TAGARNUANSA

5 Software Ini Wajib Kamu Install Jika Ingin Mulai Fokus Membangun Channel Youtube

5 Software Ini Wajib Kamu Install Jika Ingin Mulai Fokus Membangun Channel Youtube
Kamis, 02 Agustus 2018
Siapa dari kalian yang belum mengenal Youtube? jika ada mungkin akan sangat lucu mengingat Youtube saat ini sudah bagaikan pengganti televisi bagi kebanyakan orang, termasuk saya :D, apalagi sebagian dari acara-acara televisi nasional saat ini yang menurut saya sudah tidak lagi memiliki nilai edukatif dan hanya mementingkan rating saja.

Alhasil sebagian orang malas untuk menonton televisi dan lebih memilih untuk menonton youtube yang tentunya kita bebas memilih jenis tontonan apa yang kita inginkan.
img
Youtube dewasa ini telah menjelma menjadi salah satu platform media online tersukses dan terbesar di dunia, apalagi setelah Google resmi membeli Youtube dengan nilai US$1,65 miliar pada tahun 2006, dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google hingga saat ini. WOW, sungguh angka yang sangat fantastis bagi saya, hehe.

Oke, langsung saja di kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi pada kalian yang mungkin mulai tertarik untuk membuat channel youtube atau yang sekedar ingin tahu, kira-kira software apa saja yang biasanya wajib dimiliki para youtuber untuk membuat sebuah konten video kreatif dan mengunggahnya ke youtube.

5 Software Ini Wajib Kamu Install Jika Ingin Mulai Fokus Membangun Channel Youtube


1.) Software Editing Video
img
Ini merupakan software paling wajib tentunya bagi kalian yang ingin terjun di dunia youtube, ada begitu banyak software editing video yang bertebaran di internet baik yang berbayar maupun yang gratis, bagi kalian yang baru terjun dalam dunia editing video, pilihlah diantara ketiga software berikut; AVS Video Editor, Windows Movie Maker, dan VideoPad Video Editor. Ketiga software tersebut sangatlah mudah digunakan terutama bagi para pemula yang baru belajar dalam hal editing video, selain itu spesifikasi yang dibutuhkan pun tidaklah terlalu tinggi, sehingga bagi kalian yang memiliki spek PC atau Laptop yang pas-pasan tidak perlu khawatir untuk menjalankan software tersebut.

Namun, jika kalian ingin mencoba yang lebih profesional lagi tentunya ada Adobe Video Editor yang memiliki fitur amat sangat lengkap, dan tentunya harus dibarengi juga dengan spek PC yang memadai dan gahar :D.

2.) Software Editing Foto
img
Ini juga tidak kalah penting dengan yang pertama, nantinya software editing foto bisa kalian gunakan untuk membuat logo dan header pada channel youtube kalian (tentunya ini sangat penting untuk branding channel agar cepat dikenal oleh orang lain yang berkunjung ke channel kalian), software ini juga bisa digunakan untuk mengedit thumbnail sebagai pelengkap video yang kalian upload ke youtube, beberapa rekomendasi software editing foto yang saya sarankan antara lain; Adobe Photoshop, PhotoScape, dan PaintShop Pro.

3.) Software Compress Foto & Video
img
Kalian tentunya tidak ingin bukan jika kuota internet kalian terkuras dengan cepat, nah itulah maksud kenapa saya menyertakan software compress dalam daftar ini, biasanya output video yang telah kalian buat memiliki ukuran yang sangat besar, dan jika kalian langsung upload ke youtube, tentu akan sangat membuang-buang kuota, maka compresslah video tersebut terlebih dahulu sebelum kalian menguploadnya ke youtube, dengan begitu kalian bisa menghemat penggunaan kuota kalian untuk video-video selanjutnya.

Hal ini berlaku juga untuk foto, kasus yang sering saya alami dalam hal ini adalah ketika saya ingin mengupload thumbail sebagai pelengkap video, foto yang saya buat terkadang memiliki ukuran diatas 1mb sedangkan youtube memiliki batas maks 1mb untuk thumbnail yang kita upload. Nah, disinilah Software Compress Foto akan berperan.

Software rekomendasi saya; Handbrake. saya hanya merekomendasikan handbrake karena menurut saya sejauh ini belum ada yang lebih baik dalam urusan compress video selain handbrake, handbrake dapat mengkompress ukuran video kalian hingga 50% lebih, namun yang harus kalian ingat adalah hasil compress ini random, sehingga kadang hasilnya memuaskan dan terkadang juga biasa saja. Namun bila dari kalian ada rekomendasi lain selain handbrake, silahkan untuk share pada kolom komentar di bawah ya.

Untuk compress foto sebenarnya kalian tidak memerlukan software tertentu, karena sudah ada banyak tools di internet yang dapat kalian gunakan secara gratis, kalian hanya perlu mengetikkan kata kunci "compress foto" di google, maka akan muncul banyak tools yang siap kalian gunakan.

4.) Software Animasi
img
Software ini berfungsi bagi kalian yang ingin menampilkan sebuah animasi dalam video kalian nantinya, namun bagi yang tidak menggunakan animasi sebagai konten videonya, maka lewati saja point yang ini, ada beberapa software animasi yang saya rekomendasikan diantaranya; Synfig Studio (membuat animasi 2D), Blender (membuat animasi 3D), dan AnimatorDV. Alasan saya merekomendasikan ketiga software tersebut adalah karena 3 software tersebut gratis dan memiliki fitur yang melimpah, serta penggunaanya yang cukup mudah, namun kalian tetap harus paham tentang dasar-dasar pengeditan dalam animasi.

5.) Software Perekam Layar PC dan Smartphone
img
Nah, yang terakhir dan tidak kalah penting adalah software perekam layar, yups, ini berguna bagi kalian yang ingin fokus membangun channel tutorial ataupun channel gaming, karena dengan satu kali perintah, semua aktivitas yang ada pada layar smartphone ataupun PC milik kalian akan terekam oleh software ini. Dan nantinya bisa kalian jadikan sebagai konten video yang dapat kalian upload ke youtube setelah melalui beberapa proses editing tentunya.

Rekomendasi di Smartphone; KineMaster, DU Recorder, dan AZ Screen Recorder.

sebenarnya ketiga aplikasi diatas juga bisa kalian gunakan untuk mengedit video di smartphone, bagi kalian yang mungkin belum memiliki PC ataupun laptop sebagai sarana editing.

Dan untuk masalah perekaman layar pada komputer kalian bisa gunakan Open Broadcaster, Action, dan ShadowPlay.


Nah, itulah artikel tentang "5 Software Wajib Dalam Membangun Channel Youtube". Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang mungkin sedang ada rencana untuk membangun channel youtube, kalian bisa gunakan referensi software diatas sebagai rujukan jika kalian masih bingung.

Terimakasih sudah berkunjung :)

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR