TAGARNUANSA

Sekolahkoding.com Surganya Ilmu Bagi Para Programmer Pemula Hingga Lanjutan!

Sekolahkoding.com Surganya Ilmu Bagi Para Programmer Pemula Hingga Lanjutan!
Rabu, 21 Februari 2018
Hai guys, apa kabar hari ini semoga kalian sehat semuanya dan selalu diberikan semangat terutama semangat dalam menuntut ilmu, karena tentunya tanpa semangat yang kuat ilmu akan sulit untuk kita serap apalagi kita terapkan bukan hehe.

Oke, langsung saja di postingan kali ini saya ingin mereview salah satu startup pendidikan di Indonesia dimana semua kontenya berisi tentang tutorial-tutorial pemrograman yang cukup lengkap dan sangat recommended bagi para programmer pemula, mulai dari bagian Front End yang meliputi Html, Css, Javascript, sampai kepada Back End yang berupa PHP semuanya ada disini.


Nah, langsung saja berikut akan saya jelaskan kelebihan-kelebihan startup yang satu ini, serta beberapa alasan kuat kenapa kalian harus berkunjung dan mencoba untuk mencuri-curi ilmu dari startup tersebut :D.

Beberapa parameter umum yang akan saya gunakan untuk menilai startup ini antara lain;

  1. Speed / Kecepatan akses
  2. User Interface / Tampilan web
  3. Completeness / Kelengkapan konten
  4. Content Quality / Kualitas Konten
  5. Website Menu.


Sekolahkoding Surganya Ilmu Bagi Para Programmer Pemula!


1.) Speed / Kecepatan Akses

Untuk mengukur kecepatan akses sebuah website saya menggunakan portal yang sudah cukup populer dikalangan para blogger http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, fungsinya tentu saja untuk mengetahui seberapa cepat akses sebuah website baik saat di akses melalui perangkat mobile maupun dari perangkat PC, dan sesuai dengan yang saya perkirakan hasilnya memang cukup baik, silahkan simak pada gambar di bawah ini.

analisis kecepatan akses sekolahkoding.com

Seperti yang kalian lihat sekolahkoding.com memiliki kecepatan akses yang sangat baik dari perangkat mobile, begitu juga dengan pc yang menghasilkan rating 70/100, hal ini memang terbukti dan sesuai dengan apa yang saya rasakan setiap kali mengakses website sekolahkoding.com. Untuk membuktikannya langsung, silahkan kalian bisa coba sendiri di perangkat mobile maupun pc kalian masing-masing.

2.) User Interface / Tampilan Web

Dalam hal tampilan dari sudut pandang saya adalah sekolahkoding.com memiliki nuansa yang menarik dan tidak monoton apalagi membosankan, hal itu dikarenakan sekolahkoding.com memadukan warna biru dengan warna putih sehingga menimbulkan kesan nyaman dalam belajar dan tidak lupa juga tampilan font yang tidak berlebihan serta semua video pelajaran yang dikemas dengan sangat rapih mulai dari video pembelajaran paling dasar sampai lanjutan. Saya akan memperlihatkan tampilan dari startup sekolahkoding.com mulai dari tampilan awal berupa laman untuk pendaftaran dan bagian-bagian dalam startup tersebut.


laman pendaftaran sekolahkoding.com

tersedia mading untuk menampikan karya yang kamu buat

Layaknya sekolah pada umumnya sekolahkoding.com juga menyediakan mading bagi kamu yang memiliki karya-karya yang telah berhasil kamu buat, kamu bisa memamerkannya disini, atau yang sekedar ingin menampikan portofolio bisa kalian share disini.

3.) Completeness / Kelengkapan Konten

Untuk poin yang ketiga ini sepertinya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena inilah salah satu kelebihan yang membuat saya tertarik untuk mereview startup sekolahkoding.com. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa startup ini memiliki konten yang cukup lengkap, bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini mengenai konten-konten yang tersedia di sekolahkoding.com.


pilihan materi belajar dari yang paling dasar

materi belajar yang telah disusun rapih untuk setiap bab

forum sekolahkoding.com

4.) Content Quality / Kualitas Konten

Kualitas konten di sekolahkoding.com memang layak untuk diberi rating tinggi, mungkin bagi saya 90/100 sudah cukup untuk menggambarkan seberapa baik kualitas konten-konten yang ada di startup tersebut.

Pasalnya, setiap saya membuka materi pembelajaran pasti telah disediakan sebuah video berkualitas tinggi baik dari segi gambar maupun audio, kita juga diberikan pilihan untuk dapat menentukan kualitas video yang akan kita tonton, dari mulai 240p, sampai yang tertinggi 720p HD, sangat cocok bagi kalian yang minim kuota namun tetap ingin belajar dari sekolahkoding.com, karena kalian bisa menentukan sendiri kualitas dari videonya.

salah satu video pembelajaran tentang html dasar

5.) Website Menu

Untuk poin terakhir ini akan saya urutkan menu-menu yang tersedia di sekolahkoding.com. Secara garis besar ada 5 menu utama di startup ini, namun tentu saja ada sub-submenu lagi di dalamnya.
  • Menu Belajar
  1. Kelas
  2. Perjalanan
  • Menu Nongkrong
  1. Forum
  2. Mading
  3. Blog
  • Premium ( Menu untuk daftar menjadi member premium, namun bagi saya menjadi member gratis pun sudah lebih dari cukup apalagi bagi yang baru ingin belajar pemrograman, karena sebagian besar video pembelajaran dasar adalah gratis! )

NB: Bagi yang ingin daftar menjadi premium member namun tidak memiliki cukup biaya, tersedia juga beasiswa di sini, namun kalian harus memberikan alasan yang masuk akal kenapa kalian berhak mendapatkan beasiswa tersebut, kalian tidak boleh memberikan alasan klasik yang sudah umum.

  • Profil
  1. Profil
  2. Edit Profil
  3. Log Out
  • Notifikasi

Semua hal terbaru berupa komentar di forum terkait pertanyaan yang kamu ajukan akan ditampilkan disini.

Nah, itulah tadi review yang dapat saya sampaikan mengenai startup pendidikan yang cukup menarik bagi saya, semoga dengan adanya startup ini dapat membantu generasi-generasi muda di Indonesia untuk dapat terus maju dan berkembang agar dapat terus berkarya dan menciptakan hal-hal baru yang dapat bermanfaat nantinya bagi masyarakat di Indonesia.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR