TAGARNUANSA

4 Startup Pendidikan Ini Bisa Bikin Otak Kamu Makin Cerdas!

4 Startup Pendidikan Ini Bisa Bikin Otak Kamu Makin Cerdas!
Selasa, 15 Mei 2018
Zaman sudah berubah, beginilah keadaannya sekarang, jika di tahun 90'an mungkin aktivitas belajar masih sangat melekat dengan buku, berbeda dengan zaman sekarang dimana aktivitas belajar bisa dilakukan dengan sangat simple dimanapun dan kapanpun kita mau hanya dalam satu genggaman tangan.
e-learning startup

Saat ini sudah ada cukup banyak startup yang berdiri di Indonesia khususnya starup-startup yang berfokus pada bidang pendidikan, dan tentunya hal ini didukung juga oleh teknologi yang semakin hari kian pesat perkembangannya.

Ini merupakan berita gembira bagi kalian yang masih menempuh pendidikan, terutama yang sedang dihadapkan dengan tes-tes tertentu seperti misalnya ujian nasional bahkan SBMPTN, karena dengan adanya startup-startup ini, kalian tidak perlu lagi menyewa tempat bimbel dan repot-repot datang ke sana.


4 Startup Pendidikan Ini Bisa Bikin Kamu Makin Cerdas!

1.) Zenius

Startup Pendidikan


Ini adalah startup tempat saya belajar dulu waktu masih duduk di bangku sma, tepatnya saat kelas 12.

Jujur saya sangat menyesal karena baru kenal zenius di akhir-akhir pendidikan wajib saya, padahal kalau saja saya lebih awal mengenal zenius misalnya pas masih duduk di bangku sma kelas satu atau bahkan smp, saya yakin prestasi saya akan sangat terbantu.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena jika di sekolahan biasa kebanyakan kita belajar sesuatu secara langsung tanpa mengenal akar-akarnya atau konsep dasar, berbeda dengan zenius dimana semua pembelajaran sangat mewajibkan kita untuk paham dengan konsepnya terlebih dahulu.

Dan satu kelebihan lagi dari zenius adalah tutor-tutornya yang sangat bersahabat, karena bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa gaul yang simple dan tidak baku sehingga kita pun sebagai murid akan merasa lebih dekat dan lebih dapat menangkap materi yang mereka ajarkan karena jauh dari kesan formal.

Silahkan kalian bayangkan sendiri betapa kerennya startup yang satu ini!.

Startup Pendidikan

Selanjutnya ada ruang guru, ini adalah startup yang juga tidak kalah kerennya dengan zenius, ruang guru merupakan perusahaan berbasis pendidikan yang telah berdiri sejak tahun 2014, Delva Devara serta Iman Usman dikenal sebagai founder dari perusahaan ini.

Mirip dengan zenius ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.

Perbedaan yang sejauh ini dapat saya lihat dari kedua startup ini hanyalah dari cara mereka berpromosi.

Jika zenius sangat mengandalkan media-media sosial dan juga search engine sebagai media promosi mereka, berbeda dengan ruangguru yang mencakup semua aspek media promosi mulai dari iklan tv, media sosial, bahkan mereka telah membuat aplikasi selular dan hingga saat ini telah tersedia di google play android.

Saya belum mengecek apakah aplikasinya juga telah tersedia di app store milik apple, namun kemungkinan besar sepertinya juga telah tersedia disana, kalian bisa cek sendiri untuk memastikannya.

Startup Pendidikan

Quipper School adalah sebuah platform online GRATIS untuk guru dan siswa. Quipper terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru, dan LEARN untuk siswa. Quipper Link adalah tempat di mana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa.

Walaupun berasal dari luar negeri, yakni berpusat di London, inggris, quipper cukup berkembang pesat di Indonesia, hal ini memang sesuai dengan tujuan utama dari pendirinya yang ingin mengembangkan platform pendidikan global.

Saat ini, Quipper School telah digunakan oleh lebih dari puluhan ribu kelas di dunia.

Satu hal yang menarik dari quipper ini adalah fitur-fiturnya yang sangat adiktif, seperti misalnya pada fitur LEARN, disana kalian dapat mengumpulkan poin dari hasil mengerjakan soal yang kalian jawab dengan benar, lalu apa gunanya poin ini? Poin ini bisa kalian tukarkan dengan beberapa tema background, yang dapat kalian terapkan untuk akun quipper kalian masing-masing.

Selain itu, masih ada banyak fitur-fitur menarik lainnya di quipper school yang akan membuat aktivitas belajar kalian lebih menyenangkan.

4.) Sibejoo Jadda

Startup Pendidikan

Terakhir adalah salah satu platform pembelajaran online yang juga sangat saya gemari.

Tidak seperti startup dan platform diatas sibejoo jadda awalnya lebih fokus membagikan video pembelajarannya di channel youtube miliknya, walau sekarang telah memiliki website khusus yang juga ditujukan untuk membagikan konten videonya.

Dan untuk kualitas dari kontennya tentu tidak usah diragukan lagi, selain itu menurut saya konten yang dia sajikan cukup lengkap, dan dia juga rutin dalam mengupdate konten videonya.

Konten video yang dia bagikan yaitu konten-konten pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sains, sesuai dengan konsentrasi yang saya ambil waktu di SMA dulu, sehingga mungkin karena hal ini jugalah saya bisa mengenalnya.

menurut saya sibejoo jadda ini merupakan satu dari sekian banyak orang yang menjelaskan materi belajar dengan sangat detail dan mudah dipahami, jika kalian tidak percaya silahkan dicoba sendiri dan kunjungi langsung channel youtube miliknya.


Itulah 4 Startup Pendidikan Yang Bisa Bikin Otak Kamu Makin Cerdas! dan semoga dengan mengetahui informasi startup pendidikan ini, nantinya bisa kalian manfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Karena saya yakin belajar di zaman sekarang ini bukanlah hal yang sulit lagi, karena selain teknologi yang sudah sangat mendukung, disisi lain juga ada begitu banyak orang yang peduli dengan mengembangkan startup-startup pendidikan yang sangat berguna bagi para siswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai tingkat baik itu SD, SMP, maupun SMA.

So, tinggal diri kalianlah yang menentukannya sendiri.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR