TAGARNUANSA

Asik! 5 Hal Positif Ini Mampu Mematahkan Semua Asumsi Negatif Tentang Kecanduan Game Di Era Sekarang

Asik! 5 Hal Positif Ini Mampu Mematahkan Semua Asumsi Negatif Tentang Kecanduan Game Di Era Sekarang
Sabtu, 15 September 2018
efek positif main game
Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa "Tiada Hari Tanpa Belajar" maka jangan langsung menelan mentah-mentah satu asumsi tersebut.

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa belajar yang bikin pintar adalah aktivitas belajar yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau materi pelajaran yang rutin diajarkan di sekolah.

Secara umum, pernyataan di atas memang benar, tetapi bagi kita yang hidup di zaman millenial seperti sekarang ini, dimana setiap orang dengan rentang usia muda hingga tua, sudah hampir tidak dapat dipisahkan lagi dari yang namanya gadget.

Namun, apakah hal tersebut berdampak negatif bagi kehidupan manusia di zaman sekarang?

Tidak juga.

Ibarat sebuah senjata mematikan, dan analogikan disini kita sebagai pengguna dari senjata api tersebut, jika kita pergunakan senjata itu untuk memerangi berbagai tindak kejahatan, tentu kita akan memberikan banyak dampak yang positif bagi orang yang menjadi korban kriminalisasi tersebut, dan begitu juga sebaliknya, jika kita gunakan senjata tersebut untuk tindakan rasisme, membuat kerusuhan, dan hal-hal negatif lainnya, tentu orang lain akan beranggapan bahwa kita tidak ada gunanya sama sekali di masyarakat dan yang ada hanya menyusahkan orang lain saja.

Maka mulai sekarang ubahlah cara pandang kita terhadap kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat sampai saat ini, percayalah bahwa kemajuan teknologi ini akan berdampak positif bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Sekarang mari kita mulai fokus kembali ke topik utama, yaitu tentang hal-hal yang berkaitan erat dengan sebuah media hiburan digital seperti layaknya sebuah video games.

Namun sebelum itu, marilah kita simak terlebih dahulu bagaimana Sejarah Singkat Video Games Dari Awal Pembuatan Hingga Saat Ini.

Sejarah Singkat Video Games Dari Awal Pembuatan Hingga Sekarang

efek positif main game

Video Games merupakan media hiburan yang telah berkembang sejak era 60-an dimana kala itu Steve Russel dibantu dengan tim pengembangnya berhasil menciptakan sebuah game komputer sederhana yang diberi nama Spacewar,

Tujuan pembuatan game pertama ini tidak lain dan tidak bukan hanyalah sekedar media hiburan untuk pengisi waktu luang dikala mereka sedang bekerja, sekaligus mengubah persepsi masyarakat yang menganggap komputer hanya sebagai alat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Setelah itu, barulah konsol game untuk pertama kalinya ditemukan pada tahun 1966 dan kemudian dipatenkan pada 1968 yang dilisensi oleh Magnavox Oddysey.

Dan setelah itu ditahun-tahun berikutnya baik game komputer, game hp, maupun game konsol mulai berkembang begitu pesat, mulai dari game jadul yang memiliki gameplay dan grafis pas-pasan hingga sampai sekarang dimana perkembangannya telah sampai pada tahap yang luar biasa, baik dari segi gameplay maupun grafis yang memukau dan memanjakan siapa saja gamers yang memainkannya, bahkan tren mobile gaming sudah populer sejak beberapa tahun terakhir.

Awal Mula Timbulnya Asumsi Negatif Masyarakat Terhadap Video Games

efek positif main game

Namun, nampaknya perkembangan video games yang begitu pesat di pasaran baik dari segi produksi, distribusi, maupun komsumen, membuat beberapa orang tua risih dan khawatir.

Hal ini sebenarnya wajar, sebagai contoh saja jika kita mengingat pada waktu perilisan konsol game Playstation pertama yang ternyata begitu fenomenal dan laris dipasaran berkat banyaknya anak-anak yang kecanduan konsol game tersebut khususnya di Indonesia, hingga lupa membedakan mana  waktunya belajar dan mana waktunya main.

Orang tua mana yang tidak khawatir tentang kondisi tersebut.

Namun itu dulu, situasinya sangat berbeda jika dibandingkan dengan masa sekarang, dimana kemunculan video games dilain sisi juga telah memberikan banyak dampak positif bagi banyak orang.

Nah, untuk itulah pada artikel kali ini saya ingin memberikan fakta tentang 5 Hal Positif Yang Mampu Mematahkan Semua Asumsi Negatif Tentang Kecanduan Game Di Era Sekarang. Berikut ulasan selengkapnya.

#1 Bermain Game Mampu Memberikanmu Penghasilan Tambahan

efek positif main game
gambar: paragram

Seperti yang sudah saya sebutkan dalam judul artikel ini, bahwa bermain game di era sekarang sangat berbeda dengan zaman dulu.

Kenapa begitu?

Jika dibandingkan dengan awal tahun 2000-an, perkembangan teknologi yang dihadirkan kala itu belum secanggih saat ini, pada masa itu perkembangan konsol game masih menjadi fokus utama bagi para gamers untuk dinanti-nantikan kedatangannya.

Selain itu, belum adanya tren mobile gaming maupun pc gaming, membuat game seakan-akan hanya sebagai media hiburan bagi konsumen tanpa ada nilai ekonomis untuk menghasilkan keuntungan dari aktivitas nge-game yang mereka lakukan.

Barulah pada saat platform Youtube dan tren mobile gaming serta PC gaming muncul, banyak sekali orang berbondong-bondong mengupload video gaming mereka ke youtube dan mengumpulkan begitu banyak pundi-pundi rupiah, dan dengan ini banyak juga bermunculan komunitas-komunitas gaming positif yang mengumpulkan para gamers dari seluruh Indonesia untuk mengadakan event yang berhadiah cukup besar.

Namun, tentu saja game konsol juga disini menjadi sangat menguntungkan karena dapat membuat banyak konten youtube yang berkualitas dari hasil nge-game mereka.

Kalian tentu sudah sangat mengenal bukan youtuber-youtuber gaming Indonesia yang sudah cukup sukses seperti misalnya saja Justin atau yang lebih kita kenal dengan julukan Jessnolimit yang hanya bermain satu mobile gaming saja sudah dapat menghasilkan begitu banyak uang, dan justru dari situ juga dia jadi direkrut untuk menjadi bagian dari salah satu Startup Pendidikan terbesar di Indonesia yakni Ruang Guru.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena dia sendiri pernah bilang bahwa walaupun dia sangat hobby nge-game namun prestasi di sekolahnya masih tetap sangat stabil bahkan dia pun sangat berprestasi di sekolah, ungkapnya.

Baca juga: 5 Software Ini Wajib Kamu Install Jika Ingin Mulai Fokus Membangun Channel Youtube

#2 Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

efek positif main game

Untuk kasus yang satu ini saya sendiri sudah mengalaminya, jujur saja kemampuan berbahasa Inggris saya mungkin hampir 50% atau bahkan lebih berasal dari aktivitas bermain game.

Pasalnya, ketika kita sedang bermain game yang belum support bahasa lokal, pasti hampir sebagian besar game tersebut berbahasa Inggris, dan kadang ada istilah yang kita belum mengerti, dan untuk menyelesaikan sebuah misi tertentu dalam game kita mau tidak mau harus mencari tahu apa arti dari kata tersebut.

Alhasil, kita pun mencari-cari arti kata tersebut baik dengan bantuan kamus maupun dengan jasa translate dari google, dan ini secara tidak langsung akan lebih mudah melekat di otak kita ketimbang kita menghafalkan kosakata bahasa Inggris satu persatu di sekolah.

Bahkan, untuk saat ini sudah banyak sekali game yang khusus dibuat bagi kamu yang sedang ingin belajar inggris dari dasar, semuanya telah tersedia di google play store maupun Apple store.

Maka, bagi kamu yang hobby sekali nge-game jangan sia-siakan poin yang satu ini, karena dengan bermain game kamu juga sekaligus dapat belajar berbahasa asing secara tidak langsung.

#3 Melatih Ketangkasan Sekaligus Mempercepat Pola Pikir

efek positif main game

Baik secara sadar atau tidak sadar ternyata bermain game bisa juga meningkatkan ketangkasan kamu lho. Ada fungsi kerja, bermain, sekaligus berolahraga. Ada banyak permainan dalam video game yang memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata kamu.

Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak-anak kamu, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.

Di dalam game, gamer harus cepat membuat keputusan, jika tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat, mungkin gamer bisa saja mati atau kalah dalam game. Misalnya, jika gamer bermain game strategi, gamer harus bisa memutuskan dengan cepat, antara menyerang dan bertahan. Jika terlalu lama berpikir, lawan bisa dengan mudah mengalahkannya.

#4 Mengurangi Stress (Mengatasi Rasa Sakit dan Membuat Orang Senang)

efek positif main game

Stres bukan hanya diderita bagi mereka orang-orang yang sudah menginjak usia tua namun terkadang anak-anak juga mengalaminya. Banyak orang tua yang memaksakan anaknya untuk melakukan hal yang sebenarnya kurang disukai oleh anak-anak mereka misalnya terkait hobi dan belajar.

Belajar memang sangat dianjurkan, namun jika setiap harinya waktu yang dihabiskan anak-anak hanya untuk belajar, maka tidak heran jika mereka terjangkit stress karena hal tersebut.

Nah, Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak kamu agar terlepas dari tekanan . Bermain video game bisa menjadi sarana untuk mengurangi rasa sakit fisik atau emosional.

Salah satu efek terbesar dari bermain game adalah membuat orang bahagia. Namun, tentu dengan porsi bermain yang tidak berlebihan dan tetap dalam batas wajar, karena ada kemungkinan bahwa alat ini membuat anak kamu menjadi kecanduan.

Biarkan anak-anak kamu untuk bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa mengingatkan mereka untuk berhenti. Pastikan pula mereka agar tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial.

Tidak hanya bagi anak-anak, bagi kita pun sebagai orang dewasa yang sedang mengalami stres baik itu akibat banyak pekerjaan ataupun tugas kuliah bagi mahasiswa. Kita bisa bermain game sebagai hiburan, tentunya ini bisa mengurangi stres. Tapi jangan lupa juga dengan pekerjaan dan tanggung jawab kita ya.

#5 Investasi Masa Depan

efek positif main game

Jika kamu adalah seorang gamers yang berbakat, maka jangan sia-siakan kemampuanmu ini, karena di zaman sekarang nge-game bisa dijadikan sebagai profesi yang memiliki keuntungan sangat tinggi.

Kamu tentu sudah tahu istilah E-Sport bukan? jika belum tahu maka akan saya jelaskan secara singkat.

E-Sport atau Olahraga Elektronik merupakan suatu istilah untuk kompetisi Permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran Strategi waktu-nyata, perkelahian, Tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain.

Turnamen seperti The International Dota 2 Championships, League of Legends World Championship, Battle World Championship Series, Evolution Championship Series, Intel Extreme Masters, menyediakan baik siaran langsung dari kompetisi juga hadiah tunai pada para kompetitor. (Sumber: wikipedia)

Dan untungnya E-Sport sudah mulai masuk ke Indonesia semenjak munculnya tren game MOBA di smartphone, bahkan pada Asean Games 2018 kemarin E-Sport termasuk salah satu cabang olahraga yang terdaftar di dalamnya, bahkan para pemain sangat antusias dengan adanya cabang olahraga ini.



Nah, itulah 5 hal positif bagi kamu yang sangat hobby nge-game, namun tentu saja kamu harus sangat memperhatikan juga berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk bermain game, karena nge-game juga sangat tidak baik untuk kesehatan jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Apalagi jika kamu sampai lupa makan dan tidur, jadi aturlah waktu kamu sebaik mungkin ya, agar aktivitas belajar dan nge-game bisa berjalan dengan lancar dan prestasi di sekolah pun tetap stabil.


Note: Opini ini diambil dari berbagai sumber terpercaya dan telah tayang di www.tagarnuansa.com dengan judul "Asik! 5 Hal Positif Ini Mampu Mematahkan Semua Asumsi Negatif Tentang Kecanduan Game Di Era Sekarang"

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR