TAGARNUANSA

Inilah Alasan Mengapa Android Mampu Kalahkan IOS Dalam Merajai Pangsa Pasar Smartphone Di Dunia

Inilah Alasan Mengapa Android Mampu Kalahkan IOS Dalam Merajai Pangsa Pasar Smartphone Di Dunia
Senin, 03 September 2018
Android vs Apple
Sistem Operasi Android saat ini telah menduduki peringkat teratas dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, setelah beberapa tahun belakangan mampu mengalahkan ios dalam memperebutkan jumlah konsumen di berbagai segmen pasar khususnya menengah kebawah.

Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh kebijakan dari OS Android itu sendiri, karena sifatnya yang open source alias terbuka, Android memiliki jumlah pengembang yang lebih luas ketimbang ios yang bersifat tertutup.

Selain itu, OS Android yang bersifat open source juga memberikan kemudahan bagi para vendor smartphone untuk dapat menjadikannya sebagai sistem operasi utama, tidak heran jika jumlah produksi smartphone Android sangat pesat perkembangannya dari tahun ke tahun.

Dan yang paling penting adalah smartphone Android mampu menjawab semua kebutuhan masyarakat, dari yang kondisi ekonominya rendah, menengah, hingga yang tinggi sekalipun, karena Android mampu menghadirkan berbagai pilihan smartphone dengan harga yang jauh di bawah ios.

Berikut data statistik pangsa pasar smatphone dunia antara tahun 2016-2017.

Android vs Ios

Android vs Ios


Bisa kita lihat pada data diatas yang diambil dari situs resmi International Data Corporation (IDC), bahwa OS Android mampu menguasai hingga 80%! pangsa pasar smartphone di dunia terhitung sejak 2016-2017 yang lalu, dibandingkan IOS yang hanya mampu menyabet nilai paling tinggi pada Quartal ke-4 2016 yaitu sekitar 18.2%.

Selain itu, ada juga Windows Phone yang menempati posisi ketiga dan diikuti oleh OS lainnya yang jumlahnya tertinggal sangat jauh jika dibandingkan dengan Android dan IOS.

Namun, yang perlu kita perhatikan disini adalah tingkat kestabilan pangsa pasarnya, Android sebagai pemimpin pasar memang wajar jika memiliki angka yang stabil, namun disisi lain IOS juga tidak kalah tingkat kestabilannya karena memiliki para pengguna yang loyal.

Berbeda dengan Windows Phone dan Sistem Operasi lainnya yang terus mengalami penyusutan jumlah pengguna dari waktu ke waktu, bahkan hingga mendekati angkat 0%.

Alasan mengapa hal ini bisa terjadi, tentu saja karena mereka kalah dalam berinovasi dengan Android dan IOS.

Dilain sisi, Android merupakan OS dengan tingkat produksi smartphone terbanyak semenjak diluncurkannya versi-versi Android mulai dari Cupcake hingga yang terbaru Android versi 8.0 Oreo.

Secara garis besar, berikut ini alasan-alasan yang berhasil kami rangkum mengenai OS Android yang mampu menguasai hampir 90% pangsa pasar smartphone di dunia.

#1 Bersifat Open Source

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Android memiliki sifat yang open source alias terbuka, dimana ini menjadi modal dasar dan faktor utama yang memberikan konstribusi besar bagi perkembangan OS Android hingga saat ini.

Dan karena sifatnya ini Android mampu menyediakan hingga lebih dari satu juga aplikasi di Google Play pada 2013 lalu, dan angka ini terus meningkat pesat dari waktu ke waktu.

#2 Dukungan Finansial Yang Kuat Dari Raksaksa Internet Google

Kalian tentu tahu bahwa Android pada awalnya diciptakan oleh Andy Rubin, Chris White, Nick Sears dan Rich Miner.

Dan perlu kalian ketahui juga bahwa pada awalnya Android bukanlah OS yang diperuntukkan bagi smartphone, tablet, jam tangan, apalagi televisi. Melainkan digunakan untuk kamera digital.

Namun perusahaan tempat mereka bekerja yaitu Android Inc yang berbasis di Palo Alto California menyadari bahwa pangsa pasar untuk kamera digital tidak banyak dan kurang menjanjikan. Dengan melihat Symbian dan Windows Mobile yang pada saat itu menguasai sistem operasi untuk smartphone, Andy Rubin dan kawan-kawan akhirnya banting setir, yang semula Android diciptakan untuk sistem operasi kamera digital sekarang mereka merubah Android untuk sistem operasi smartphone, yang pada saat itu Oktober 2003 handphone sedang booming.

Walaupun pada awalnya OS Android kurang mendapat sambutan yang baik di mata masyarakat, namun keadaanya berubah setelah 2 tahun kemudian yakni tepatnya pada tahun 2005 Google sebagai raksaksa internet yang memiliki naluri bisnis yang kuat berhasil membeli Android dengan nilai US$50 Juta, atau setara Rp. 743 Milyar, jika dihitung dengan angka rupiah saat ini.

Dan akhirnya, dengan dukungan finansial yang kuat dari google, Android mampu melenggang dengan sempurna dari tahun ke tahun, dan berhasil menobatkan diri sebagai OS smartphone yang paling laku keras dipasaran hingga saat ini.

#3 Mampu Berinovasi Secara Berkesinambungan

Jika kalian termasuk pengguna OS Android semenjak tahun 2010 dan sebelum-sebelumnya, dan masih menggunakannya hingga saat ini, tentu kalian menyadari bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan google selaku pemegang resmi OS Android telah mampu melakukan banyak perubahan dalam dunia digital.

Canggihnya teknologi yang ada saat ini tidak luput dari peran para pakar teknologi cerdas yang bekerja di bawah naungan google.

Mereka terus menciptakan inovasi-inovasi brillian yang mampu membawa Android hingga seperti sekarang ini.

#4 Mudah Dijangkau Berbagai Kalangan

Android memang hanyalah sebuah sistem operasi, namun karena kecanggihan dan fitur-fitur yang diusungnya, mampu memikat banyak hati para vendor smartphone, dari perusahaan besar seperti Samsung, Sony, hingga vendor-vendor pendatang baru dalam dunia smartphone.

Karena ada begitu banyak vendor yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya, hal ini ternyata berpengaruh besar terhadap mekanisme pasar, dimana masyarakat mulai menggemari smartphone berbasis Android karena banyaknya variasi merk yang dapat dipilih, selain itu harganya juga jauh lebih murah dari Apple.

Dan yang paling penting disini adalah Android menyediakan variasi smartphone untuk berbagai lapisan masyarakat, baik untuk kalangan bawah, menengah, hingga atas.

#5 Jumlah Komunitas Pengembang Aplikasi Yang Besar

Karena sifatnya yang open source atau terbuka, dan sebagai hasilnya Android terbukti menjadi platform paling populer bagi para pengembang, berdasarkan survei pada tahun 2013, dimana menurut data hasil survei Android telah digunakan oleh lebih dari 71% pengembang aplikasi bergerak.

Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi umumnya menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal, dan ini sesuai dengan apa yang ada dalam Sistem Operasi Android, dimana semua orang dapat memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR