TAGARNUANSA

Pengertian Dan Fungsi Sistem Perekonomian

Pengertian Dan Fungsi Sistem Perekonomian
Jumat, 04 Mei 2018
Pengertian Dan Fungsi Sistem Perekonomian
Ekonomi merupakan sebuah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, karena hampir setiap hal yang kita lakukan dari mulai bangun tidur hingga akan tidur kembali pasti akan berhubungan dengan yang namanya ekonomi.

Di kesempatan kali ini saya akan coba mengulas tentang Sistem Perekonomian baik dari segi definisi maupun fungsi dari komponen-komponen yang ada pada sistem perekonomian tersebut.

Sistem Perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.

Selain definisi diatas, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari sistem perekonomian yaitu sebagai berikut.

Gilarso (1992) : Sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengkoordinasikan perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis, serta dapat menghindari terjadinya kekacauan.

Dumatry (1996) : Pengertian sistem ekonomi menurut Dumatry adalah suatu sistem yang mengatur dan terjalin hubungan ekonomi antar sesama manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu ketahanan.

Chester I Barnard : Sistem ekonomi adalah suatu satu kesatuan yang padu yang secara kolestik di dalamnya ada bagian-bagian dan masing-masing bagian itu memiliki ciri dan batas tersendiri.

Setelah mengetahui definisi dari sistem perekonomian itu sendiri, maka selanjutnya kita harus mengetahui apa saja Fungsi Sistem Perekonomian yang memiliki peranan sangat penting dalam suatu negara di seluruh dunia. Fungsi sistem perekonomian adalah sebagai berikut :

  • Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.
  • Berfungsi dalam mengkoordinasikan kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  • Sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar dapat terlaksana seperti yang diharapkan.
  • Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.


Setelah kalian mengetahui tentang Pengertian dan Fungsi Sistem Perekonomian, maka selanjutnya yang perlu kalian pahami adalah Macam-Macam Sistem Perekonomian yang ada di berbagai negara di dunia.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR