TAGARNUANSA

3 Smartphone Gaming Canggih Anti NgeLag-NgeLag Club!

3 Smartphone Gaming Canggih Anti NgeLag-NgeLag Club!
Kamis, 30 Agustus 2018
3 smartphone gaming
Siapa diantara kalian yang masih belum puas memainkan game android dismartphone milik kalian hingga saat ini?

Mungkin hampir sebagian atau bahkan semua orang yang sedang membaca artikel ini termasuk di antaranya.

Entah apapun alasanya, bermain game di smartphone memang hal yang menyenangkan, namun kesenangan itu akan menjadi berkurang ketika smartphone yang kita gunakan untuk bermain game sudah tidak kuat lagi memainkan game-game yang semakin berat dari hari ke hari.

Ini wajar karena memang permintaan pasar akan kualitas game-game tertentu juga semakin meningkat, baik itu dari segi grafik, gameplay, serta aspek-aspek lainnya yang saling berhubungan satu sama lain.

Membahas smartphone dan game memang tidak akan ada habis-habisnya, dan untuk itulah para vendor smartphone berlomba-lomba untuk memproduksi produk yang dapat melibas semua game-game modern yang terus saja berdatangan dari hari ke hari di google playstore android.

Dan berkaitan dengan hal itu, disini saya akan mereview 3 Produk Smartphone dari tiga vendor yang berbeda dengan spesifikasi yang sangat menggiurkan, dan sepertinya lag adalah kata yang haram untuk dilontarkan bagi ketiga jenis smartphone luar biasa ini, sebab ketiga smartphone ini memang mengincar segmentasi pasar kelas atas yang berfokus pada gaming experience.

Apa sajakah merk smartphone tersebut dan dari vendor manakah smartphone tersebut di produksi? simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Xiaomi Black Shark (Vendor Xiaomi)

3 hp gaming canggih anti lag

Yang pertama adalah smartphone hasil jerih payah dari salah satu perusahaan yang didukung oleh vendor yang sudah cukup familiar di Indonesia berkat produk-produknya yang banyak diincar oleh kalangan menengah ke bawah, apalagi kalo bukan Xiaomi.

Dan untuk pertama kalinya xiaomi memperkenalkan smartphone khusus gaming yang dinamakan Xiaomi Black Shark.

Wah, dari namanya saja sudah terdengar garang bukan? sekarang mari kita simak spesifikasi di dalamnya apakah sesuai dengan namanya yang garang untuk menggambarkan bahwa smartphone ini dapat dipercaya untuk menangani segala jenis game android saat ini.

Xiaomi Black Shark terdiri dari dua varian yakni Versi RAM 6 GB + ROM 54 GB, dan Versi RAM 8 GB + ROM 128 GB.

Spesifikasi :

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 845
  • CPU: Octa-core (4x Kryo 385 Gold 2,8 GHz + 4x Kryo 385 Silver 1,8 GHz )
  • GPU: Adreno 630
  • RAM: LPDDR4X 6 GB atau 8 GB
  • Penyimpanan: UFS 2.1 64 GB atau 128GB
  • Layar: 5,99 inci 2.160×1.080 piksel (18:9), IPS LCD, Gorilla Glass 5, refresh rate 60Hz
  • Sistem operasi: Android 8.0 Oreo
  • Slot SD Card: Tidak ada
  • SIM: Dual-SIM (Nano-SIM, dual standby)
  • Kamera belakang: dual camera: 12 megapiksel F/1.8, 20 megapiksel F/1.8, 2x optical zoom
  • Kamera depan: 20 megapiksel F/2.2
  • Jack audio 3,5 mm: Tidak ada
  • Konektor: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint (depan), akselerometer, gyro, proximity, kompas
  • Baterai: Li-ion 4.000 mAh (non-removable), mendukung QuickCharge 3.0

Jika kita lihat dari spesifikasi diatas Xiaomi Black Shark sepertinya memang sungguh-sungguh dalam merilis smartphone gamingnya, mengingat ini baru kali pertama mereka merilis smartphone yang dikhususkan untuk gaming.

Kita lihat saja dari chipset yang mereka gunakan yakni Qualcomm Snapdragon 845, perlu kalian ketahui bahwa Snapdragon 845 merupakan seri chipset qualcomm terbaru dan teratas dari semua seri yang ada hingga tulisan ini dipublikasikan.

Banyak fitur-fitur baru di Snapdragon 845 yang menutupi kekurangan dari seri-seri pendahulunya, dan yang paling penting adalah kemampuan pengolahan grafis untuk menunjang kinerja game di smartphone yang dilengkapi chipset ini akan meningkat drastis ketimbang seri-seri dibawahnya.

Selain itu, dengan dilengkapi chip grafis (GPU) Adreno 630, bermain game berat tanpa kendala lag dan masalah lainnya, bukanlah sekedar mimpi lagi, ditambah lagi dengan jumlah RAM yang terbilang besar untuk ukuran smartphone saat ini, yang tentunya juga berpengaruh terhadap pengalaman gaming kamu di gadget canggih satu ini.

Selengkapnya tentang kelebihan-kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 845, bisa kalian baca disini 5 Kelebihan Chipset Teranyar Snapdragon 845, Banyak Fitur Baru!

Sekarang mari kita lihat, ke sektor lainnya, seperti misalnya kamera.

Walaupun diperuntukkan untuk gaming namun Xiaomi Black Shark juga tidak akan mengorbankan fitur-fitur vital lainnya seperti contohnya dalam masalah kamera, hal ini terbukti dengan diusungnya Kamera Belakang yang memiliki resolusi piksel hingga 12 megapiksel, selain itu kamera belakangnya juga bukan hanya single camera lagi lho, melainkan sudah dual camera.

Kamera depan juga ternyata tidak kalah menariknya dari kamera belakang, walau hanya dengan single camera, kamera depannya membawa resolusi piksel yang sangat besar yakni 20 megapiksel! sangat cocok bagi kamu yang menggemari fotografi.

wah, sudah semakin menarik saja bukan smartphone yang satu ini.

Dan fitur terakhir yang menurut saya cukup penting juga adalah dukungan terhadap pengisian baterai instan, dan tentu saja di smartphone ini fitur QuickCharge sudah ditambahkan untuk melengkapi pengalaman gaming para penggunannya.

Namun, ada satu kekurangan yang menurut saya sangat disayangkan yakni tidak adanya slot micro sd dari Xiaomi Black Shark, mengingat ukuran aplikasi dan game saat ini sudah semakin besar, namun hal itu bukanlah masalah serius mengingat smartphone ini dasarnya sudah dibekali memori internal yang cukup luas.

-Harga Saat Rilis : Rp. 7.800.000 (Versi RAM 8 GB dan Penyimpanan 128 GB) / Rp. 6.600.000 (Versi RAM 6 GB dan Penyimpanan 64 GB)

-Harga Bekas : Belum Tersedia

2. Razer Phone (Vendor Razer)

3 hp gaming canggih anti lag

Selanjutnya ada smartphone gaming dari salah satu perusahaan yang sudah terkenal dalam manufaktur perangkat keras game global sejak didirikan pada tahun 2005.

Dan Razer Phone ini merupakan produk smartphone pertama mereka yang dirilisnya ke publik (sebelumnya razer belum pernah memproduksi smartphone).

Jika mereka sukses dalam perangkat keras gaming, lantas apakah mereka juga akan sukses dalam sektor gadget?

Jawabannya akan segera kita ketahui dengan melirik spesifikasi yang diusung oleh smartphone ini.

Spesifikasi :

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 835
  • CPU: Octa-core (4x Kryo 2,35 GHz + 4x Kryo 1,9 GHz )
  • GPU: Adreno 540
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: 64 GB
  • Layar: 5,7 inci 2.560×1.440 piksel (16:9), IGZO IPS LCD, Gorilla Glass 3, 120 Hz refresh rate
  • Sistem operasi: Android 7.1.1 Nougat (upgradeable to OREO 8.0 at Q1)
  • Slot SD Card: Tersedia (micro sd hingga 256 GB)
  • SIM: Nano-SIM
  • Kamera belakang: dual camera: 12 megapiksel F/1.8, 12 megapiksel F/2.6, 2x optical zoom
  • Kamera depan: 8 megapiksel F/2.0
  • Jack audio 3,5 mm: Tersedia
  • Konektor: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint, akselerometer, gyro, proximity, kompas
  • Baterai: Li-ion 4.000 mAh (non-removable), mendukung QuickCharge 4.0

Oke, sekarang mari kita perhatikan sektor dapur pacunya, mirip dengan Xiaomi Black Shark smartphone Razer Phone juga menggunakan jasa dari chipset Qualcomm Snapdragon, bedanya hanya terletak pada versinya saja yakni versi Snapdragon 835, hanya beda satu tingkat dengan Xiaomi Black Shark yang menggunakan Snapdragon 845.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa Snapdragon 835 sejauh ini, juga masih merupakan chipset jajaran teratas dari seri Qualcomm Snapdragon.

Agar kalian tidak bingung dan mudah untuk mengambil kesimpulan tentang perbedaan fitur dan keunggulan dari 2 chipset diatas, saya sarankan kalian membaca artikel ini terlebih dahulu : Perbandingan Lengkap dan Rinci Antara Snapdragon 835 vs Snapdragon 845.

Nah, setelah kalian memahami dengan baik tentang 2 perbedaan chipset diatas, tentunya kalian sudah dapat menyimpulkan bahwa Snapdragon 835 juga memiliki fitur-fitur yang sudah lebih dari cukup untuk di tanamkan dalam smartphone gaming saat ini.

Selain itu, dengan GPU Adreno 540 dan RAM yang super lega yakni 8 GB, sudah dapat dipastikan tidak ada lag dalam game walau sedang dalam frame rate yang tinggi, kualitas dan kecepatan smartphone ini dalam mengolah animasi dan gerakan dalam game juga akan sangat halus dan lancar, tentu hal ini juga dipengaruhi oleh refresh rate layar sebesar 120 Hz yang diusung dalam smartphone ini (2x lebih tinggi dari black shark yang hanya memiliki refresh rate sebesar 60 HZ).

Berbeda dengan Xiaomi Black Shark yang tidak menyediakan slot micro sd, di Razer Phone slot micro sd tersedia bahkan hingga 256 GB, luar biasa luas untuk sekedar menyimpan game-game dan file-file penting di smartphone ini.

Hanya saja untuk urusan kamera sepertinya Razer Phone memang harus mengalah dari Xiaomi Black Shark, hal itu terlihat dari resolusi piksel yang diusung Xiaomi Black Shark ternyata memang lebih tinggi dari Razer Phone.

Walaupun begitu saya rasa ukuran piksel yang diusung Razer Phone masih cukup memuaskan, apalagi dalam merekam video Razer Phone sudah mampu merekam hingga Resolusi 4K dari kamera utamanya.

-Harga Saat Rilis : Rp. 9.700.000

-Harga Bekas : Belum Tersedia

3. Asus ROG Phone ZS600KL (Vendor Asus)

3 hp gaming canggih anti lag

Dan yang terakhir adalah Asus ROG Phone ZS600KL besutan vendor ternama asal taiwan yang sudah lama berkecimprung dalam dunia digital dan elektronik, khususnya Laptop dan Smartphone.

Nampaknya Asus belum puas dalam menghadirkan perangkat gaming jika belum mencicipi sektor gadget dan smartphone, dan mereka paham betul bahwa dalam beberapa tahun terakhir tren mobile gaming sudah banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Alhasil mereka akhirnya merilis smartphone yang bernama sama dengan merk laptop gaming asus terbaik saat ini yakni Asus ROG, untuk menghindari ketertinggalan dengan para rivalnya.

Sesuai dengan namanya, tentu saja jeroan dari Asus ROG Phone juga tidak main-main, berikut spesifikasinya.

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 845
  • CPU: Octa-core (4x Kryo 385 Gold 2,96 GHz + 4x Kryo 385 Silver 1,7 GHz )
  • GPU: Adreno 630
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: UFS 2.1 128GB atau 512 GB
  • Layar: 6 inci 2.160×1.080 piksel (18:9), AMOLED LCD, Gorilla Glass 5, IP68, refresh rate 90Hz
  • Sistem operasi: ROG Gaming UI (Android 8.0 Oreo)
  • Slot SD Card: Tidak ada
  • SIM: Dual-SIM (Nano-SIM, dual standby)
  • Kamera belakang: dual camera: 12 MP (f/1.8, 24mm, 1/2.55″, 1.4µm, PDAF) + 8 MP (f/2.0, 12mm, 1/4″, 1.12µm), phase detection autofocus, gyro EIS, dual-LED (dual tone) flash
  • Kamera depan: 8 MP, (f/2.0, 24mm, 1/4″, 1.12µm), gyro EIS, 1080p
  • Jack audio 3,5 mm: Tersedia
  • Konektor: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint (depan), akselerometer, gyro, proximity, kompas
  • Baterai: Li-ion 4.000 mAh (non-removable), mendukung Fast Charging HyperCharge 20W

Asus ROG Phone memiliki kemiripan dengan Xiaomi Black Shark dalam hal dapur pacu, mulai dari chipset yang digunakan, kartu grafis, hingga jumlah RAM yang tersedia, bedanya Asus ROG Phone memiliki versi eksklusif yang sudah di overlock hingga 2,96 Ghz yang menjadikannya HP dengan prosessor tercepat saat ini.

Terlepas dari semua kelebihan-kelebihan yang tersemat dalam smartphone ini, yang terpenting adalah Asus ROG Phone memiliki dukungan aksesoris gaming mewah yang dapat membuat pengalaman nge-game di hp jadi semakin memuaskan.

Aksesoris gaming tambahan tersebut diantaranya AeroActive Cooler, Mobile Desktop Dock, dan TwinView Dock.

AeroActive Cooler berfungsi sebagai pembuang udara panas dengan tetap mempertahankan port headphone dan charging, sedangkan Mobile Desktop Dock memiliki fungsi untuk menyambungkan game ke layar yang lebih besar seperti misalnya desktop PC dan dukungan terhadap kontroller tambahan (bisa menggunakan keyboard dan mouse), dan terakhir TwinView Dock yang dapat menjadikan Asus ROG Phone semacam konsol game portable yang memiliki layar sentuh ganda plus baterai ekstra 6000 mAh!

Masih kurang puas dengan fitur-fitur dan kelebihan yang telah disebutkan diatas?

Fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah dukungan penuh terhadap game dengan mode landscape, yang memanjakan pengalaman para gamer saat nge-game di Asus ROG Phone, fitur ini bernama AirTriggers yang berfungsi sebagai "Tombol Virtual" (terletak di kiri dan kanan atas pada mode landscape), fitur ini menggunakan sensor ultrasonik (bukan berupa tombol fisik).

Selain itu, ada juga fitur Mode X yang juga menggunakan sensor ultrasonik yang akan aktif saat body HP diremas, fungsi X Mode ketika aktif adalah memprioritaskan RAM dengan mematikan berbagai tugas di latar belakang untuk keperluan gaming dan mematikan notifikasi saat user sedang bermain game.

-Harga Saat Rilis : Rp. 12.600.000 (Belum Diketahui Untuk Versi Penyimpanannya)

-Harga Bekas : Belum Tersedia


Nah, itulah review tentang 3 Smartphone Gaming canggih yang patut kamu coba, dari ketiga smartphone diatas baru Razer Phone yang sudah rilis resmi secara global, dan sudah ada beberapa online shop yang memasarkannya dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda dari yang di informasikan diatas.

So, kita tunggu saja kedepannya, dan review di atas bisa kalian jadikan rujukan untuk menentukan smartphone gaming mana yang akan kalian pilih untuk menemani aktivitas mobile gaming kalian nantinya.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR