TAGARNUANSA

[Panduan Lengkap] Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula!

[Panduan Lengkap] Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula!
Minggu, 20 Januari 2019
cara membuat blog gratis
Memiliki blog merupakan keasyikan dan kebanggaan tersendiri bagi orang yang gemar menulis dan dapat membagikan tulisan dan wawasannya kepada orang lain di internet.

Di zaman sekarang rasanya memiliki blog sudah menjadi hal yang patut diperhitungkan karena sudah ada banyak orang yang sukses melalui blognya, jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mencoba membuat blog bukan? Untuk mencobanya pun tidak akan merugikan kamu sama sekali, karena di Blogger.com kamu dapat membuat blog secara GRATIS tanpa biaya sepeserpun!

Ada banyak CMS blog yang dapat kamu gunakan di luar sana yang menawarkan kamu sebuah layanan blog secara GRATIS, namun hanya 2 CMS inilah yang paling terkenal sekaligus paling banyak digunakan baik oleh pemula bahkan oleh seorang professional sekalipun, yaitu blog di WordPress.com dan blog di Blogger.com.

Disini saya telah menyusun proses Langkah demi Langkah tentang bagaimana caranya membuat blog sesuai dengan aturan yang baik dan benar.

Melalui blogging kamu juga bisa mendapatkan uang tunai lho, ada banyak cara untuk mendapatkan uang melalui aktivitas blogging.

Blog difasilitasi sendiri oleh Google. Untuk awal-awal, kamu bisa memilih subdomain dengan .blogspot.com terlebih dahulu. Kemudian, kamu boleh membeli Top Level Domain nantinya (.com, .net, .id) untuk mematenkan situs kamu di berbagai mesin pencari.

Berikut langkah-langkah Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula.

1. Kunjungi Situs Resmi Blogger (URL: https://www.blogger.com)


cara membuat blog gratis

2. Sign In/Masuk dengan Akun Google Kamu

Masuk dengan alamat email dan kata sandi Google yang kamu miliki. Jika kamu belum memiliki akun Google, maka daftarlah terlebih dahulu disini.

Jika kamu sudah memiliki akun Google, maka langsung saja masukkan email kamu di kolom berikut, kemudian Klik Next/Berikutnya untuk masuk ke langkah selanjutnya.


cara membuat blog gratis

3. Buat Blog Baru

Setelah proses masuk selesai, kamu akan langsung dialihkan ke halaman blogger, di mana kamu akan diminta untuk membuat blog baru (jika belum pernah buat sebelumnya).

Kemudian kamu akan diberikan kolom yang harus kamu lengkapi, masukkanlah data sesuai dengan yang kamu inginkan, mulai dari nama Blog dan URL yang kamu inginkan, usahakanlah agar nama blog dan url blog kamu sama, agar lebih mudah dikenal orang nantinya, jangan membuat nama terlalu panjang.

Berikanlah Judul yang benar-benar dapat mencerminkan isi blog kamu. Karena judul sangatlah penting untuk identitas blog kamu. Judul ibarat sebuah merek, sehingga akan menjadi karakter yang melekat.

Akan ada pilihan yang menyarankan kamu untuk memberikan sub-domain blog dari google. Karena blog ini adalah blog gratis, kamu akan tetap diizinkan untuk melewati dulu tahap ini.

Pilih tema yang kamu inginkan, kemudian pilih "Buat Blog'/'Create Blog".


cara membuat blog gratis

4. Mulai Merapihkan Blog

Setelah mengklik tombol buat blog, halaman baru akan dibuka di jendela yang sama. Halaman ini adalah halaman pengeditan beranda untuk blog kamu. Dari sini, kamu dapat sepenuhnya menyesuaikan blog pribadi kamu sesuai dengan yang diinginkan.


cara membuat blog gratis

Untuk mengunjungi blog kamu, kamu bisa klik "View Blog"/"Lihat Blog", di sebelah kiri atas tepat dibawah nama blog kamu.

5. Menyesuaikan Blog

Karena kamu telah membuat blog blogger pertama kamu, maka sekarang saatnya untuk menyesuaikan blog kamu berdasarkan keinginan kamu!

Layout

Pertama, mulailah dari layout/tata letak, klik tombol Layout di sisi kiri.


cara membuat blog gratis

Berikut penjelasannya satu per satu;

Favicon

Di sinilah kamu dapat mengubah logo blog yang dapat menjadi ciri khas situs kamu nantinya. Logo ini akan muncul di tab browser internet saat kamu atau orang lain berkunjung ke blog milikmu.

Sidebars

Untuk memasukkan alat baru cukup ketuk simbol "Add a Gadget", jendela lain akan muncul. Pilih alat yang kamu inginkan.

Header

Di sinilah Judul dan slogan Blog kamu muncul. kamu dapat mengubahnya, atau mengatur gambar sesuai keinginan kamu, kamu juga bisa membuat header sendiri dengan media photoshop untuk blog kamu.

Panel Berlangganan (Subscription)

Panel ini digunakan untuk para pengunjung blog kamu yang ingin berlangganan artikel terbaru dari kamu nantinya.

Daftar halaman

Di sini kamu akan memiliki daftar halaman yang telah kamu buat. Kamu dapat memasukkan halaman atau dapat menghapusnya sesuai keinginan kamu.

Area iklan (Ads Area)

Area iklan ditujukan bagi kamu yang sudah mendaftar dan disetujui oleh pihak Adsense, untuk menayangkan iklan google, disinilah kamu nanti dapat mengumpulkan pundi-pundi uang jika sudah mendaftarkan blog ke Adsense dan diterima untuk mulai menayangkan iklan mereka.

Namun, bagian ini tidaklah mudah, banyak blogger yang gagal jika tujuan utama mereka adalah fokus ke uang, untuk sekarang fokuslah terlebih dahulu untuk membuat konten yang berkualitas sebanyak-banyaknya.

Halaman Tubuh (Body Page)

Di area ini, semua entri blog kamu akan ditampilkan. Kamu dapat menulis artikel dengan pengaturan yang kamu sesuaikan disini.

Footer

Ini adalah bagian paling bawah dari blog kamu, di mana kamu dapat memasukkan info-info blog seperlunya seperti misalnya, Kontak, About, Sitemap, Privacy Policy, Disclaimer, dan lain-lain.

6. Posting

Ini adalah tujuan dan bagian paling utama dari dibuatnya blog, yaitu memposting artikel. Semua artikel yang kamu buat akan ditampilkan di sini seperti tampilan daftar yang dibuka saat diklik.

Kamu dapat membuat artikel sebanyak-banyaknya dengan memilih tombol "New Post"/"Entri Baru", 


cara membuat blog gratis

Tulislah artikel yang sesuai dengan hobby kamu.

Pada halaman posting artikel, pertama-tama berikanlah judul pada artikel kamu. Kemudian di dalam kolom postingan kamu dapat memasukkan gambar apapun yang sesuai dengan isi artikel kamu.

cara membuat blog gratis

Setelah artikel selesai, ketuk tombol "Publikasikan" agar dapat dilihat oleh orang lain. Jika artikel belum selesai dan ingin melanjutkannya nanti, simpanlah terlebih dahulu sebagai draft.

Sekarang kamu telah berhasil membuat blog baru. Untuk menggunakan domain khusus (Top Level Domain), saya menyarankan kamu untuk membelinya di sini.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR