TAGARNUANSA

5 Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone dan Komputer

5 Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone dan Komputer
Minggu, 08 April 2018
Berbicara mengenai jaringan internet di Indonesia, saat ini kebutuhan akan suatu jaringan internet yang cepat dan stabil sudah mencapai angka yang cukup tinggi. Bahkan mungkin hampir semua kalangan masyarakat saat ini sudah familiar dengan berbagai macam media-media sosial yang bertebaran di internet dan appstore.

Perkembangan arus informasi yang begitu cepat memaksa kita untuk dapat mengimbanginya, yaitu dengan kecepatan akses data yang tinggi, agar dapat selalu update dan tidak ketinggalan informasi, maka hal itulah yang menyebabkan masyarakat begitu jengkel ketika mendapati jaringan internetnya sangat lemot dan bahkan terputus di saat-saat tertentu, seperti misalnya saat cuaca buruk dan hujan.
Saya sendiri sering mengalami hal tersebut, terutama saat cuaca hujan jaringan internet saya kadang hilang dan alhasil saya tidak bisa mengakses apapun saat itu, hal ini memaksa saya untuk mencari cara agar jaringan internet dapat kembali normal dan stabil bahkan bagaimana cara agar koneksi internet yang saya gunakan dapat dipercepat hingga berkali-kali lipat.

Setelah saya coba tips-tips yang saya dapat dari beberapa referensi yang ada di internet, akhirnya saya tahu, bahwa ada 5 cara ampuh yang dapat kita terapkan untuk mempercepat koneksi internet dan membuat koneksi internet stabil.


5 TIPS AMPUH MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Berikut tips-tips yang dapat kalian praktekan untuk dapat mempercepat koneksi internet kalian serta menstabilkannya.

1.) Hapus Cache Aplikasi

Yang pertama kalian bisa coba untuk hapus cache pada aplikasi browser kalian, caranya cukup mudah. Pada smartphone kalian tinggal klik Setting > Application > klik aplikasi Browser Delete Cache. Sedangkan pada browser pc kalian bisa tekan CTRL+H, lalu Clear Data Browsing.

2.) Gunakan Aplikasi Peramban Khusus Pada Smartphone


Bagi kalian yang belum pernah mencoba aplikasi peramban UC Browser, saya sangat menyarankan kalian untuk segera mencobanya, selain memiliki kecepatan diatas rata-rata aplikasi peramban lainnya, UC Browser juga memiliki beragam pengaturan yang dapat kita optimasi sedemikian rupa untuk mempercepat koneksi internet.


3.) Setting Kualitas Gambar / Kompresi Gambar Saat Browsing


Kalian bisa mencoba untuk setting kualitas gambar saat browsing, set saja ke medium atau jika dirasa masih kurang kalian bisa low kan saja untuk kualitas gambarnya. Hal ini akan meningkatkan kecepatan akses kalian beberapa persen karena kompresi gambar akan lebih cepat jika kalian set low. Pada UC Browser kalian bisa klik Setting > Pengaturan Browsing > Kualitas Gambar > Set Low. Sedangkan untuk Chrome kalian bisa coba install Ekstensi penghemat data browsing pada peramban kalian, disini saya merekomendasikan kalian untuk memilih "Data Saver" karena fiturnya cukup lengkap.


4.) Blokir Iklan


Cara ini memang sedikit kejam mengingat para penulis artikel di Internet mendapatkan income dari iklan, namun kita malah memblock semua iklan mereka :D. Namun, cara ini boleh kalian coba saat internet kalian benar-benar dalam keadaan lemot dan tidak stabil. Sebenarnya fitur ini sudah terpasang secara default pada peramban UC Browser dan biasanya sudah otomatis aktif saat pertama kali kalian install.


Namun apabila belum aktif kalian tinggal ikuti langkah berikut Klik Logo Breadcumbs ( yang posisinya berada di tengah pada bar paling bawah uc browser ) > Klik Mode Ad Block > Aktifkan Ad Blocker.


Untuk peramban Chrome kalian bisa install aplikasi pihak ketiga yang berupa Ekstensi, namanya yaitu Ads Blocker kalian bisa mencarinya langsung di Chrome Webstore.


5.) Gunakan Aplikasi Internet Speed Master


Tidak ada salahnya kalian mencoba aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu menstabilkan koneksi internet kalian. Saat ini banyak bertebaran di internet aplikasi-aplikasi seperti ini.


Namun, saya hanya menyarankan dua aplikasi berikut.


Untuk User Android : Internet Speed Master.


Untuk User Komputer atau PC : Internet Speed Booster.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR