TAGARNUANSA

Apa Itu Hp Batam: Kenapa Murah Dan Apakah Illegal?

Apa Itu Hp Batam: Kenapa Murah Dan Apakah Illegal?
Kamis, 06 September 2018
Apa Itu Hp Batam?
Bagi Anda yang sering ngulik ngulik tentang review Hp di berbagai sumber baik di Youtube maupun di Google, pasti Anda pernah sesekali atau bahkan sering mendengar yang namanya Hp Batam.

Walaupun begitu, ternyata masih banyak juga pertanyaan-pertanyaan seputar Hp Batam ini.

3 Pertanyaan paling utama yang sering didengar mengenai Hp Batam ini antara lain: Apa itu Hp Batam? Kenapa Hp Batam Murah? dan Apakah Hp Batam Itu Illegal?

Kali ini, kita akan coba mengusut secara tuntas tentang seluk beluk Hp Batam ini.

Oke, langsung saja berikut pembahasan tentang Hp Batam dilansir dari channel Youtube "AD Review".

Baca juga: 5 Fakta Real Yang Mengejutkan Tentang Hp Batam

Apa Itu Hp Batam?

Secara umum, Hp Batam yaitu Hp yang dijual dari kota Batam, namun Hpnya tentu berbeda dengan Hp yang biasa dijual di konter-konter di sekitar tempat tinggal kita.

Karena setelah diselidiki lebih dalam Hp Batam itu ternyata rata-rata Hp second dari luar negeri, awalnya Hp second di Batam hanya menjual Hp dari negara tetangga yaitu Singapura, tetapi semakin kesini Hp second Batam yang dijual menjadi lebih beragam, bukan hanya dari Singapura, tetapi juga dari negara lain seperti Jepang bahkan Amerika.

Terlihat dari logo-logo di Hpnya seperti misalnya Docomo (dari jepang) dan Verizon yang merupakan salah satu operator dari Amerika, Hp-hp seperti ini biasa disebut dengan Hp ex international atau biasa disingkat ex inter, tapi yang perlu kalian ketahui bahwa tidak semua Hp ex inter ini asalnya dari Batam.

Seperti misalnya contoh: ada orang Indonesia bekerja di luar negeri, dan mereka membawa pulang Hp yang telah mereka beli di negara tersebut ke Indonesia, sehingga bisa dikatakan bahwa Hp tersebut adalah Hp ex inter yang bukan dibeli dari Batam.

Kenapa Hp Batam Murah dan Apakah Illegal?

Berdasarkan hasil pencarian di wikipedia, Illegal dan BM (Black Market) biasa disebut PENYELUNDUPAN, yaitu barang yang dijual secara gelap/sembunyi-sembunyi untuk menghindari Pembayaran Pajak dan Bea Cukai.

Nah, jika dilihat dari penjelasan diatas tentu kita dapat menyimpulkan bahwa Hp Batam ini bukan merupakan barang illegal.

Kenapa begitu?

Alasannya Karena Kota BATAM termasuk Kawasan Perdagangan Bebas di Indonesia (Indonesian Free Trade Zone) yang artinya Batam adalah sebuah kawasan perdagangan dan pelabuhan yang berada dalam wilayah Indonesia yang diperlakukan kebijakan melalui penghapusan atas rejim bea dan cukai berikut halangan non-tarif serta pajak pada perdagangan internasional. (sumber: wikipedia).

Jadi, hal inilah yang membuat Hp Batam bisa menjadi sangat murah di bawah harga normalnya, karena tidak adanya Bea Cukai dan juga Pajak.

Dan tentu Hp Batam pun bukan termasuk barang illegal selama Hp tersebut hanya dijual dan dipakai di Kota Batam, namun akan berbeda kasusnya jika Hp Batam ini dijual ke kota lain tanpa melalui pajak.

Contoh, misalkan Anda pergi berlibur ke Batam dan membeli Hp disana sebanyak 10 Unit dan membawanya pulang, maka hal ini bisa disebut Penyelundupan, karena daerah Anda bukan termasuk kawasan Perdagangan Bebas Indonesia.

Namun, sepertinya memang tidak mungkin Anda bisa membeli dan membawa Hp sebanyak 10 unit dari Batam ke tempat tinggal Anda karena di bandara atau pelabuhan sudah pasti akan selalu dilakukan pengecekan.

Karena menurut aturan yang berlaku bahwa "setiap orang tidak diperbolehkan membawa Hp lebih dari 5 unit, dengan pembagian 2 unit untuk dibawa, dan 3 unit di dalam bagasi, karena jika lebih dari itu Anda akan dianggap tersangka penyelundupan dan akibatnya Hp yang Anda beli bisa disita dan tentunya Anda akan berurusan dengan pihak berwajib.

So, hati-hati ya bagi kalian yang ingin membawa oleh-oleh Hp dari Batam.

Lalu, Bagaimana dengan Hp yang saya beli online dari seller Batam?

sedangkan Daerah saya bukan termasuk Indonesian Free Trade Zone? Apakah Illegal??

Bagi Anda yang pernah membeli Hp dari Batam secara online melalui seller disana, Anda tidak perlu khawatir karena itu bukan termasuk tindakan illegal, karena menurut informasi yang beredar, biaya retur Hp dari Batam dikenakan biaya ongkir yang cukup mahal yakni sekitar Rp.200.000.

Sedangkan ongkir pada biasanya hanya dikenakan biaya yang tidak lebih dari Rp.50.000 saja, jawabannya karena setiap Hp yang dikirim keluar dari Batam, maka Hp itu sudah dikenakan pajak.

Jadi, Rp.200.000 itu sudah termasuk biaya ongkir dan juga pajak, yang berarti Hpnya itu bukan termasuk barang yang illegal.

Dan sebagai catatan pajak yang dikenakan oleh Hp Batam ini merupakan pajak per unit.

Contoh, misalnya kita beli Hp dari Batam sebanyak 100 unit, maka jika dikalikan pajak dan ongkirnya bisa mencapai Rp.20.000.000! karena pajak yang dihitung perunit, bukan dihitung dari berapa kali pengiriman.

Nah, itulah sekilas penjelasan singkat mengenai Hp Batam, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai seluk beluk Hp Batam yang sudah lama dikenal masyarakat.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR