TAGARNUANSA

Gak Usah Ragu Lagi, Ini Kelebihan Belanja Online Ketimbang Offline

Gak Usah Ragu Lagi, Ini Kelebihan Belanja Online Ketimbang Offline
Selasa, 22 Januari 2019
keuntungan belanja online
Pernahkah Anda berpikir bahwa kita benar-benar telah berada di era yang semuanya serba online dan digital.

Walaupun benar, namun siapa sangka ternyata masih ada cukup banyak masyarakat yang belum memanfaatkannya semaksimal mungkin, dan bahkan masih ada yang enggan dan ragu untuk melakukan transaksi secara online.

Lagi-lagi hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan sebagian masyarakat tentang banyaknya profit dan benefit yang didapatkan jika mereka mau berbelanja secara online ketimbang harus jalan dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mendapatkan satu produk saja.

Apapun alasan yang mendasari mereka untuk tidak berbelanja secara online, namun yang pasti keuntungan-keuntungan berikut ini pasti akan Anda dapatkan jika mau mencoba terjun dalam transaksi berbasis internet ini.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce Yang Wajib Kamu Ketahui

Keuntungan Belanja Online Ketimbang Offline

1. Efektivitas dan Efisiensi Bukanlah Mitos dalam Belanja Online

Jika kita tarik waktu mundur terlebih dahulu ke tahun 90-an sampai awal tahun 2000-an, dan membandingkannya dengan kehidupan sekarang, pasti akan kita jumpai perbedaan yang cukup signifikan mengenai frekuensi kunjungan masyarakat ke mall-mall yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti misalnya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sekitarnya.

Dan jika kita tarik kesimpulan, ternyata yang paling banyak menyumbangkan pengaruh terhadap pola kehidupan masyarakat dalam aktivitas belanja sehari-harinya adalah karena adanya perkembangan teknologi sampai ke tingkat online marketing seperti saat ini.

Menurut hasil survei beberapa lembaga riset, masyarakat zaman sekarang tidak banyak yang melakukan transaksi langsung secara offline di mall ataupun di pasar-pasar swalayan lainnya, khususnya untuk barang-barang mewah seperti misalnya smartphone, laptop, tv, dan barang-barang elektronik lainnya. Kebanyakan dari mereka ke mall hanya berniat untuk jalan-jalan atau sekedar membeli makanan ringan.

Ada begitu banyak orang yang diuntungkan dengan hadirnya sistem online shopping yang telah marak terjadi di masyarakat saat ini.

Dari sudut pandang efektivitas tentu berbelanja secara online memberikan kebebasan yang sebesar-besarnya bagi konsumen untuk memilih produk sesuka hati tanpa adanya intervensi dari para spg ataupun spb yang seringkali menawarkan produk-produk lain yang bahkan kita sendiripun sama sekali tidak berniat untuk membelinya.

Sedangkan dari segi efisiensi, jelas dengan melakukan transaksi secara online, kita dapat menghemat banyak hal mulai dari tenaga, pikiran, bensin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Pengaruh Teknologi dalam Dunia Bisnis

2. Banyaknya Pilihan Produk dengan Harga yang Kompetitif

Seperti yang kita ketahui, dengan semakin pesatnya perkembangan online marketing dalam dunia bisnis, membuat banyak perusahaan besar berlomba-lomba untuk menciptakan citra yang baik bagi konsumen di internet.

Hal ini ternyata menimbulkan sebuah ekosistem baru dalam dunia bisnis, dan justru memanjakan banyak orang karena pilihan yang semakin bervariatif sebagai dampak dari tingginya tingkat persaingan marketplace yang didirikan oleh masing-masing perusahaan.

Banyak juga mall-mall yang mulai mendirikan e-commercenya masing-masing demi mengantisipasi hilangnya konsumen potensial yang semakin mengalami peralihan pola belanja dari offline ke online.

Dengan adanya persaingan berbasis internet seperti ini, masyarakat lebih diuntungkan karena perusahaan akan berlomba-lomba untuk mengadakan promo dan diskon secara besar-besaran untuk menggaet banyak konsumen, promo dan diskon seperti ini sekarang dikenal dengan istilah flash sale.

3. Penipuan dan Pencurian Menjadi Sulit Dengan Transaksi Berbasis Internet

Percaya atau tidak, dengan adanya sistem transaksi online ini turut memberikan konstribusi bagi menyusutnya tingkat kriminalitas dalam hal penipuan dan pencurian barang maupun uang tunai.

Asalkan Anda teliti dan hati-hati dalam berbelanja secara online, serta tidak sembarangan memilih seller di internet, maka dapat dipastikan peluang untuk terjadinya tindakan penipuan sangatlah minim dan bahkan mustahil.

Hal ini bukan tanpa alasan, sistem transaksi berbasis internet yang di lakoni oleh e-commerce dan marketplace di seluruh Indonesia telah menggunakan rekening bersama sebagai sistem pembayarannya,  dan telah di atur sedemikian rupa demi kemudahan dan kenyamanan para penggunanya.

Rekening bersama ini adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral, tidak memihak penjual maupun pembeli.

Lantas bagaimana cara kerjanya? jadi, ketika Anda membeli sebuah barang dengan metode pembayaran rekening bersama, dan Anda telah berhasil mentransfer uangnya, maka uang tersebut tidak akan langsung masuk ke rekening si penjual, melainkan akan ditahan dulu oleh pihak marketplacenya.

Uang tersebut tidak akan masuk ke rekening si penjual, selama Anda belum menerima barangnya, barulah setelah barang Anda terima, Anda dapat melakukan konfirmasi yang menandakan bahwa barang telah sampai dengan selamat, dan uang akan diteruskan oleh pihak marketplace kepada penjual.

Dengan sistem seperti ini hampir mustahil orang dapat melakukan tindakan penipuan, asal kita teliti dan tetap berhati-hati dalam berbelanja.

4. Update Informasi Produk Terbaru Jadi Jauh Lebih Cepat dan Mudah

Jika dulu, ketika kita ingin membandingkan barang tertentu dari segi harga maupun spesifikasi, kita harus mau melangkahkan kaki dari satu toko ke toko lainnya di berbagai mall yang tersebar di kota tertentu.

Berbeda dengan sekarang, hanya dengan adanya koneksi internet yang memadai, maka informasi tanpa batas sudah ada dalam satu genggaman tangan.

Bukan hanya pihak-pihak online marketing saja yang berperan disini, namun dengan semakin menjamurnya berbagai situs yang menuliskan info berbagai barang, akan semakin memudahkan kita dalam mencari sumber referensi terbaik sebelum memutuskan untuk membeli barang dari salah satu toko online tertentu.

Selain itu, kita juga bisa melihat track record dari pedagang terkait untuk melihat apakah kualitasnya baik ataukah masih belum mencukupi untuk kebutuhan kita saat ini.

5. Kemudahan Klaim Garansi dan Hal-Hal Teknis Lainnya

Semua marketplace ataupun e-commerce memiliki berbagai dukungan teknis untuk menjamin kenyamanan para pengunjungnya, setelah dukungan sistem pembayaran seperti yang telah dijelaskan diatas, mereka juga menyediakan fitur Live Chat Support 1x24 jam.

Lalu, apa fungsi fitur tersebut? dengan adanya dukungan Customer Service (live chat support) yang full selama 1x24 jam, maka Anda sangat mudah untuk menanyakan hal apapun terkait dengan proses transaksi yang telah Anda jalankan, baik itu untuk klaim garansi ataupun hal-hal lainnya selama masih berhubungan dengan marketplace dimana Anda melakukan proses transaksi.

Kesimpulan

Tak dapat kita pungkiri bahwa perubahan zaman yang begitu cepat ini membawa berbagai dampak positif bagi hidup kita, salah satunya adalah kita dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam hal apapun termasuk transaksi barang maupun jasa.

Sekarang, bukan zamannya lagi kita gaptek dan ketinggalan berbagai macam update informasi yang terus berkembang dari hari ke hari, jika Anda menginginkan berbagai kemudahan maka ikutilah arus teknologi ini dengan bijak.

Berbelanja online merupakan salah satu contoh yang dapat kita terapkan untuk dapat menghemat segala sesuatu baik tenaga maupun materi.

Walaupun begitu, Anda diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan transaksi berbasi jaringan internet ini, karena seaman dan sekuat apapun sistem yang dibangun, celah bagi tindak kriminalitas memang terkadang tak dapat terhindarkan.

Namun, terlepas dari semua itu, berbelanja online sangatlah mudah dan menyenangkan.

Sekian artikel kali ini, semoga tulisan diatas membantu menjawab dilema hati Anda yang selama ini masih ragu untuk berbelanja online dan masih stagnan dalam belanja secara offline, semoga bermanfaat dan happy shopping.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR