TAGARNUANSA

7 Penyebab Utama Baterai Hp Boros dan Panas

7 Penyebab Utama Baterai Hp Boros dan Panas
Minggu, 27 Januari 2019
penyebab baterai hp boros
Salah satu hal yang sering membuat jengkel kebanyakan user smartphone saat ini adalah kondisi baterai hpnya yang cenderung cepat panas dan boros.

Sebenarnya jika kita ingin berbicara secara faktual, baterai smartphone saat ini sangatlah wajar jika cepat panas dan boros.

Ada 3 alasan utama yang mendasarinya, yaitu;

1. Semakin canggihnya komponen / hardware yang digunakan
2. Membutuhkan daya yang lebih besar
3. Semakin beragamnya fitur yang di gunakan.

Namun, itu secara garis besarnya saja, dan di bawah ini akan diuraikan secara ringkas mengenai detail-detail apa saja yang sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai sehingga kondisi baterai pun bisa lebih cepat panas daripada biasanya.


Selain penyebab-penyebabnya, juga akan diuraikan mengenai cara yang harus dilakukan, agar bisa lebih membantu Anda dalam menangai permasalahan ini.

#1 Background Handphone

penyebab baterai hp boros

Penyebab yang satu ini kebanyakan tidak disadari oleh para pengguna smartphone. Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi energi pada baterai handphone kita. Biasanya background jenis ini adalah background yang dapat bergerak sesuai keinginan kita.

Umumnya orang sering menamakannya dengan sebutan screen saver, wallpaper bergerak, dan lain sebagainya.

Yang Harus dilakukan;

-Pilih background tetap (tidak bergerak)
-Pilih background yang tidak banyak warna, polos lebih baik
-Wallpaper dengan latar hitam sangat dianjurkan karena dapat menghemat baterai hingga >50%.

#2 Layar Yang Terlalu Cerah / Terang

penyebab baterai hp boros

Sebagian besar dari Anda saya yakin sadar untuk poin nomor 2 ini, ya memang kondisi kecerahan layar akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi dan suhu pada baterai.


Gunakanlah fitur pengatur kecerahan layar semaksimal mungkin untuk menghemat baterai Anda, dan jangan lupa juga untuk matikan layar smartphone saat tidak digunakan.

#3 Buruknya Kondisi Sinyal

penyebab baterai hp boros

Banyak juga yang mungkin tidak sadar bahwa kondisi sinyal yang buruk dapat mempengaruhi konsumsi daya pada baterai.

Kenapa bisa begitu?

Disaat kondisi sinyal pada provider Anda menurun atau bahkan hilang di suatu wilayah tertentu, ponsel akan terus-menerus mencari sinyal dan berusaha menstabilkannya untuk dapat digunakan oleh user.

Secara tidak langsung, ini sangat membuat baterai hp Anda boros, karena dipaksa untuk bekerja terus-menerus untuk mencari sinyal yang hilang atau sulit dicari tadi.

Yang Harus dilakukan;

-Pindah ketempat yang dirasa memiliki jaringan stabil untuk provider Anda
-Cabut Kartu Anda untuk sementara waktu, jika belum dapat menemukan tempat yang memiliki jaringan stabil.

#4.  Mengabaikan Filter Notifikasi


penyebab baterai hp boros

Terlalu banyak notifikasi yang masuk dari berbagai macam aplikasi juga menjadi salah satu penyebab terbesar kenapa baterai hp Anda bisa sangat boros dan cepat panas.

Notifikasi membutuhkan dua jalur utama untuk masuk, yang pertama masuk melalui jaringan internet, dan kemudian diteruskan ke dalam sistem untuk dijadikan alat pengingat bagi Anda.

Baca Juga : Tips Jitu Memilih Smartphone Gaming Murah Namun Berkualitas

Kedua jalur ini jika berlangsung dari banyak aplikasi akan sangat menguras daya baterai.

Yang Harus dilakukan;

-Filter notifikasi yang masuk, pilihlah yang menurut Anda paling penting
-Gunakan aplikasi pihak ketiga, jika ponsel Anda tidak memiliki fitur untuk memfilter notifikasi.

#5 Pencari Wifi dan Bluetooth, dan GPS Selalu Aktif


penyebab baterai hp boros

Di beberapa ponsel tertentu ada fitur pada Wifi yang memudahkan penggunanya untuk menemukan sinyal wifi, jadi walaupun wifi sudah dimatikan, jika fitur pencari wifinya belum dimatikan, maka ponsel akan tetap mencari sinyal wifi dimanapun Anda berada, ini berarti wifi juga tetap akan menguras baterai Anda.

Disisi lain, Bluetoothpun memiliki kasus yang sama, jadi perhatikanlah dua hal ini untuk memberikan durasi yang lebih lama bagi baterai Anda.

Dan terakhir GPS, fitur GPS ini umumnya dikenal sebagai faktor penguras baterai nomor satu di smartphone Android dan iOS saat ini, selain karena membutuhkan koneksi yang cepat dan lancar, GPS juga terus bekerja untuk mencari arah sesuai dengan kebutuhan yang telah Anda setting untuk keperluan tertentu.

Yang Harus dilakukan;

-Matikan GPS, Wifi dan Bluetooth ketika sedang tidak digunakan
-Matikan fitur pencari jalan(gps), wifi dan bluetooth otomatis pada ponsel Anda.

#6 Mengabaikan Aplikasi Latar Belakang dan Widget


penyebab baterai hp boros

Dua hal yang sering dibaikan juga ada dari sektor aplikasi latar belakang dan widget.

Kebanyakan widget membutuhkan pengaturan lebih lanjut agar dapat berjalan lebih optimal untuk kebutuhan ponsel Anda, begitu juga dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Yang Harus dilakukan;

-Aturlah widget sesuai kebutuhan, contoh aplikasi cuaca yang diperbarui sebelumnya setiap satu jam diubah menjadi setiap tiga atau empat jam
-Kurangi aplikasi latar belakang yang tidak begitu penting.

#7 Usia Ponsel, Baterai, dan Charger


penyebab baterai hp boros

Yang terakhir adalah usia ponsel, baterai, dan charger, banyak orang yang juga tidak peduli terhadap ketiga komponen hardware ini.

Yang namanya barang elektronik sudah pasti memiliki nilai ekonomis dengan jangka waktu tertentu, hal ini berarti tidak selamanya semua komponen ponsel Anda dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : Jangan Salah! Ternyata OS Android Saat Ini Tidak Perlu Lagi Install Antivirus, Apa Alasannya?

Dinegara-negara maju seperti misalnya Jepang, telah menerapkan usia maksimal penggunaan produk khususnya smartphone dengan jangka waktu tidak lebih dari 2 tahun, yang artinya ketika usia ponsel telah memenuhi waktu tersebut maka wajib untuk menggantinya dengan yang baru.

Namun, hal ini tidak mudah jika diterapkan di negara-negara berkembang seperti halnya di Indonesia, jadi di poin ini Anda bisa jadikan baterai dan charger sebagai acuan jika belum mampu membeli smartphone baru.

Yang Harus dilakukan;

-Gantilah salah satu dari ketiga komponen diatas jika dirasa sudah tidak mampu lagi menjalankan berbagai tugas harian Anda, terutama bagi Anda yang mobilitas penggunaan ponselnya tinggi
-Cek kondisinya secara rutin dan berkala, agar tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti baterai dan kapan waktu yang tepat untuk ganti smartphone.

Jika Anda ingin tahu langsung mengenai apa saja hal-hal yang menandakan baterai hp Anda rusak, saya sarankan untuk membaca artikel berikut ini;

Ciri Yang Menandakan Bahwa Baterai Hp Telah Rusak

Bagaimana, sampai sini saya harap Anda sudah lebih bijak dalam menanggapi boros dan panasnya baterai hp Anda dengan membaca artikel diatas.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR