TAGARNUANSA

Lakukan 7 Tips Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi!

Lakukan 7 Tips Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi!
Rabu, 29 Agustus 2018
image
Gempa Bumi merupakan bencana yang sudah kerap kali terjadi di Indonesia, dan jumlah korbannya pun hingga saat ini sudah cukup banyak.

Dan yang terbaru saat ini adalah gempa yang terjadi di tanah saudara kita yaitu di Lombok, yang bahkan hingga saat ini gempa-gempa susulan masih saja terjadi di sana.

Yang bisa kita lakukan tentunya selain memberikan dukungan moral dan sumbangan secara langsung, kita bisa mendoakan mereka yang menjadi korban semoga diberi ketabahan dan kekuatan untuk dapat selalu bersabar dari cobaan ini.

Dan berkaitan dengan hal itulah, saya disini tergerak untuk membagikan tips-tips sederhana ini terkait hal-hal yang perlu dilakukan ketika terjadinya bencana gempa bumi.

Dan dengan tips berikut ini tentunya saya berharap agar korban dari gempa bumi dapat diminimalisir jika terjadi di tempat-tempat lainnya.

Dilansir dari synergysolusi, maka berikut ini 7 Tips Ketika Terjadi Gempa Bumi.

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hal yang paling penting ketika terjadi gempa bumi adalah tetaplah tenang dan hindari kepanikan, memang cara ini terdengar agak konyol mengingat panik merupakan respon tubuh yang paling awal terjadi ketika kita sedang dalam keadaan terancam, sama seperti ketika terjadinya gempa bumi.

Namun, bukannya membantu, kepanikan justru akan membuat kita sulit untuk melakukan hal yang harusnya kita lakukan ketika terjadinya gempa bumi, yaitu mencari tempat berlindung.

Maka, ketika gempa bumi terjadi minimalisirlah kepanikan dalam diri kalian, hal ini juga berguna untuk menjaga suasana agar tetap tenang dan stabil, karena kepanikan juga biasanya mempengaruhi banyak orang yang tadinya tenang jadi ikutan panik.

2. Berlindung

Selanjutnya yang perlu kita lakukan tentu saja mencari tempat berlindung, ketika di dalam bangunan baik itu rumah atau perkantoran dan terjadi gempa bumi maka cepat-cepatlah kalian merunduk dan mencari meja yang kokoh untuk kemudian berlindung di bawahnya.

Tetaplah disitu sampai gempa berhenti sebelum berpindah ke tempat yang lebih aman.

3. Jaga Jarak Terhadap Benda-Benda yang Berpotensi Jatuh

Jangan sesekali kalian mendekati atau berada di bawah benda-benda yang sekiranya mudah jatuh atau runtuh ketika terjadi goncangan, benda-benda ini seperti misalnya kipas angin ataupun lemari-lemari yang tinggi jika di dalam bangunan, atau bisa saja tiang listrik dan gedung-gedung tinggi jika berada di luar bangunan.

Pahamilah dan hafalkan benda-benda di rumah atau tempat kerjamu yang mudah runtuh, agar jika suatu saat terjadi gempa kalian tidak terlalu bingung lagi mencari tempat yang lebih aman.

4. Jaga Jarak Aman dari Jendela

Jendela akan menjadi benda yang sangat berbahaya ketika terjadi gempa, hal ini mengingat jendela yang bahannya terbuat dari kaca yang apabila terjadi gempa ada kemungkinan besar bahwa kaca itu akan pecah, dan melukai salah satu anggota tubuh kamu.

Maka menjauhlah sebisa mungkin dari jendela ketika gempa terjadi.

5. Jangan Menggunakan Eskalator dan Lift Saat Keluar dari Gedung

Ini hal yang tidak kalah penting, apabila gempa terjadi janganlah kalian justru mencari lift atau menggunakan eskalator untuk keluar dari gedung atau mall dengan anggapan akan lebih cepat sampai.

Ini justru salah besar, jika kalian menggunakan lift bisa saja lift tersebut macet sesaat sebelum kamu sampai di lantai yang kamu tuju, dan yang lebih fatal lagi kamu bisa terjebak di lift yang macet, jika terjadi kerusakan yang menyebabkan pintu lift tidak dapat dibuka, alhasil kamu malah tidak bisa keluar gedung sama sekali.

Eskalator pun tidak kalah bahayanya dari lift, intinya semua alat otomatis ketika terjadi gempa sebisa mungkin kalian hindari, karena gempa bumi dapat memicu kerusakan komponen di dalam alat-alat tersebut.

Cara paling aman adalah dengan melewati tangga darurat, yang biasanya sudah ada dan disiapkan disetiap gedung, baik itu mall maupun perkantoran.

6. Segera Menuju ke Tempat yang Terbuka, Jauh dari Bangunan Gedung Maupun Pepohonan Besar

Ini juga hampir sama dengan poin nomor 2, yaitu ketika ada kesempatan sebelum datangnya gelombang gempa susulan segeralah mencari tempat terbuka, dan menjauh dari gedung-gedung serta pepohonan, karena ditempat terbuka kalian akan lebih aman ketimbang ditempat yang memiliki banyak objek.

7. Menuju ke Titik Berkumpul dan Tunggu Instruksi Selanjutnya

Terakhir, setelah kalian merasa aman ikutilah instruksi dari orang yang memberi arahan tentang antisipasi bencana gempa bumi ini, biasanya ketika terjadi gempa bumi pihak yang berwenang akan membuat titik berkumpul sebagai tumpuan dan tempat memberi arahan kepada para korban gempa bumi yang terjadi di daerah tersebut.

Nah, itulah 7 Tips Ketika Terjadi Gempa Bumi yang bisa kalian jadikan bekal pengetahuan jika memang suatu saat nanti kalian atau salah satu kerabat maupun teman-teman kalian, ada yang terkena musibah gempa bumi.

Semoga bermanfaat, dan semoga kita semoga selalu mendapat perlindungan dari yang maha kuasa.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR