TAGARNUANSA

7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari
Senin, 14 Januari 2019
7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari
Januari merupakan bulan pertama dalam tahun masehi, bulan ini umumnya menjadi bulan yang baik bagi sebagian besar orang karena dijadikan momen awal tahun untuk segala aktivitas.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak fakta sejarah menarik yang juga terjadi di bulan januari, yang salah satunya memiliki pengaruh bagi peradaban manusia di bumi, khususnya dalam bidang kesehatan. Penasaran kira-kira apa sajakah fakta sejarah tersebut?

7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Baca Juga Macam-Macam Sistem Perekonomian Di Dunia

1. Penemuan X-Ray Terungkap (1896)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Mungkin diluar sana ada banyak orang tidak sadar atau bahkan belum tahu bahwa pengumuman tentang diciptakannya X-ray terjadi pada Januari 1896.

Penemunya adalah profesor fisika Jerman Wilhelm Roentgen yang sedang bereksperimen dengan mengalirkan muatan listrik melalui tabung kaca pada akhir 1895. Ketika eksperimen tersebut dijalankan ia menyadari bahwa aliran listriknya tersebut mengeluarkan cahaya neon yang membuat aluminium, kayu, dan kertas menjadi transparan. 

Roentgen menguji penemuan barunya dengan mengambil X-ray dari tangan istrinya. Dia sangat ketakutan melihat kerangkanya sendiri, karena membuatnya membayangkan kematiannya. Dia mengirim sebuah artikel dan foto-foto yang mengungkap temuannya ke fisikawan dan teman-teman lainnya pada 1 Januari 1896.

Namun, publik tidak mengetahui penemuannya itu sampai empat hari kemudian di halaman depan sebuah surat kabar di Austria bernama Die Presse, memuat sebuah berita yang menyoroti potensi yang rontgen miliki untuk digunakan dalam mengobati berbagai kondisi medis. Dan untuk menghargai jasanya, Roentgen menerima Hadiah Nobel Fisika untuk penemuannya itu.

2. Foto Pertama Bulan Diambil (1839)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Pada abad ke-18, banyak orang yang tertarik dengan fotografi telah mencoba untuk mengambil bidikan terhadap satu-satunya satelit alami bumi yakni bulan, tetapi sampai Januari 1839, tidak ada yang pernah berhasil mengambil gambar tersebut.

Hingga akhirnya seorang seniman sekaligus fotografer asal Perancis bernama Louis Daguerre mencetak sejarah baru. Dia tidak hanya mengambil gambar Bulan untuk pertama kalinya, tetapi dia juga menemukan bentuk fotografi pertama yakni sebuah metode atau proses untuk membuat foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia. atau yang dikenal dengan istilah "daguerreotype".

Ini membuat gambar tetap pada tembaga berlapis baja menggunakan proses pengembangan yang melibatkan asap merkuri dan air garam. Daguerre menangkap gambar Bulan menggunakan proses ini pada tanggal 2 Januari 1839.

3. Appe Mengumumkan iPad (2010)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Januari juga membawa kabar baik bagi para penggemar teknologi di masa lalu. Pada 27 Januari 2010, Apple mengumumkan terobosan teknologi besar dengan meluncurkan tablet iPad-nya.

Baca Juga Inilah Alasan Mengapa Android Mampu Kalahkan IOS Dalam Merajai Pangsa Pasar Smartphone Di Dunia

iPad adalah tablet pertama yang benar-benar cocok dengan masyarakat umum meskipun banyak kritikus berpendapat lain pada saat itu.

Alasan utama kesuksesan iPad adalah karena CEO Apple Steve Jobs menyadari bahwa mulai banyak orang yang beralih menggunakan perangkat teknologi untuk kegiatan sehari-hari seperti memeriksa email, menjelajahi media sosial, mendengarkan musik, dan menonton film.

Dia mengklaim bahwa iPad adalah perangkat yang sempurna untuk hal-hal ini. Layarnya jauh lebih besar daripada ponsel, tetapi ukuran keseluruhan membuatnya lebih portabel dan lebih kecil daripada laptop. 

Sejak saat itu, Apple telah menghasilkan lima generasi iPad serta model tambahan seperti iPad Pro dan Mini. Lebih dari 360 juta telah terjual pada musim semi 2017.

4. Sistem Penerangan Listrik Pertama Dengan Kabel Layang (1883)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Pada 19 Januari 1883, Sistem penerangan listrik pertama yang menggunakan kabel layang mulai digunakan di Roselle, New Jersey. Sistem itu diciptakan oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison, yang lahir pada 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun, adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuannya.

Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.

Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey.

Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil.

Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain; mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

5. Program Virus Komputer Pertama Ditemukan (1982)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Bagi dunia yang sudah sangat modern seperti sekarang ini, rasanya hampir tidak mungkin kita terlepas dari belenggu teknologi yang sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia teknologi, apalagi yang sudah sangat canggih seperti saat ini tentu tak luput dari permasalahan-permasalahan yang kerap menyertainya, termasuk di dalamnya permasalahan virus-virus komputer yang menjengkelkan.

Namun, pernahkan Anda berpikir, bagaimana asal usul virus komputer pertama diciptakan?

Baca Juga : Alasan Pentingnya Menguasai dan Memahami Komputer di Zaman Sekarang

Virus komputer pertama adalah "Elk Cloner", Elk Cloner adalah salah satu virus komputer pertama yang diketahui menyebar "di alam bebas", di luar sistem komputer atau lab tempat dibuatnya. Virus ini dibuat pada tahun 1982 oleh pelajar SMU berusia 15 tahun, Rich Skrenta untuk sistem Apple II.

Elk Cloner menyebar dengan menginfeksi sistem operasi Apple II menggunakan teknik yang kini diketahui sebagai virus "boot sector".

Virus Boot Sector Adalah virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.

Apabila pada Boot Sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memori selama computer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua, virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

Baca Juga Jangan Salah! Ternyata OS Android Saat Ini Tidak Perlu Lagi Install Antivirus, Apa Alasannya?

6. Indonesia Mengundurkan Diri Dari PBB (1965)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Setelah fakta tentang penemuan-penemuan menakjubkan di atas, maka mari sekarang kita bergeser ke fakta sejarah mengenai sosial-politik dunia yang pernah terjadi di bulan Januari, salah satunya adalah sejarah pengunduran diri Negara Indonesia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada 7 Januari 1965, Presiden Sukarno mendeklarasikan Republik Indonesia keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keputusan ini sebenarnya tidak pernah diterima secara resmi oleh PBB dan belum ada presedennya sejak organisasi internasional ini berdiri. 

Keputusan Sukarno membuat Sekretaris Jenderal PBB U Thant kebingungan. Ia perlu membongkar peraturan organisasi untuk menjawab dua pertanyaan pokok:

(1) Apakah keputusan tersebut sah? (2) Bagaimana sikap yang harus diambil PBB?

Baca Juga Sejarah dan Perkembangan Hari Buruh Serta Dampak Yang Terjadi

Butuh waktu dua bulan bagi U Thant untuk meresponnya. Pasal 6 Piagam PBB menyatakan Majelis Umum memang diberi kekuatan untuk menendang keluar negara anggota yang tak patuh pada aturan. Namun tak ada keterangan jelas bagaimana sikap resmi PBB jika sebuah negara ingin keluar secara sukarela. 

Setelah berkonsultasi dengan delegasi PBB dan staf resminya sendiri, U Thant akhirnya menyimpulkan bahwa tidak ada yang bisa dilakukannya untuk mencegah sebuah negara yang ingin keluar dari organisasi. Ia lalu mengirimkan surat kepada Menteri Luar Negeri RI saat itu, Dr. Soebandrio, bahwa ia menyesalkan keputusan Indonesia.

Thant tergolong hati-hati. Tujuannya agar Indonesia bisa kembali bergabung kapan saja. Di dalam pengantarnya untuk laporan tahunan PBB bulan September 1965, Thant menulis bahwa ia berharap keputusan Sukarno “hanyalah fase temporer”. Ia juga menambahkan, untuk jangka pajang, Indonesia “dapat dilayani dengan sebaik-baiknya dengan melanjutkan keanggotaan dan dengan berpartisipasi sepenuhnya dalam kegiatan organisasi yang konstruktif.”

7. Muhammad II Menjadi Sultan Granada Menggantikan Ayahnya (1273)


7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari

Bagi Anda yang gemar dan tertarik mempelajari tentang sejarah peradaban Islam, tentunya sejarah Islam di Spanyol tak kalah menarik karena menyimpan berbagai coretan sejarah panjang umat Islam dalam mempertahankan wilayahnya.

Seperti yang kita ketahui, umat Islam pernah memiliki kekuasaan penuh di semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) antara abad ke 7-14 M.

Banu Nashri (Arab: بنو نصر‎) atau Dinasti Nashri adalah dinasti penguasa Islam terakhir di Spanyol. Dinasti ini memperoleh kekuasaan setelah kekalahan dinasti Muwahidun dalam Pertempuran Las Navas de Tolosa (1212). Dinasti ini memerintah dari Granada, Al-Andalus, dan didirikan pada 1232 oleh Muhammad I bin Nashri yang kemudian digantikan oleh anaknya Muhammad I, karena kecelakaan berkuda.

Namun, Karena orang-orang Kristen berhasil merebut kembali Iberia dari tangan umat Islam dalam proses yang disebut Reconquista (secara harfiah berarti "penaklukkan ulang"), benteng terakhir umat Islam di Spanyol, Granada menyatakan tunduk kepada Fernando III dari Kastilia, dan menjadi negara bawahan Kastilia.

Pada 1492 Muhammad XII menyerah sepenuhnya kepada Los Reyes Católicos (Kerajaan Katolik Spanyol) yang dipimpin oleh Fernando II dari Aragon dan Isabel I dari Kastilia. Sedangkan kekuasaan Islam di Portugal berakhir pada 1249 dengan ditaklukkannya Algarve oleh Afonso III. Kekalahan penguasa Muslim kemudian diikuti oleh penganiyaan dan pengusiran terhadap kaum Muslim dan Yahudi di Spanyol.


Itulah 7 Fakta Sejarah Hebat Dunia Yang Terjadi Di Bulan Januari, semoga dapat menambah wawasan kita semua, dan mengingatkan kita akan pentingnya peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu, karena dapat mempengaruhi kehidupan setelahnya bagi peradaban manusia.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR