TAGARNUANSA

Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A: Mana Yang Harus Dibeli Dan Apa Alasannya?

Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A: Mana Yang Harus Dibeli Dan Apa Alasannya?
Rabu, 05 September 2018
Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A: Mana Yang Harus Dibeli Dan Apa Alasannya?
Setelah tiga varian Redmi 6 resmi dirilis pada Juni 2018 yang lalu, yakni Redmi 6, Redmi 6A, dan Redmi 6 Pro, kini dua diantara tiga varian Redmi 6 resmi masuk ke Indonesia.

Keduanya yaitu Redmi 6 dan Redmi 6A.

Banyak orang yang telah menunggu-nunggu kehadiran dari varian Redmi 6 ini di Indonesia, hal ini dikarenakan kesuksesan produk-produk Xiaomi sebelumnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, baik dari segi harga maupun spesifikasi yang ditawarkan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba mengulas tentang keunggulan dari Redmi 6 dan Redmi 6A, serta mana pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Berikut gambaran tentang Redmi 6 dan Redmi 6A yang baru saja dirilis:

Xiaomi Redmi 6

Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A: Mana Yang Harus Dibeli Dan Apa Alasannya?

Xiaomi Redmi 6 hadir dengan chipset MediaTek Helio P22 yang disebut-sebut setara dengan Snapdragon 625.

Perangkat ini dijalankan dengan OS Android 8.1 Oreo dan juga MIUI 9 yang kemungkinan mendapatkan pembaruan MIUI 10.

Memiliki layar 5,45 inci, Redmi 6 dibekali layar kaca melengkung HD+ 2,5D dengan resolusi 1.440 x 720 piksel dan rasio aspek 18:9.

Sementara untuk RAM-nya tersedia dalam 3 varian, yaitu 2 GB RAM + 16 GB ROM, 3 GB RAM + 32 GB ROM, dan 4 GB RAM + 64 GB ROM.

Di belakang perangkat, ditanamkan dual kamera beresolusi 12 MP dan sekunder 5 MP yang dibantu flash LED.

Sedangkan untuk daya baterai, Redmi 6 dibekali dengan baterai 3.000 mAh.

Xiaomi Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A: Mana Yang Harus Dibeli Dan Apa Alasannya?

Perangkat ini memiliki OS dan MIUI yang sama dengan Redmi 6.

Sedangkan untuk chipsetnya, Redmi 6A menggunakan Helio A22 dan akan tersedia dalam dua varian yaitu RAM 2 GB + ROM 16 GB dan 3 RAM GB + ROM 32 GB.

Dimana, ruang penyimpanan tersebut dapat diperluas dengan menggunakan microSD hingga 128 GB.

Dalam hal fotografi, kamera Redmi 6A berbeda dengan Redmi 6.

Sebab, pada ponsel ini hanya dibekali dengan kamera tunggal beresolusi 12 MP saja.

Sedangkan untuk kamera selfie-nye, pada Redmi 6A disematkan kamera beresolusi 5 MP dan bukaan f/2.0 dan lampu kilat LED untuk selfie dalam kondisi low light.

Sementara untuk baterainya, pada ponsel ini akan ditanamkan baterai yang sama dengan Redmi 6, yaiu 3.000 mAh.

Memilih Mana Yang Sesuai

Sekilas kedua perangkat diatas hampir mirip jika dilihat dari segi spesifikasi dan komponen-komponen lainnya, seperti misalnya kamera, keduanya menggunakan resolusi piksel yang sama baik untuk kamera depan maupun kamera belakang, hanya saja Redmi 6 sedikit lebih unggul karena kamera belakangnya sudah menggunakan dual kamera.

Dari segi desain keduanya mirip dengan Redmi Note 5, dan panel belakangnya terbuat dari polikarbonat yang berbalut logam.

Dari segi dapur pacu keduanya sama-sama kuat karena ditenagai oleh prosessor Mediatek Helio P22 dan Helio A22, yang mana keduanya diklaim sebagai saingan unggul dari Snapdragon seri 400 bahkan 600.

Bagaimana soal harga?

Xiaomi Redmi 6 dijual dengan harga Rp.1,7 jutaan untuk varian 3GB RAM + 32GB penyimpanan dan Rp.2,6 juta untuk varian 4GB RAM + 64GB memori penyimpanan. Sedangkan untuk Xiaomi Redmi 6A, datang dengan label harga yang lebih murah, yaitu sekitar Rp.1,2 jutaan.

Karena perbandingan harga cukup jauh dibandingkan spesifikasi yang tidak terpaut begitu jauh, bagi yang ingin menghemat pengeluaran sekitar Rp. 300 - Rp. 400 Ribu maka Xiaomi Redmi 6A bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Namun, bagi Anda yang menginginkan spesifikasi yang sedikit lebih unggul dari segi RAM, Penyimpanan Internal, maupun Kamera belakang. Maka Xiaomi Redmi 6 bisa menjadi pilihan Anda, tentu saja Anda harus rela menambah budget yang dikeluarkan.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR