TAGARNUANSA

5 Asupan Makanan Sehat Yang Wajib Ada Di Bulan Ramadhan

5 Asupan Makanan Sehat Yang Wajib Ada Di Bulan Ramadhan
Senin, 14 Mei 2018
Puasa di bulan Ramadhan adalah hukumnya wajib bagi setiap umat islam yang telah beranjak dewasa atau baligh, kecuali yang sedang mengalami halangan tertentu seperti contohnya sakit dan haid bagi perempuan. Agar terhindar dari penyakit, kita harus menjaga kesehatan, karena ini merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kestabilan tubuh kita.
ramadhan sehat
Maka dari itu, ketika sedang berpuasa, hendaknya kita harus tetap memilih makanan yang sehat untuk menu sahur dan buka puasa agar tubuh tetap stabil dan tidak menimbulkan penyakit serta aktivitas pun tidak terganggu sehingga puasa kita dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Dan kali ini, saya akan coba untuk mengulas tentang 7 Makanan dan Minuman Yang Wajib Ada Saat Bulan Ramadhan, dan ini juga sekaligus merupakan tips makanan dan minuman sehat saat menjalankan puasa di bulan ramadhan.

7 Asupan Makanan Sehat Yang Wajib Ada Di Bulan Ramadhan

1.) Buah-Buahan
ramadhan sehat
Buah-buahan merupakan jenis makanan yang paling wajib ada di saat ramadhan, khususnya buah kurma yang merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama saat memasuki bulan ramadhan. Buah manis yang satu ini akan beredar luas di pasaran menjelang masuknya bulan ramadhan.

Kurma berasal dari daerah timur tengah yang tandus khususnya negara arab, buah kurma juga merupakan buah yang sangat dianjurkan oleh rasulullah saw untuk dikonsumsi secara rutin. Karena selain rasanya yang enak, manis, dan lembut, buah kurma juga memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kalian, Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah.

So, jangan lupa untuk selalu menjaga pasokan buah-buahan kalian terutama buah kurma di kulkas agar selalu tersedia ya.

2.) Sayur-Sayuran
ramadhan sehat
Kalau yang ini sih mungkin tidak usah ditanya lagi, siapa pun pasti tahu jika sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan juga mineral yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nah, disaat kita berpuasa tentunya tubuh sangat memerlukan asupan gizi yang cukup, karena selain dapat membuat tubuh kita tetap segar dan bugar saat berpuasa, disisi lain juga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan semangat dalam menjalani aktivitas di bulan ramadhan.

3.) Air Mineral
ramadhan sehat
Jangan sampai lupa bahwa asupan air mineral ke dalam tubuh kita harus selalu kita perhatikan, apalagi di bulan ramadhan, jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan yang berujung pada dehidrasi yang tentunya akan sangat merugikan bagi tubuh.

Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas perhari, dan dengan dibatasinya makan dan minum orang yang berpuasa, kalian dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

Namun, tentu saja kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda, ada yang lebih dan ada yang kurang, tapi usahakanlah agar asupan air mineral ke tubuh kalian tidak kurang dari 2 liter setiap harinya.

4.) Daging Merah, Ikan, dan Telur
ramadhan sehat
Daging merah, ikan, dan telur merupakan sumber protein yang terbaik, tubuh kalian tentunya sangat memerlukan protein bukan?

Maka jangan sampai kalian tidak memakan salah satu dari ketiga makanan ini saat kalian sahur ataupun buka puasa, usahakan juga untuk memilih daging yang terbaik dan tidak memiliki banyak lemak.

Cara melihat kadar lemak pada daging tidaklah terlalu sulit, misalnya saja pada daging sapi kalian hanya perlu memperhatikan seberapa banyak garis-garis putih yang ada pada daging tersebut, karena semakin banyak garis putih yang menempel pada daging tersebut, maka semakin tinggi pula kandungan lemaknya, begitu juga sebaliknya.

5.) Susu dan Yogurt
ramadhan sehat
Yang terakhir adalah susu dan yogurt, kenapa harus susu? jawabannya simple karena tubuh kalian juga butuh kalsium!

Susu merupakan makanan utama penghasil kalsium terbesar, banyak manfaat yang akan kalian dapatkan dengan rutin mengkonsumsi sumber kalsium ini.

Selain alasan-alasan yang tentu sudah banyak orang yang tahu seperti misalnya untuk menyehatkan tulang dan gigi, sumber kalsium ini juga dapat membantu menjaga tekanan darah kalian, yang tentunya akan membuat tubuh kalian tetap stabil saat menjalankan puasa di bulan ramadhan.

Nah, itulah 5 Asupan Makanan Sehat Yang Wajib Ada Di Bulan Ramadhan, tentunya kalian bebas untuk menyesuaikan sendiri komposisi dari masing-masing makanan di atas, intinya jangan sampai kalian kekurangan asupan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh apalagi di bulan ramadhan ya guys.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR