TAGARNUANSA

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Secara Efisien

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Secara Efisien
Rabu, 23 Januari 2019
cara mempercepat kinerja komputer
Bagi orang yang setiap harinya bekerja di depan komputer, mungkin seringkali menjumpai berbagai masalah yang terkadang membuat jengkel, salah satunya adalah komputer dan laptop yang kinerjanya melambat dan lebih lelet dari sebelumnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kinerja komputer melambat, namun dengan tips-tips berikut ini, dapat membantu meringankan beban komputer karena akan menghilangkan langsung sumber masalah yang menyebabkan komputer lemot.

Baca Juga : 3 Tips Mudah Bersihkan Keyboard Laptop dan Komputer Kamu

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Secara Efisien

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Terkadang kita tidak sadar bahwa aktivitas kita sehari-hari dalam mengoperasikan komputer, meninggalkan begitu banyak file-file sampah di komputer.

Baik itu berupa cache, thumbnail, ataupun history atau jejak browser saat berselancar di internet, hal ini jika dibiarkan terus-menerus maka akan menyita banyak sekali ruang memory di dalam HDD kamu, dan dampaknya akan memperlambat kinerja komputer kamu hingga sekian puluh persen.

Untuk mengantisipasi hal ini maka kamu perlu untuk membersihkannya, ada begitu banyak aplikasi Cleaner komputer yang layak kamu gunakan bertebaran di internet, download yang menurut kamu paling baik, dan lakukanlah scan secara rutin dan berkala.

2. Pantau Aplikasi di Latar Belakang

Memantau aplikasi yang berjalan di latar belakang, bisa dengan menggunakan Task Manager, cara membukanya bisa melalui search program and files dan ketik "taskmgr" dan pilih view running processes with task manager.

Ada begitu banyak program berjalan yang bisa kamu atur sesuai keinginan kamu, end procces yang menurut kamu menguras memory paling besar dan sedang tidak digunakan.

3. Gunakan Antivirus Secara Berkala

Walaupun antivirus sendiri menyita cukup banyak memory ram di komputer dan laptop kamu, namun fungsinya sangat vital untuk keamanan file-file dan lalu lintas data di internet.

Virus-virus komputer khususnya malware seringkali membuat komputer berjalan lebih lambat dari biasanya, dengan scan virus menggunakan antivirus yang selalu di update, akan menghindari adanya malware yang menyusup ke sistem komputer kamu.

Baca Juga : 9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Waspadai!

Selain itu virus-virus lainnya yang bersarang di HDD, akan mudah di hilangkan dengan antivirus dengan database virus terbaru, jadi jangan lupa ya untuk selalu mengupdate antivirusmu secara berkala.

4. Merapihkan File dengan Bantuan File Manager

File-file yang berantakan juga turut berperan dalam membuat komputer kamu lemot dan lambat ketika dioperasikan, beruntung kebanyakan file manager telah menyediakan fitur untuk merapihkan file-file yang berantakan.

Caranya pilih local disk yang ingin kamu rapihkan > organize > properties > tools > defragmentation > defragment now, kemudian kamu akan diberikan pilihan untuk menganalize disk terlebih dahulu atau langsung mendefragmentation.

Analyze disk fungsinya untuk mengetahui apakah status disk kamu benar-benar perlu untuk dirapihkan, semakin tinggi nilainya maka semakin dianjurkan untuk di defragmentation.

5. Restart Komputer!

Setelah semua langkah diatas telah kamu lakukan, maka restartlah komputer kamu untuk membuatnya semakin fresh dan siap untuk digunakan.


Sekian tips komputer kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR