TAGARNUANSA

Inilah 5 Budaya Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia

Inilah 5 Budaya Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia
Selasa, 01 Mei 2018
Setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing dalam merayakan sebuah momen yang sangat dinanti-nantikan kehadirannya, seperti misalnya momen saat menjelang hari lebaran tiba.
5 Budaya Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia
Di Indonesia sendiri, masyarakatnya telah memiliki budaya unik yang pantang untuk dilewatkan setiap tahunnya saat memasuki hari lebaran, apa sajakah budaya-budaya unik itu? mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Inilah 5 Budaya Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia

1.) Ketupat dengan Berbagai Macam Pelengkapnya
tradisi lebaran
Siapa yang tidak mengenal ketupat? makanan yang satu ini sudah pasti akan ikut meramaikan datangnya hari lebaran, lengkap dengan segala jenis makanan pengiringnya mulai dari opor ayam, sayuran waluh, maupun pelengkap-pelengkap tambahan lainnya. Saya yakin kalian semua juga pasti sudah pernah merasakan nikmatnya makanan unik yang satu ini yang akan selalu hadir di momen-momen penghujung ramadhan. Tapi ingat ya untuk selalu menjaga porsi makan kalian saat lebaran nanti, karena walaupun menggoda makanan yang satu ini termasuk makanan berat dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

2.) Takbir Keliling dengan Membawa Obor
tradisi lebaran
Berbicara mengenai takbir keliling, saya akan selalu ingat dengan kampung halaman saya dimana setiap malam menjelang idul fitri semua ruas jalan akan dipenuhi dengan orang-orang yang asyik berkeliling sambil membawa obor dan menggemakan suara takbir dengan lantangnya, semua orang begitu antusias mengikuti kegiatan rutinan yang satu ini, bukan hanya karena kegiatan ini begitu menyenangkan, namun juga karena kegiatan rutinan yang satu ini hanya di laksanakan satu kali setiap tahunnya.

Namun, satu hal yang sangat saya sayangkan saat ini adalah di daerah saya tradisi ini semakin ditinggalkan terutama oleh anak-anak muda yang akan lebih senang untuk pawai dengan sepeda motornya, ketimbang keliling jalan kaki membawa obor yang saya anggap jauh lebih seru dan lebih menyenangkan serta lebih dapat merasakan indahnya malam menjelang idul fitri.

3.) Mudik ke Kampung Halaman
tradisi lebaran
kalau yang ini mungkin sudah tidak usah ditanya lagi, siapa yang tidak rindu kampung halaman saat menjelang lebaran tiba? semua orang pasti setuju jika momen lebaran adalah hari yang tepat untuk berkumpul kembali bersama sanak saudara yang telah berpisah hampir kurang lebih satu tahun untuk melaksanakan keperluan masing-masing baik itu untuk bekerja, sekolah, maupun kuliah.

4.) Pakaian Baru
tradisi lebaran
Ini adalah tradisi unik masyarakat Indonesia yang juga tidak kalah menyenangkan menurut saya :D, betapa tidak menjelang lebaran tiba sudah dapat dipastikan banyak toko-toko yang akan mengadakan diskon besar-besaran, dan beruntung hal ini berbanding lurus dengan stigma masyarakat Indonesia yang mendadak glamour menjelang lebaran tiba.

5.) THR
tradisi lebaran
THR adalah kependekan dari Tunjangan Hari Raya, di Indonesia sendiri THR telah melekat dengan kebiasaan masyarakatnya saat memasuki detik-detik lebaran, banyak perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang akan memberikan tunjangan hari raya bagi karyawannya menjelang lebaran tiba, besarannya pun bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan, namun terkadang THR pun ada di lingkungan keluarga.

Nah, itulah kira-kira 5 Budaya Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia, saya yakin mungkin salah satunya atau bahkan semuanya pernah kamu alami saat menjelang lebaran tiba :D.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR