produknya secara online, baik secara individu maupun yang dikelola oleh tim.

Di Indonesia sendiri sudah banyak onlineshop yang populer dan telah dikenal oleh masyarakat luas seperti, Bukalapak, Lazada Indonesia, Tokopedia, OLX Indonesia, Elevenia dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudahan dalam bertransaksi menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang mulai menyukai dan menekuni onlineshop ini.

Namun, disamping itu kita harus tetap waspada dalam melakukan transaksi online, karena kemudahan yang didapat juga memberikan banyak celah bagi para pengusaha nakal yang memanfaatkan onlineshop hanya untuk menipu para konsumennya, dan kasus ini pun sudah sering di terjadi di sekitar kita, maka sekali lagi saya menyarankan agar kita senantiasa berhati-hati dalam melakukan transaksi online untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan.

Itulah beberapa Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Bisnis yang dapat saya uraikan, sudah pasti masih banyak hal-hal lain selain poin yang saya sebutkan diatas yang dapat memberikan dampak besar bagi jalannya suatu bisnis, namun mudah-mudahan itu dapat menjadi gambaran bagi para pembaca bahwa memang teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam merintis dan membangun suatu perusahaan, dan seharusnya kita jadi lebih paham akan pentingnya memahami dan selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi dari waktu ke waktu.

Dan terakhir saya ingin tahu kira-kira menurut kalian apa saja pengaruhnya selain poin yang saya sebutkan diatas dengan berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR