TAGARNUANSA

Nostalgia! 7 Game Ini Pasti Selalu Kamu Temui di PC Jadul

Nostalgia! 7 Game Ini Pasti Selalu Kamu Temui di PC Jadul
Kamis, 10 Januari 2019
nostalgia game jadul
Era 90-an menjadi masa yang cukup menarik dalam perkembangan industri game. Hal ini dikarenakan banyaknya perangkat yang umumnya digunakan untuk kebutuhan kerja seperti komputer/PC dapat digunakan untuk bermain game, selain itu kemunculan konsol-konsol game pada era ini juga ikut mewarnai dunia gaming pada masa itu.

Mungkin kalian ada yang memiliki pengalaman menarik ketika baru pertama kali memainkan salah satu judul game di pc, karena walau bagaimanapun juga pengalaman memainkan game jadul selalu memiliki kenangan tersendiri bagi kebanyakan gamers pada era 90-an, dan selalu menarik untuk diceritakan hingga saat ini.

Baca Juga : Pengin Lancar Main PUBG Mobile Di Ponsel Low End? Begini Caranya!

Nah, Apakah game yang pernah kalian mainkan pada masa itu masuk dalam daftar di bawah ini?

1. Zuma Deluxe


nostalgia game jadul

Siapa yang tak mengenal mini game yang cukup populer di era 90-an ini ? Mungkin justru ayah atau kakak kalian yang mengajari bermain mini game yang seru ini.

Pada masa itu hampir setiap komputer di instansi-instansi seperti sekolah maupun di perkantoran bisa menemukan icon bergambar katak yang melemparkan bola warna-warni ini. Mengusung gameplay yang sederhana justru membuat game ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran, orang tua hingga anak-anak seperti kita pada masa itu. Berapa stage yang telah kamu lalui selama bermain game ini?

2. Tarzan


nostalgia game jadul

Di tahun 90-an Disney merilis film kartun berjudul Tarzan, di tahun itu pula mereka mengadaptasinya ke dalam sebuah game yang di rilis pada beberapa platform seperti PC dan PS 1. Game dengan genre action platformer ini pun mudah untuk ditemui di komputer desktop dengan icon bergambar Tarzan. 

Meskipun gameplay yang ditawarkan pada masa itu cukup sederhana, namun pengalaman saat bermain game tersebut masih membekas di hati. Apalagi kebanyakan orang tua pada masa itu hanya mengijinkan menggunakan komputer untuk bermain game hanya saat akhir pekan atau libur, sehingga momen inilah yang selalu teringat hingga kini.

3. Commandos


nostalgia game jadul

Mungkin judul game yang satu ini cukup asing bagi beberapa generasi 90-an. Namun jika dulu kalian menemukan icon bergambar prajurit di komputer desktop pada masa itu kalian cukup beruntung.

Game yang mengkombinasikan stealth dan strategi ini sangat seru dimainkan. Mengambil tema Perang Dunia ke-2 kalian akan berada dalam skenario tertentu dengan misi yang menegangkan.

Kalian diwajibkan mengambil keputusan yang tepat demi menyelesaikan suatu misi. Apakah kamu termasuk yang menemukan game yang cukup langka ini di komputer jadul yang pernah kamu temui?

4. Beach Head 2002


nostalgia game jadul

Ini adalah salah satu game yang sempat menjadi favorit saya kala itu karena menawarkan gameplay yang menarik serta grafis yang cukup baik di masanya.

Kala itu game ini cukup menawarkan pengalaman bermain yang seru sebagai game fps. Berada di sebuah bunker kalian akan bertahan dari gempuran musuh baik yang menyerang dengan berjalan maupun menggunakan kendaraan tempur.

Kalian juga dapat menggunakan berbagai persenjataan lengkap untuk bertahan dari serbuan yang tak ada habisnya. Mungkin ini juga salah satu game yang kalian temukan di komputer jadul untuk menemani liburan akhir pekan pada masa itu.

5. Age of Empire (I & II)


nostalgia game jadul

Gamers tahun 90-an pasti tak asing dengan judul game strategi yang satu ini. Saking populernya game ini hingga sekarang pun masih banyak yang memainkannya. Game penuh kenangan ini juga sangat seru dimainkan menggunakan cheat dimana kalian dapat mengeluarkan unit mobil sedan belang berwarna biru yang sangat “op”.

Baca Juga : Microsoft Akhirnya Resmi Umumkan Seri Terbaru Age of Empires 

Bahkan hanya dengan beberapa unit tersebut kalian dapat menyerang wilayah musuh dengan mudah. Mungkin dari kalian masih ada yang belum pernah memainkan game strategi legendaris ini hingga sekarang? jika belum maka cobalah untuk memainkannya, karena gameplay yang ditawarkan sangat seru, selain itu seri terbarunya memiliki grafis yang jauh lebih baik dengan nama Age of Empires III&IV.

6. Road Rash


nostalgia game jadul

Siapa bilang game di komputer/PC jadul hanya tentang perang dan tembak-menembak saja? Road Rash pada masanya menawarkan pendekatan unik sebagai game balap motor yang rusuh. Jika kalian dulu sempat memainkan game ini maka yang ada di benakmu adalah menjadi preman nomor satu yang ingin selalu menang dalam balapan motor.

Meskipun visual yang ditawarkan terlihat apa adanya jika dibandingkan dengan grafis pada saat ini, namun pengalaman bermain dalam game ini sungguh luar biasa.

7. Virtua Cop II


nostalgia game jadul

Tahun 90-an perkembangan industri game bukan hanya di konsol rumahan maupun komputer saja, mesin arcade juga menjadi salah satu alternatif yang cukup populer di masanya.

Mungkin hingga saat ini kalian masih ingat kalimat “somebody help me!” yang merujuk pada judul game Virtua Cop II. Mengusung pendekatan sebagai game shooter ala arcade, Virtua Cop II juga hampir selalu ditemukan di desktop komputer jadul pada masa itu.

Kalian juga harus memperhatikan credit yang menjadi nyawa kalian saat permainan berlangsung. Mungkin judul game ini menjadi game fps pertama yang kalian mainkan sebelum battle royale menjadi tren saat ini, bahkan dalam ranah mobile.


Demikianlah deretan game di komputer/PC jadul yang bisa membangun atmosfer nostalgia kamu. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk kalian yang masih memiliki perangkat “kentang” dan merana tidak bisa memainkan game-game kekinian dengan nyaman.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR