TAGARNUANSA

10 Fakta Unik Tentang Kepulauan Raja Ampat Papua

10 Fakta Unik Tentang Kepulauan Raja Ampat Papua
Rabu, 12 September 2018
Fakta Unik Kepulauan Raja Ampat
Pesona keindahan Raja Ampat sudah tak diragukan lagi. Salah satu tujuan wisata yang terletak di Papua ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal namun juga dikalangan wisatawan asing. Raja ampat sendiri bukanlah nama baru bagi para traveler.

Namun, selain keindahan pesonanya tahukah kamu jika kepulauan ini memiliki 10 Fakta unik?

Berikut 10 Fakta Unik Tentang Kepulauan Raja Ampat Papua.

1. Tidak Sengaja Ditemukan

Raja Ampat ini merupakan salah satu daerah kepulauan di Indonesia tepatnya di Papua yang sebenarnya ditemukan tanpa sengaja. Karena pada tahun 1990 sang penyelam bernama Max Ammer berkebangsaan Belanda menelusuri peninggalan perang dunia keII yakni kapal dan pesawat. Dan pada akhirnya tahun 1998 ia kembali bersama rekannya untuk menelusuri jejak bekas perang dunia tersebut dan terpesona akan keindahan pulau ini.

2. Asal Muasal Nama Raja Ampat

Raja Ampat ini berasal dari nama raja yang konon menguasai daerah tersebut yakni : Misol, batanta, salawati dan Wigeo. Menurut legenda, dahulu kala di pulau tersebut terdapat seorang suami istri. Mereka menemukan 6 butir telur naga dan berniat untuk memakannya karena lapar.

Namun 5 dari 6 telur menetas menjadi bayi manusia,4 laki-laki dan seorang perempuan. Namun sang wanita ternyata hamil diluar nikah setelah ia dewasa. Maka orangtua nya (sepasang suami istri) membuangnya kelautan dan 4 saudara laki-lakinya menguasai daerah tersebut.

3. Amazon Bawah laut

Fakta Unik Kepulauan Raja Ampat

Bahkan keanekaragaman biota laut di Raja Ampat disamakan dengan yang ada di hutan Amazon, Brazil. Ada banyak sekali spesies bawah laut yang bisa ditemukan di sana. Dan keindahan inilah yang menjadi salah satu daya tarik untuk dinikmati para wisatawan.

4. Memiliki Banyak Tempat Fantastis

Ada bayak pulau pulau indah di kepulauan Raja Ampat ini. Bahkan bagi yang pernah berkunjung pastinya ingin berkunjung lagi dan lagi. Keindahan dari pulau-pulau yang ada di sini sudah tidak bisa diragukan.

5. Terumbu Karang Terindah

Raja ampat memang dikenal akan surganya terumbu karang. Bahkan saking indahnya, terumbu karang yang dijumpai di daerah kepulauan Raja Ampat dinyatakan sebagai yang terindah, lho!

6. Destinasi Menyelam Terbaik

Kebayangkan jika bisa menyelam di perairan Raja Ampat? Seperti yang telah dinyatakan diatas bahwasanya raja ampat memiliki tempat terbaik bagi biota laut. Bahkan terumbu terindah diyakini berada di perarian Raja Ampat.

7. Kebudayaan Yang Melimpah

Fakta Unik Kepulauan Raja Ampat

Kita harus tahu bahwasanya Raja Ampat memiliki masyarakat yang ramah, baik dan masih menjunjung tradisi budaya yang kental. Jadi kamu bisa mendapatkan banyak peninggalan sejarah dan segala hal yang menyangkut tradisi serta budaya masyarakat setempat.

8. Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Raja Ampat. Tidak hanya terkenal akan keindahan pemandangan lautnya, namun juga bisa melakukan berburu keindahan burung. Ada beberapa tempat di sana yang memudahkan wisatawan menikmati keindahan burung-burung liar termasuk burung cendrawasih. Bahkan terkadang kamu bisa menikmatinya dengan mata telanjang lho!

9. Beragam Penghargaan

Fakta Unik Kepulauan Raja Ampat

Keindahan pesona alam di Raja Ampat ternyata membuat kepulauan ini menjadi sangat populer serta diakui oleh dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak penghargaan untuk Raja Ampat.

10. Dikunjungi Orang Penting

Ternyata yang mengidolakan Raja Ampat tidak hanya para wisatawan. Sudah banyak para petinggi terkenal di dunia yang mampir dan menikmati keindahan dari Raja Ampat ini sendiri. Dua diantaranya adalah Presiden RI yakni Pak Jokowi dan Sergei sang pemilik perusahaan Google.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR