TAGARNUANSA

7 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Datangnya Bulan Ramadhan

7 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Datangnya Bulan Ramadhan
Senin, 30 April 2018
Assalamualaikum, Wr, Wb.

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, yaitu bulan suci Ramadhan.

Bulan yang begitu agung dan mulia, karena hanya ada satu kali dalam kurun waktu satu tahun, yang artinya sangat beruntung jika kita masih dipertemukan dengan bulan suci ramadhan di tahun ini.
ramadhan
Sebelum kita melaksanakan shaum atau puasa satu bulan penuh, ada beberapa anjuran penting yang hendaknya dilaksanakan oleh umat muslim, hal-hal ini akan berpengaruh cukup besar bagi kelancaran puasa kita di bulan suci ramadhan nantinya.

Apa sajakah persiapan yang sekiranya wajib dilakukan umat muslim yang akan melaksanakan puasa di bulan ramadhan? Yuk kita simak di bawah ini.

7 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Datangnya Bulan Ramadhan

1.) Memperbanyak Ilmu Agama
ramadhan
Sebelum datangnya bulan ramadhan, sangat dianjurkan bagi kalian untuk terus menambah wawasan keagaamaan, hal ini bertujuan agar puasa ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, selain itu ilmu yang kalian dapatkan juga akan sangat berguna kedepannya, istilah mudahnya adalah ilmu sebagai investasi jangka panjang, dan dalam hal ini ilmu agama yang kalian jadikan investasi untuk terus memperbaiki amal ibadah kalian kedepannya.

2.) Mensucikan Diri
ramadhan
Mensucikan diri sangatlah penting bagi kita, apalagi kita sebagai manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa-dosa, maka menjelang datangnya bulan ramadhan adalah waktu yang tepat bagi kita untuk kembali memperbaiki perilaku dan perbuatan kita, dan segera menjauh dari segala macam bentuk kemaksiatan, serta berupaya untuk terus membersihkan diri kita dari hal-hal yang dapat menjerumuskan diri ke jalan yang tidak Allah ridhai. Apalagi saat memasuki bulan ramadhan nanti Allah SWT akan membuka lebar-lebar pintu taubat dari para hamba-hambanya.

3.) Berdo'a Secara Teratur
ramadhan
Sebelum kita memasuki bulan yang begitu agung, alangkah baiknya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, banyak-banyak memohon ampun kepadanya, dan berdoa agar di bulan ramadhan tahun ini kita bisa lebih baik dari ramadhan-ramadhan sebelumnya, selain itu kita juga bisa meminta kepadanya agar lebih dimudahkan dalam segala urusan termasuk dalam berbuat kebaikan di bulan ramadhan, karena semua amal yang kita lakukan di bulan ramadhan akan dilipatgandakan pahala yang Allah berikan kepada kita.

4.) Mengqadha Puasa Ramadhan Sebelumnya
ramadhan
Ketika kita memiliki hutang puasa di ramadhan sebelumnya, maka wajib bagi kita untuk segera melunasinya sebelum puasa ramadhan berikutnya tiba. Kadang karena beberapa alasan atau ada uzur tertentu seseorang memang dibolehkan untuk membatalkan puasa saat di bulan ramadhan, seperti misalnya dalam perjalanan jauh, sakit, atau datangnya haid bagi wanita.

Dan perintah untuk membayar hutang puasa atau mengqada puasa ramadhan ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 184.

Allah Ta’ala berfirman,
أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 184).

5.) Mempererat Tali Silaturahmi
ramadhan
Mempererat tali silaturahmi tidak kalah pentingnya dengan poin-poin diatas, sudah sepantasnya bagi kita sebagai makhluk sosial untuk selalu memperbaiki hubungan dengan sesama manusia tanpa pandang bulu. Mulai sekarang cobalah untuk selalu menghubungi orang-orang di sekitar kalian, khususnya keluarga, karena bulan ramadhan adalah momen yang tepat untuk kembali berkumpul bersama sanak saudara setelah berpisah selama hampir satu tahun penuh dengan berbagai macam kesibukan masing-masing baik itu untuk keperluan kerja, sekolah, maupun kuliah.

6.) Banyak-Banyaklah Meminta Maaf
ramadhan
Meminta maaf memang hal yang wajib kita lakukan walau bukan hanya saat menjelang datangnya bulan ramadhan, namun mungkin saja ada kesalahan yang luput dari ingatan kita maka, teruslah untuk meminta maaf kepada sesama manusia, baik itu teman, kerabat, maupun guru-guru kita dan orang-orang yang ada disekitar kita, dan jangan lupa juga untuk memohon ampunan kepada Allah SWT agar kita bisa lebih mudah dalam melaksanakan kebaikan.

7.) Olahraga Secara Teratur Untuk Mempersiapkan Fisik dan Mental
ramadhan
Semua orang juga pasti setuju, jika kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang sebelum melakukan sebuah aktivitas yang panjang termasuk melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Sebelum masuk hari pertama puasa sebaiknya kita sudah mempersiapkan fisik dan mental kita dengan cara olahraga yang teratur, hal ini selain dapat menyehatkan tubuh kita juga akan membuat kita lebih siap dalam melaksanakan puasa di bulan ramadhan, karena tubuh kita akan lebih kebal terhadap penyakit-penyakit yang mungkin saja menyerang saat melakukan puasa nanti, alhasil kita dapat melaksanakan puasa dengan lancar sampai satu bulan penuh di bulan ramadhan.

Nah, itulah 7 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Datangnya Bulan Ramadhan.

Jadi, tunggu apalagi? cepatlah untuk melakukan 7 hal diatas agar kamu semakin siap dan mantap, serta lancar saat berpuasa di bulan ramadhan nanti.

Mungkin cukup sekian di artikel saya kali ini, semoga dapat membantu kalian semua untuk dapat menjadi lebih baik di ramadhan kali ini dan jangan lupa share jika merasa artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Wassalamualaikum, Wr, Wb.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR