TAGARNUANSA

Cara Memaksimalkan Fungsi Otak Dengan Waktu Belajar Yang Tepat!

Cara Memaksimalkan Fungsi Otak Dengan Waktu Belajar Yang Tepat!
Senin, 16 April 2018
Belajar merupakan rutinitas bagi setiap orang yang tidak akan mungkin bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar yang masih mengenyam pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
img

Mungkin setiap orang punya waktu dan caranya masing-masing dalam melakukan rutinitas belajarnya, namun tahukah kalian bahwa ada beberapa waktu tertentu dimana otak kita dapat menyerap ilmu atau materi dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Dibawah ini ada 3 waktu yang tepat dan sangat dianjurkan bagi kita untuk belajar serta beberapa alasan ilmiahnya mengapa 3 waktu itu yang terbaik.

1.) Di Waktu Pagi Setelah Sholat Subuh

Saat bangun pagi, tentu otak kita akan lebih fresh dan tenang, hal itu adalah dampak dari tidur semalaman yang membuat rileks semua otot-otot serta saraf yang ada pada tubuh kita, ditambah suasana pagi hari yang biasanya masih belum begitu ramai serta cuaca yang sejuk akan sangat berdampak terhadap kelancaran sirkulasi darah yang mengantarkan oksigen ke otak, alhasil kinerja otak pun akan lebih maksimal pada kisaran waktu tersebut dan akan lebih mudah dalam menyerap materi yang kita pelajari.


2.) Tengah Hari atau Waktu Istirahat

Waktu yang ini serasa sedikit aneh karena berada di tengah hari dan waktu istirahat, namun jangan salah, pada rentang ini, hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun tajam sehingga manusia dapat melakukan tugas yang sulit. Walaupun begitu, tetap tidak disarankan untuk melakukan aktivitas kerja secara bersamaan karena akan terlalu membebankan otak dan juga tubuh kita yang akan berdampak buruk nantinya.

3.) Sore Hari Saat Menjelang Maghrib

Pada waktu ini, otak akan lebih santai dan rileks, Pada saat sekarang otak akan merasa sangat lelah,” ujar Paul Nussbaum, PhD, seorang neuropsikolog klinis. Karena itu tak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda. Meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.


Nah, itulah beberapa pembagian waktu yang dapat kita pertimbangkan untuk memaksimalkan fungsi otak, karena jika kita menggunakannya di waktu dan untuk fungsi yang tepat maka otak pun akan lebih sehat dan lebih terasah kemampuannya.


Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kapan saat otak benar-benar dibutuhkan untuk aktivitas tertentu dan kapan otak harus benar-benar diistirahatkan.



Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak Google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan Anda harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak website ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan kepada pihak Google

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR