TAGARNUANSA

Begini Ciri Yang Menandakan Bahwa Baterai Hp Kamu Rusak

Begini Ciri Yang Menandakan Bahwa Baterai Hp Kamu Rusak
Senin, 08 Oktober 2018
ciri dan tanda baterai hp rusak
Baterai merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada smartphone, pasalnya baterai ibarat tempat menyimpan bahan bakar utama yang dapat menunjang segala kinerja dalam smartphone yang kita gunakan.

Tingkat penggunaan smartphone dewasa ini sudah sama sekali berbeda dengan zaman dulu, tuntutan lingkungan sekitar akan kebutuhan teknologi yang canggih memaksa kita untuk menggunakan perangkat smartphone bekerja lebih berat dari biasanya, baik itu untuk kebutuhan bisnis maupun hanya untuk sekedar media hiburan, musik, gaming, dan lain-lain.

Nah, sebagai alat elektronik tentu baterai yang ada pada hp kita pun pasti memiliki umur ekonomis dalam jangka waktu tertentu semenjak hp tersebut digunakan.

Dan kita sebagai pengguna semestinya tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai hp, agar kerusakan pada baterai tidak menjadi beban bagi komponen-komponen hp yang lainnya, hingga dapat menyebabkan kerusakan yang merata.

Maka dari itu perlu kita ketahui indikator-indikator tanda bahwa baterai hp telah rusak dan sudah saatnya untuk diganti.

Indikasi-indikasi berikut ini sudah pernah saya alami selama saya memegang smartpone Android dari waktu ke waktu, dan dengan merk yang berbeda.

Berikut ciri-ciri yang menandakan rusaknya baterai pada hp.

#1 Baterai Sangat Cepat Habis

Ini sering sekali terjadi pada hp yang sudah cukup berumur, biasanya ada pada rentang usia antara 2 tahun ke atas atau bahkan bisa kurang dari itu sesuai perilaku penggunanya.

Kondisi baterai yang terkuras dengan sangat cepat menandakan bahwa ada kebocoran pada baterai yang penyebabnyapun bisa bervariatif.

Maka, jika kalian merasa baterai hp sudah sangat cepat habis lebih dari biasanya, cepatlah ganti baterai hp kalian untuk mengamankan komponen-komponen yang lainnya, terutama yang sangat berdekatan letaknya dengan baterai tersebut.

#2 Baterai Berkurang Walaupun Sedang Di Cas

Pada baterai normal, walaupun kalian memainkan hp kalian saat sedang di cas, maka baterai tetap akan mengisi dan menunjukan indikasi bahwa baterai bertambah.

Berbeda dengan baterai yang sudah rusak, jika kalian memainkan hp saat sedang di cas, maka terkadang baterai bukan malah bertambah namun justru berkurang, ini jelas menandakan bahwa ada masalah pada baterai kalian.

Namun, walaupun begitu, usahakanlah untuk tidak menggunakan hp saat sedang di cas, karena selain dapat mengurangi masa pakai atau umur baterai, juga dapat membahayakan komponen lainnya, dan jika terjadi overheat akan sangat rawan sekali terjadi ledakan seperti kasus-kasus yang sudah pernah terjadi.

#3 Perubahan Kondisi Fisik Baterai

Hal yang paling sering terjadi pada baterai hp yang sudah benar-benar rusak adalah perubahan bentuk fisik baterai, seperti misalnya baterai mengalami peningkatan volume atau istilah mudahnya yaitu kembungnya baterai hp.

Walaupun indikasi ini sudah sangat jarang saya temui untuk tipe-tipe smartphone saat ini, namun ada beberapa merk tertentu yang mengalami kembungnya baterai pada hp, dan menyebabkan casing belakang terdorong.

Biasanya hal ini terjadi karena kita terus-terusan mengecas hp walaupun baterai sudah penuh.

Untuk menghindari hal ini tentunya kalian harus memperhatikan kapan hp harus di cas dan kapan hp harus di cabut dari kabel cassannya.

#4 Hp Tiba-Tiba Mati

Walaupun tidak sepenuhnya disebabkan oleh baterai (terkadang hp tiba-tiba mati juga bisa di sebabkan oleh aktivitas tidak normal pada sistem), namun jika hp kalian sangat sering mengalami power off secara tiba-tiba walaupun bar pada baterai masih relatif tinggi, dan ketika dinyalakan kembali baterai malah sudah ada pada kondisi hampir habis, patut kalian curigai bahwa ada kerusakan pada baterai hp kalian.

#5 Waktu Charge Yang Tidak Stabil

Semua hal pasti akan normal jika dalam kondisi stabil, tak terkecuali pada baterai hp, aktivitas charging pada hp dengan baterai yang normal akan memiliki waktu yang relatif sama di setiap pengecasan, tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.

Namun, berbeda dengan baterai hp yang rusak, waktu pengecasan sangat tidak stabil, terkadang akan sangat lama sekali menuju baterai full 100% dan terkadang juga akan terisi penuh dalam waktu yang relatif singkat, ini sangat jelas menandakan bahwa ada yang tidak beres pada baterai hp kalian.


Nah, itulah kira-kira aktivitas baterai yang menandakan bahwa baterai hp sudah tidak normal dan sudah saatnya untuk diganti, jika kalian mengalami salah satu dari beberapa indikasi-indikasi diatas maka cepatlah ganti baterai hp kalian, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi komponen-komponen lainnya di smartphone kalian.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan perilaku kalian dalam menggunakan hp ya, terutama untuk memastikan agar baterai hp kalian tetap awet dan tidak cepat rusak.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR