TAGARNUANSA

4 Fungsi Utama NFC Pada Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui!

4 Fungsi Utama NFC Pada Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui!
Rabu, 10 Oktober 2018
fitur dan fungsi nfc pada hp
Near Field Communication atau yang biasa disingkat dengan sebutan NFC merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak pendek untuk saling bertukar informasi antar perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat tersebut hingga jarak beberapa sentimeter saja.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa fitur NFC ini sejatinya telah ada dan dikembangkan sejak lama, bahkan sudah ada pada ponsel jadul zaman dulu, dan menurut keterangan yang beredar ponsel pertama yang menggunakan fitur NFC adalah Nokia 6131.

Hingga saat ini, sudah ada begitu banyak merk ponsel yang menyematkan fitur NFC di dalamnya, bukan saja hanya untuk mengikuti tren pasar, namun fitur ini memang sudah cukup dibutuhkan keberadaannya, terutama di negara-negara luar seperti misalnya negara-negara Eropa dan Amerika.

Di Indonesia sendiri fitur NFC sudah digunakan oleh beberapa masyarakat walau hanya di kalangan tertentu saja, karena memang belum banyak orang yang tahu betul tentang fitur dan fungsi utama dari NFC ini, namun yang pasti kedepannya masyarakat akan semakin paham khususnya generasi millenial saat ini, dimana semuanya selalu menginginkan hal yang praktis dan simple.

Nah, bagi kalian yang belum paham sepenuhnya tentang seluk beluk NFC, dan sering bertanya-tanya "kira-kira apa sih fungsi utama NFC ini?"

Maka, berikut akan kami sajikan ulasan mengenai 4 Fitur Utama NFC Pada Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui.

#1 Service Initiation

Ketika pengguna menyentuh sebuah perangkat yang sama-sama berkemampuan NFC, transformasi pesan di antara keduanya bisa berupa beberapa baris teks, sebuah alamat web (URL), nomor telepon atau potongan data sederhana lainnya.

Salah satu contoh dari jenis aplikasi ini adalah poster pintar atau smart poster. Poster ini bisa mempromosikan beberapa jenis produk baru, dan jasa dengan menyentuh perangkat NFC yang tertanam di poster, lalu pengguna akan menerima URL untuk situs web di mana pengguna bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Teknologi ini diimplementasikan dengan dua cara: QR Code (barcode 2 dimensi), dan NFC. Smart poster sudah mulai dipakai terutama pada poster informasi publik di bandara, stasiun, terminal, dsb.

Juga sudah diimplementasikan di restoran-restoran (untuk pesan makanan), dan juga diimplementasikan di etalase virtual (orang melihat etalase produk berupa smart poster, lalu dari URL smart poster, orang tersebut membeli produknya).

#2 Peer to Peer

NFC juga dapat digunakan untuk mengaktifkan komunikasi antara dua perangkat sehingga data dapat dikirim secara lokal di antara keduanya. Metode peer-to-peer digunakan untuk menentukan metode koneksi ketika menggunakan nirkabel lain, seperti misalnya Bluetooth atau WiFi ketika membawa informasi yang akan dibagikan.

Salah satu contoh dari jenis aplikasi ini adalah ketika pengguna telah mengambil serangkaian foto dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, dan kemudian ingin mencetaknya.

Pengguna hanya perlu menyentuh perangkat NFC pada printer yang telah diaktifkan, dan menghidupkan koneksi bluetooth untuk mengirimkan foto digital dari perangkat yang akan dicetak pada printer.

Komunikasi secara peer-to-peer pada NFC juga bisa digunakan di kafe internet untuk memperoleh pengaturan yang benar dalam pemakaian WiFi, tanpa harus memasukkan kunci secara manual. Pengguna bisa menyentuh telepon seluler yang sudah disediakan di meja untuk mengunduh pengaturan, lalu hubungkan ponsel tersebut dengan laptop agar koneksi WiFi dapat dibangun secara otomatis.

#3 Pembayaran dan Tiketing

Pembayaran dan aplikasi tiketing adalah salah satu alat untuk menciptakan standar penggunaan NFC. Bank dan operator jaringan sangat tertarik untuk bergerak di bidang ini, dengan menempatkan pembayaran dan pembelian atau pembayaran tiket dengan menggunakan aplikasi teknologi NFC pada ponsel.

Penelitian yang dilakukan oleh Visa International menemukan bahwa 89% dari mereka yang mencoba transaksi berbasis telepon banyak disukai karena kenyamanannya dalam metode pembayaran yang lebih alternatif.

Pada akhirnya kecanggihan yang dimiliki oleh teknologi NFC ini akan menggantikan berbagai kartu kredit, kartu debit, pra-bayar dan kartu lain yang biasa digunakan oleh orang-orang dalam bertransaksi, bahkan tidak perlu melakukan pembayaran atau bertransaksi dengan menggunakan uang tunai.

#4 Membuka Aplikasi Secara Otomatis

NFC tag dapat digunakan untuk memulai beberapa fungsi, seperti misalnya membuka aplikasi resep hanya dengan men-tap ponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, dan menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu.

Selain itu, kita juga dapat menelepon pasangan kita hanya dengan men-tap NFC tag yang ditempelkan pada foto pacar yang terpajang di meja kerja.


Selain empat fungsi diatas, kemungkinan besar NFC akan terus dikembangkan dari waktu ke waktu dengan berbagai macam inovasi baru yang lebih canggih lagi dan diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan yang semakin memanjakan para penggunanya di masa yang akan datang.

Mungkin, bagi sebagian orang fitur NFC memang belum begitu diperlukan, sehingga ini bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang saat ini sedang merencanakan untuk membeli ponsel baru, karena biasanya ponsel yang telah dilengkapi fitur NFC ini relatif lebih mahal ketimbang ponsel yang tidak memiliki fitur NFC, walau tidak menutup kemungkinan ada beberapa merk smartphone murah yang telah dibekali fitur ini.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR