TAGARNUANSA

Jangan Salah! Ternyata OS Android Saat Ini Tidak Perlu Lagi Install Antivirus, Apa Alasannya?

Jangan Salah! Ternyata OS Android Saat Ini Tidak Perlu Lagi Install Antivirus, Apa Alasannya?
Selasa, 04 September 2018
apakah android membutuhkan antivirus?
Antivirus merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk melindungi sistem dan data-data penting para penggunanya.

Awalnya antivirus hanya populer untuk para pengguna PC saja, sebelum akhirnya merembet ke ranah smartphone untuk memperluas pangsa pasar para penjual software antivirus tersebut, tak terkecuali Android yang ternyata juga menjadi incaran perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan antivirus.

Banyak developer-developer aplikasi Android berlomba-lomba untuk meyakinkan bahwa Antivirus merekalah yang terbaik. Namun pertanyaannya, apakah Android benar-benar memerlukan yang namanya Antivirus?

Tidak juga.

Setelah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, Android mengalami peningkatan-peningkatan yang begitu pesat dalam berbagai sektor, khususnya dalam sektor keamanan, yang mana keamanan merupakan faktor paling penting yang tidak mungkin luput dari perhatian Google selaku pemilik Android saat ini.

Apalagi seperti yang kita tahu Android merupakan platform yang sifatnya Open Source, yang tentunya sangat rentan terhadap serangan para cybercrime.

Saat ini Google sendiri Sudah Membekali Antivirus yang diberi nama Google Play Protect dan label Certified Android Devices, dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki keahlian dalam bidang keamanan.

Melalui sertifikasi dan pelabelan ini Google telah mengamankan semua aplikasi yang masuk di aplikasi storenya. Sehingga saat kita unduh aplikasi dari Google Play Store, semua aplikasi tersebut sudah 100% aman dari serangan malware, virus, dan peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu ada juga fitur Find My Device, yang sangat berguna jika suatu saat kita kehilangan smartphone Android yang kita miliki, kalian hanya perlu melakukan beberapa tahapan saja untuk mengaktifkan fitur ini, yakni dengan mendownload aplikasi Find My Device di Google Play Store dan kemudian log-in dengan akun google kalian.

Selengkapnya tentang cara mengaktifkan fitur Find My Device bisa kalian baca disini: Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Find My Device Android Hanya Dalam Beberapa Langkah.

Namun, untuk memastikan bahwa smartphone Android kalian benar-benar aman, kalian juga perlu hati-hati dan bijak dalam menggunakan Android.

Kalian tidak boleh install aplikasi sembarangan diluar toko aplikasi resmi Android Google Play Store, karena tentu aplikasi yang didownload bukan di tempat resminya rentan jika sudah dipasangi malware maupun virus-virus sejenis yang dapat membahayakan Hp Android kalian.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR