TAGARNUANSA

12 Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Bahkan Gratis, Untung Hingga 419%!

12 Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Bahkan Gratis, Untung Hingga 419%!
Jumat, 25 Januari 2019
peluang usaha modal kecil
Memiliki usaha sendiri merupakan dambaan bagi setiap orang. Walaupun usahanya berskala kecil, namun jika mampu dikelola dengan baik dan berjalan sesuai rencana maka hal tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Sebab, penghasilan yang di dapatkan merupakan buah dari hasil kerja keras dan keringat sendiri.

Tentu, setiap manusia memiliki kebutuhan masing-masing. Tak terkecuali kebutuhan akan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun pada kenyataannya, untuk bisa mendapatkan uang di negara yang minim lapangan kerja bukanlah perkara yang mudah.

Ide untuk mendirikan suatu usaha akan biasanya akan muncul ketika pekerjaan tetap Anda yang menjadi sumber pemasukan utama hasilnya bisa dibilang pas-pasan.

Atau mungkin Anda hanya seorang pelajar atau mahasiswa namun mengingingkan penghasilan lebih diluar dari uang saku harian dari orangtua sehingga memerlukan yang namanya bisnis atau usaha sampingan.

Dari usaha kecil-kecilan itulah yang nantinya akan sedikit menunjang keperluan-keperluan Anda.

Misalnya untuk membayar kost, jajan, kebutuhan mendesak lainnya, atau bahkan untuk mengembangkan dan memperbesar usaha Anda sendiri sehingga penghasilannya nanti bisa berkali-kali lipat.

Untuk memulai bisnis mandiri, tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang besar. Dengan modal minim pun sebenarnya Anda bisa mengembangkan usaha yang menghasilkan keuntungan yang besar.

Bahkan banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha kecil-kecilan.

Sebut saja almarhum Bob Sadino. Pebisnis yang satu ini tentu saja namanya sudah sangat dikenal di kalangan para pengusaha atau bahkan non pengusaha sekalipun. Jangan lihat ketika dia sudah sukses saja, tapi lihat dari awal perjuangannya.

Dulu ia hanya mengelola bisnis telur ayam negeri. Namun dia tetap konsisten menjalankan bisnis tersebut hingga bisa membangun kemfood dan kemchicks. 

Perjalanannya dari awal hingga suksespun tak bisa dianggap remeh karena berbagai hambatan dan rintangan kerap ia hadapi hingga bisa mencapai kesuksesannya di kemudian hari.

Kasus diatas bisa menjadi salah satu motivasi Anda untuk memulai bisnis kecil-kecilan, tentu masih ada begitu banyak kasus pengusaha sukses lainnya diluar sana dengan berbagai macam kasus.

Saran kami, jika Anda baru ingin memulai usaha tidak ada salahnya membaca artikel berikut ini demi meningkatkan motivasi dan semangat dalam mengelola bisnis yang ingin Anda jalankan.

Selanjutnya, yang menjadi persoalannya adalah kira-kira usaha sampingan apa yang bisa dikerjakan tanpa modal yang besar?

Sudah ada kemauan tapi nggak punya ide?

Berikut kami sediakan beberapa contoh ide peluang bisnis yang bisa Anda coba dan praktekkan dirumah.

Baca Juga : 7 Cara Kreatif Untuk Menghasilkan Uang di Tahun 2019

12 Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Bahkan Gratis, Untung Hingga 419%!

1. Jasa Rekber / Penengah Transaksi Online

peluang usaha modal kecil

Sekarang apa-apa serba online. Dari mulai kegiatan jual beli, isi ulang token listrik, pulsa, semuanya hampir bisa dilakukan dengan online tanpa harus beranjak dari rumah. Tak terkecuali dengan pembelian barang digital seperti akun game online, blog, dan lain-lain.

Apa itu rekber?

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Merupakan jasa pihak ketiga yang digunakan dalam proses transaksi jual beli online.

Artinya, si pembeli dan penjual tidak melakukan transaksi secara langsung, melainkan melalui si jasa rekber sebagai penengah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya saja penipuan.

"Uang sudah ditransfer tapi kok barang belum dikirim?"

Untuk menghindari kasus penipuan seperti diatas, dibutuhkan jasa rekber agar proses transaksinya berjalan lancar dan aman-aman saja. Dengan syarat, Anda menggunakan jasa rekber yang terpercaya.

Baca Juga : Menilik Usaha Soft Ice Cream, Lengkap dengan Analisa SWOT dan Keuangan

Mengingat banyaknya oknum penipuan yang mengatasnamakan perusahaan inilah itulah agar si korban mudah ditaklukan.

Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut sebagai langkah untuk memulai bisnis anda dengan membuka jasa rekber sendiri.

Mengingat hal ini tidak membutuhkan keterampilan tertentu. Dengan modal jujur dan promosi yang tepat, Anda sudah bisa memulainya.

Penghasilan yang Anda dapatkan diukur berdasarkan harga fee (biaya transaksi) yang Anda peroleh dari seller ataupun buyer. Anda bisa menetapkan harga fee sendiri berdasarkan barang yang di perjual belikan.

Karena usaha ini bersifat online, Anda juga harus membuat wadah online seperti misalnya website/blog, fanspage facebook, dll. 

Hal ini bertujuan agar mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda.

2. Menjadi Penerjemah

peluang usaha modal kecil

Dengan berkembangnya teknologi informasi, hubungan antar negara yang memiliki perbedaan bahasa semakin dinamis.

Entah itu hubungan menjalin kerjasama antar instansi / perusahaan / organisasi maupun yang bersifat pribadi.

Ada satu kendala yang sering dialami dalam komunikasi dengan orang yang bahasanya berbeda dengan kita, yakni masih banyak orang yang tidak bisa berbahasa asing. Hal ini akan mempersulit kepemahaman antar kedua belah pihak.

Dengan adanya problem tersebut, Anda yang memiliki kemampuan menguasai berbagai bahasa sudah sepantasnya tidak menyia-nyiakan kelebihan Anda. Berikan mereka solusi dengan kemampuan yang Anda miliki.

Ada dua pilihan untuk menjadi penerjemah.

a. Menjadi Penerjemah Online /  Freelance Translator

Yang ini lebih mudah pelaksanaannya. Selain bisa dilakukan dirumah, menjadi penerjemah online juga mudah dalam mencari kliennya. Tugas yang paling umumnya adalah menerjemahkan artikel blog atau ebook.

Banyak situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari klien, baik di dalam maupun luar negeri. Anda tinggal mendaftar di situs tersebut kemudian menawarkan jasa Anda.

Jika ada yang tertarik, Anda akan mendapatkan notifikasi yang biasanya dikirim oleh situs tersebut sebagai pihak ketiga.

Beberapa situs yang menyediakan lowongan untuk penerjemah antara lain;

Upwork.com
Fiverr.com
iWriter.com
Projects.co.id
Sribulancer.com

b. Menjadi Penerjemah Offline

Berbeda dengan penerjemah online, penerjemah offline biasanya lebih terkait dengan perusahaan yang bertempat di sebuah kantor serta banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Biasanya, penerjemah akan disuruh untuk menerjemahkan buku, dokumen ataupun penerjemah langsung saat ada pertemuan dengan pihak asing.

Atau jika tempat tinggal Anda terdapat wisata yang banyak orang asingnya, Anda bisa membuka jasa pemandu wisata untuk para turis.

3. Menjadi Driver Ojek / Taksi Online

peluang usaha modal kecil

Saat ini sedang marak-maraknya transportasi umum berbasis online. Cukup dengan aplikasi smartphone, dalam hitungan menit bahkan detik, sudah ada driver yang menunggu di depan rumah Anda untuk mengantar Anda ke tempat tujuan maupun mengirimkan barang pesanan Anda.

Bagaimana kalau di balik? Sekarang Anda yang jadi drivernya?

Menjadi driver online bisa menjadi pilihan Anda untuk sekedar mengisi waktu luang atau mungkin menjadi pekerjaan tetap Anda.

Teman kami pernah bertanya pada beberapa driver online di daerah jakarta.

"Mas, mas ini menjadi driver online memang karena ini adalah pekerjaan tetap mas atau bagaimana?"

Ternyata jawabannya hanya untuk mengisi waktu kosong saja.

Baca Juga : Bisnis Minuman Thai Tea, Usaha Kuliner dengan Omset Menggiurkan

Dari pada waktu Anda terbuang sia-sia untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat, lebih baik menjadi driver online yang selain bermanfaat bagi orang lain juga bermanfaat untuk kantong Anda sendiri.

Ada beberapa perusahaan transportasi online yang sudah beroperasi dengan baik di Indonesia, diantaranya ada Go-jek dan Grab.

Jenis layanannya pun bermacam-macam, mulai dari antar jemput penumpang, antar barang hingga antar makanan.

FYI, sejak artikel ini dipublish, Gojek telah hadir di 167 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

4. Menjadi Penulis Lepas / Freelance

peluang usaha modal kecil

Ini yang menurut kami masih jarang orang yang tahu bahwa menulis juga bisa menghasilkan uang.

Sudah ada begitu banyak orang yang sukses meniti karir sebagai penulis lepas dengan hasil yang cukup menjanjikan.

Anda yang suka menulis sangat cocok untuk menjadi penulis lepas. Apalagi jika tulisan Anda bagus dan banyak disukai orang.

Jasa ini banyak dicari oleh para blogger yang tidak ada waktu senggang untuk menulis artikel di blognya. Biasanya, Anda akan diberi tugas untuk menulis artikel dengan judul yang sudah ditentukan oleh pemesan.

Harga per artikelnya bervariasi, tergantung jumlah kata dan bagusnya artikel yang Anda buat. Untuk artikel berbahasa Indonesia, rata-rata dibanderol dengan harga Rp 3000 hingga 5000 / 100 kata.

Awalnya memang tidak seberapa, namun jika reputasi Anda sebagai freelance sudah baik, banyak pelanggan yang akan menyewa jasa Anda, ketika pelanggan sudah banyak, Anda bisa menaikan harga jasa Anda.

Jangan khawatir tidak ada yang melirik jasa Anda. Kalau tulisan Anda memang berkualitas, pasti banyak orang yang tertarik dan tidak sungkan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Supaya calon pelanggan Anda yakin akan kemahiran anda dalam menulis, buatlah blog sendiri untuk menunjukkan kualitas tulisan Anda.

Untuk mendapatkan job tersebut, anda bisa mencarinya di situs ini;

Projects.co.id
Freelancer.co.id
Sribulancer.com
Contentwritter.com
TextBroker.com

Selain itu, Anda juga bisa menjadi kontributor blog milik orang lain atau salah satu situs online yang membayar penulisnya seperti;

Jalantikus.com
IDNtimes.com
Gamebrott.com

5. Membuka Les Private / Bimbel

peluang usaha modal kecil

Walaupun pelajaran di sekolah sudah di susun sedemikian rupa supaya materi pembelajarannya mudah ditangkap siswa, namun faktanya tidak semua siswa memahami apa yang di sampaikan oleh guru-guru mereka.

Ada beberapa faktor penyebabnya seperti penyampaian guru yang susah dipahami, waktu belajar yang kurang fleksibel, banyak pelajaran dalam sehari sehingga tidak fokus dan masih banyak lagi.

Pelaksanaan bimbingan belajar secara privat menjadi solusi dari masalah di atas. Dengan harapan supaya kemampuan akademik siswa dapat meningkat.

Pendekatan personal dalam kegiatan les privat pun secara tidak langsung dapat membantu guru les privat mengetahui kemampuan siswa yang di didiknya sehingga akan lebih mudah menentukan metode penyampaian terbaik.

Peluang usaha membuka les privat ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang berprofesi sebagai mahasiswa ataupun lulusan sarjana yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Atau mungkin Anda yang sekarang menjadi guru di sekolah juga bisa mencobanya.

Anda bisa membuka jasa tersebut sesuai keahlian Anda. Misalnya, les pelajaran sekolah seperti bahasa Inggris, matematika, fisika ataupun Anda yang menguasai bidang IT bisa membuka les komputer untuk mereka yang gaptek.

Bukan hanya secara offline, menjadi guru private juga bisa dilakukan secara online di beberapa situs bimbel terkenal seperti misalnya Ruangguru.com dan Zenius.net.

Atau jika mau, Anda bisa membuka kursus online sendiri dengan membuat website konsultasi, sesi tanya jawab dan/atau pembelajaran melalui rekaman video.

6. Jasa Pengetikan & Printing

peluang usaha modal kecil

Target pangsa pasar jasa ini adalah kalangan dosen, mahasiswa, dan anak sekolah, sehingga peluang usaha kecil-kecilan ini sangat tepat jika tempat tinggal Anda tak jauh dari kampus ataupun sekolah.

Mereka yang tidak memiliki banyak waktu atau mungkin karena malas akan mencari jasa pengetikan cepat untuk pembuatan makalah, skripsi, undangan, proposal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Modal untuk membuka usaha ini relatif mudah dan murah karena hanya membutuhkan sebuah komputer dan printer. Atau jika Anda tidak memiliki keduanya, Anda bisa mengerjakan pesanan Anda di warnet.

7. Menyewakan Kamar

peluang usaha modal kecil

Jika semua peluang di atas tidak ada yang Anda minati, yang satu ini lebih mudah dan tanpa peras keringat sekalipun.

Bagi Anda yang memiliki rumah atau hanya sepetak kamar sekalipun yang tidak dihuni, alangkah baiknya untuk memonetisasinya dengan menyewakan kepada mereka yang sedang mencari akomodasi saat traveling maupun liburan biasa.

Ini sangat menguntungkan sekali apabila rumah yang akan Anda sewakan letaknya strategis dan dekat dengan lokasi wisata. Tempat Anda akan banyak yang mencari dan Anda pun bisa memanfaatkan ini dengan memberi harga yang lumayan tinggi.

Untuk menyewakan rumah/kamar Anda secara online, Anda bisa menggunakan situs AirBnB, AirBnB adalah situs online yang memfasilitasi penyewaan tempat tinggal sementara.

Di situs tersebut terdapat banyak orang berinteraksi entah itu untuk menyewakan tempat tinggal maupun yang sedang mencari akomodasi yang diinginkan.

Anda tinggal berleha-leha santai, duduk sambil minum teh, uang mengalir dengan sendirinya.

8. Membuat Toko Online Sendiri

peluang usaha modal kecil

Perkembangan bisnis e-commerce sedang mengalami peningkatan yang tajam. Di indonesia, pada tahun 2016 lalu, jumlah pembeli online mencapai 8,7 juta orang dengan nilai transaksi mencapai 4,89 milliar dollar AS.

Dengan kemajuan tersebut, peluang usaha online menjadi lebih luas. Sekarang sudah banyak bermunculan marketplace-marketplace online di internet.

Baca Juga : Gak Usah Ragu Lagi, Ini Kelebihan Belanja Online Ketimbang Offline

Kini giliran Anda ikut berperan serta mengembangkan bisnis Anda dengan membuat toko online sendiri sebelum banyak berdatangan pesaing-pesaing baru lagi.

Tidak harus membuat toko online yang besar seperti Lazada, Tokopedia dan sebagainya. Anda bisa membuatnya sambil mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Misalnya, Anda memiliki sebuah usaha toko sepatu. Buatlah toko online yang sama persis seperti usaha Anda tersebut yaitu toko sepatu online. Dengan begitu, jangkauan pemasaran produk Anda akan jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya.

9. Jual Pulsa & Token Listrik

peluang usaha modal kecil

Penggunaan alat komunikasi seperti smartphone yang semakin hari semakin menjadi-jadi ternyata memberikan cipratan rejeki untuk para penjual pulsa.

Walaupun sudah terdapat banyak outlet penjual pulsa elektrik maupun token listrik, namun tidak ada salahnya jika Anda juga membuka usaha ini. Selain pulsa, Anda juga bisa menjual paket internet.

Sebelum memulai, terlebih dahulu Anda harus mendaftar menjadi agen pulsa di salah satu distributor pulsa atau token listrik. Dengan biaya 100-200 ribu + hp jadul, Anda sudah bisa mulai berdagang pulsa.

10. Ikut Program Affiliate

peluang usaha modal kecil

Affiliate atau afiliasi adalah program kerjasama antara pihak yang memiliki produk (A) dengan pihak yang mempromosikan produk (B). Jika si B berhasil mereferensikan produknya si A, maka si B akan mendapatkan komisi.

Komisi yang didapatkan dihitung berdasarkan jenis dan mekanisme kerja program tersebut. Ada yang berupa PPS (Bayar per jual), PPC (Bayar per klik), PPL (Bayar per daftar), PPD (Bayar per download) dan PPV (Bayar per tampil).

Baca Juga : Pengaruh Teknologi dalam Dunia Bisnis

Misalnya, kami mempunyai website dan menjalankan program afiliasi dengan menaruh banner / link di website kami. Apabila banner / link milik program afiliasi tersebut ada yang meng-klik, melihat dan seterusnya, maka kami akan mendapatkan imbalan.

Program afiliasi banyak di gunakan oleh toko berbasis online seperti;

Amazon.com
Lazada.co.id
Blibli.com
Belbuk.com
Ratakan.com

Anda tinggal mendaftar di salah satu situs diatas tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

11. Dropship

peluang usaha modal kecil

Sekilas hampir sama dengan program afiliasi. Bedanya, kalau program afiliasi hanya merekomendasikan atau mempromosikan, dalam dropshipping, Anda sebagai dropshipper akan langsung terlibat dalam proses jual beli.

Nggak ada bedanya dong sama jual beli biasa?

Ada. Yakni Anda tidak butuh stok produk. Yang mengurus produk serta pengirimannya adalah pihak ketiga sebagai pemasok atau supplier. Lebih jelasnya lihat gambar ini


Sederhananya, Anda menjualkan produk orang lain atas nama Anda, dan Anda akan mendapatkan imbalan beberapa persen dari hasil penjualan.

Karena usaha ini tidak menjual produk sendiri, maka Anda membutuhkan yang namanya supplier/pemasok. Dari mana kita bisa mendapatkan itu?

Salah satu situs supplier dropship yang sudah banyak digunakan oleh reseller adalah Cakning.

Cakning merupakan platform yang memiliki spesialisasi di bidang supplier dropship

12. Menjual Foto / Audio / Video / Ebook

peluang usaha modal kecil

Siapa bilang produk digital seperti audio, video, ebook maupun foto tidak bisa dijual?

Produk digital adalah salah satu produk non fisik yang cukup laku dijual, sehingga Anda bisa menjualnya kepada orang lain, bahkan orang yang berada di luar negeri sekalipun.

Menjualnya pun tidak terlalu ribet, karena sekali Anda membuat produk digital, Anda bisa menjualnya berkali-kali tanpa perlu membuatnya lagi.

Misalnya, kami mau menjual foto. Katakanlah satu foto di hargai $1, jika foto kami bisa terjual 100 kali, maka kami bisa mengantongi $100 dari satu foto, tinggal dikalikan dengan nilai rupiah saat ini.

Anda dapat menjual produk-produk digital Anda di Ratakan, Ebay, Projects, Amazon dan Envanto.

Akhir Kata

Apapun usaha yang akan Anda jalankan, tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan kerja keras serta konsistensi Anda, semuanya butuh proses, dan yang tidak kalah penting juga adalah do'a.

Anda mungkin terheran-heran dengan judul artikel ini yang menuliskan keuntungan hingga 419%.

Baca Juga : [Panduan Lengkap] Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula!

Lantas apa hubungannya dengan artikel ini, bahkan daritadi kok sepertinya tidak ada analisis mengenai keuntungannya sama sekali?

Yang akan membuktikannya adalah Anda sendiri, Andalah yang akan menjadi "the next successful entrepreneurs", keuntungan sebesar itu belumlah seberapa jika dibandingkan dengan kesuksesan dan pengalaman yang akan Anda dapatkan jika mau belajar memulai usaha sedini mungkin.

Bahkan mungkin, keuntungan yang akan didapatkan bisa berkali-kali lipat dari angka 419%, ini bukanlah hal yang mustahil, jadikanlah gambaran ini sebagai motivasi Anda dalam memulai usaha, dan jangan pernah patah semangat sebelum berhasil.

Kami harap dengan membaca artikel ini, Anda yang sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil bisa mendapatkan jawabannya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR