TAGARNUANSA

Jangan Lihat! 7 Wisata Gila Yang Sangat Ekstrem Dan Berbahaya

Jangan Lihat! 7 Wisata Gila Yang Sangat Ekstrem Dan Berbahaya
Minggu, 20 Januari 2019
wisata ekstrem
Setiap tahun, ada begitu banyak orang yang rela bepergian ke seluruh dunia, dengan tujuan wisata dan seringkali memesan tur yang menawarkan pengalaman mendebarkan sekaligus menyenangkan demi menghilangkan stres setelah bekerja selama satu tahun penuh.

Namun, disisi lain sering kali mereka tidak menyadari bahwa bahaya dapat datang kapan saja dan bukan tidak mungkin mereka harus berhadapan langsung dengan marabahaya tersebut, apalagi jika tujuan wisatanya adalah tempat-tempat yang ekstrem, seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Ketika kita berencaca untuk memesan tur berpemandu, seringkali kita membayangkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus informatif. Dan ironisnya, sebagian besar dari kita justru tidak memperhitungkan situasi berbahaya yang mungkin saja terjadi dan dapat mengancam jiwa.

Ada begitu banyak perusahaan wisata ekstrem yang menawarkan pengalaman yang sangat unik di dunia, mulai dari wisata mengejar tornado di Amerika Serikat hingga menambang dengan dinamit di gunung yang telah merenggut banyak nyawa manusia sepanjang sejarah wisata di dunia, ngeri gak tuh :v.

Nah, semua tur yang akan ditampilkan dalam daftar ini adalah contoh dari wisata-wisata gila yang telah di jelaskan diatas.

Untungnya, banyak dari mereka belum mengalami kecelakaan fatal; namun, risiko dari insiden semacam itu sangat nyata dalam setiap kasus. Berikut ini tujuh tur gila yang memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi.

1. Zona Karantina Chernobyl

wisata ekstrem

Salah satu bencana nuklir terbesar dan paling ikonik pernah terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, yang terletak di Ukraina Utara, pada 26 April 1986 silam.

Saat ini, Zona Karantina Chernobyl adalah tempat yang tepat bagi para wisatawan untuk merasakan dunia pasca-apokaliptik. Namun, sebenarnya kawasan itu belum dianggap aman sepenuhnya, dan tidak jelas berapa lama Zona akan terus berbahaya.

Jika ada diantara kamu yang pernah menonton film dengan judul "Chernobyl Diaries", pasti sudah dapat terbayang dong seberapa mengerikannya tujuan wisata gila yang satu ini.

Selama bertahun-tahun, tingkat radiasi memang telah berkurang cukup drastis di tempat ini, sehingga pemerintah Ukraina mau mengambil kesempatan ini dengan membuka tur wisata berpemandu. Namun, ada banyak kegiatan yang dilarang, termasuk merokok, makan, atau minum di udara terbuka serta menyentuh bangunan, tanaman, dan pohon.

Pakaianpun sangat ketat dan harus menutupi kulit sebanyak mungkin saat melakukan tur. Situs web bisnis bernama Chernobyl Tours mengklaim bahwa tingkat radiasi yang terpapar wisatawan relatif kecil.

Tur yang dipandu menghindari area di mana radiasi berada dalam konsentrasi tinggi, dan ada kemungkinan kecil wisatawan menghirup udara yang terkontaminasi dalam jumlah yang berbahaya, yang mengakibatkan penyakit radiasi.

Meskipun risikonya rendah, tetap ada kemungkinan bersentuhan dengan jumlah radiasi yang mematikan, terutama ketika tidak mengikuti tindakan pencegahan keamanan yang diberikan oleh pemandu wisata.

2. Tur Kilat 1000 Sambaran Petir

wisata ekstrem

Tur kilat disini bukan berarti tur cepat, tapi perjalanan untuk menikmati fenomena langka yang dihasilkan oleh serangkaian peristiwa alam.

Petir adalah salah satu fenomena paling indah yang ditawarkan oleh Alam. Setiap hari, ribuan orang dari seluruh penjuru dunia menikmati cahaya luar biasa yang dihasilkan oleh badai saat terjadi di langit.

Pertunjukan cahaya ini tidak biasa dan bahkan tempat ini dijuluki sebagai ibu kota petir dunia karena frekuensi petir yang dihasilkannya.

Di sini, tersedia wisata yang membawa para wisatawannya masuk ke desa-desa setempat, untuk kemudian melakukan safari pada malam hari untuk melihat buaya, ular, dan burung, juga kesempatan untuk melihat lumba-lumba, dan tentu saja acara utama yang tidak boleh dilewatkan, yakni menyaksikan kilatan petir dengan frekuensi tinggi! Kebanyakan orang akan terlena menyaksikan sesuatu yang istimewa ini namun disisi lain melupakan bahaya yang barangkali terjadi pada saat itu juga.

Tentu kita tahu bahwa, petir telah dikenal dapat menyerang korbannya dari jarak yang sangat jauh dengan kecepatan cahaya!, dan tur ini membawa kamu tepat ke jantung dari semua atraksi petir tersebut. Kota Maracaibo dapat menerima lebih dari 1.000 sambaran petir per jamnya, gila gak tuh :v.

Namun, kilat bukan satu-satunya fenomena cuaca yang dikenal oleh penduduk Maracaibo, karena badai dan tornado juga diketahui pernah terjadi disini. Tornado terlahir dari badai petir, dan dengan 260 hari badai yang terjadi per tahun, peluang terbentuknya tornado meningkat secara drastis.

Tur ini tentu sama berbahayanya dengan keindahannya, apa kamu tertarik mencobanya?

3. Tur Tornado Alley

wisata ekstrem

Hampir sama dengan tur diatas, perjalanan ini juga melibatkan fenomena alam dalam tujuan wisatanya.

Dengan popularitas yang meningkat karena Storm Chaser dari salah satu channel Tv swasta di luar negeri, tur tornado ternyata telah menjadi bisnis yang berkembang cukup pesat di Amerika Serikat, dan menjadi ladang uang yang cukup menjanjikan.

Setiap tahun, para penggemar cuaca ekstrem berduyun-duyun ke Tornado Alley Amerika dengan harapan mengejar impian mereka untuk menyaksikan salah satu karya seni Mother Nature yang paling ganas.

Tornado Alley adalah sebuah daerah di pusat Amerika Serikat, dinamai demikian karena udara kering dari Kanada dan Dataran Tinggi Meksiko bertabrakan langsung dengan udara lembab dari Teluk Meksiko sehingga menimbulkan badai dan tornado yang begitu besar.

Karena meningkatnya permintaan untuk jenis wisata ini, lebih dari selusin perusahaan telah muncul dalam 20 tahun terakhir, menambah jumlah kendaraan di jalan kota ini, meningkatkan kemacetan dan meningkatkan frekuensi bahaya yang dapat terjadi karena kondisi jalanan yang seperti itu.

Perusahaan tur disini sebenarnya sudah memiliki prosedur yang kuat untuk menjamin keselamatan para kliennya, namun tetap saja fenomena alam sulit untuk diprediksi, bahkan oleh seorang profesional paling berpengalaman sekalipun karena dapat berada dalam situasi yang amat mengancam jiwa mereka, seperti misalnya kasus tiga pemburu di Oklahoma yang hilang selama badai pada 2013 dan tiga lainnya di Texas selama badai 2017.

Tidak ada keamanan yang pasti saat tornado terjadi. Seperti kata pepatah: Ketika guntur mengaum, masuklah ke dalam rumah.

4. Perahu Lava

wisata ekstrem

Menonton aliran lava secara langsung (bukan di tv) adalah pengalaman memuaskan yang tak terlupakan (menurut para wisatawan yang pernah melakukannya), dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka yang pernah ke sana.

Di Hawaii, ada tur perahu lava yang akan membawa kamu berada dalam posisi yang cukup dekat dengan aliran lava untuk mendengar dan merasakan panas lava secara langsung saat lava turun ke dalam air dan mulai mendingin.

Tur ini terdengar sangat menarik tetapi di sisi lain juga memiliki tingkat risikonya sendiri yang bahkan mungkin tidak disadari kebanyakan orang.

Sudah sangat jelas sekali kita ketahui bahwa lava memang sangatlah berbahaya, dan jika dipikir-pikir, saya rasa sangat konyol untuk berada dalam jarak yang dekat dengan lava saat mengalir turun dari gunung, alih-alih mendekat untuk menikmati keelokan warna dan alirannya, saya justru akan memilih lari sejauh mungkin untuk terhindar dari panasnya lava gunung.

Wisata ini bahkan telah mengalami insiden yang mengerikan di masa lalu. Pada bulan Juli 2018, sebuah ledakan telah melemparkan batu cair yang menghujani sebuah kapal, alhasil melukai 23 turis saat lava mulai meleleh di atap kapal.

Namun anehnya, meskipun bencana-bencana saat perjalanan wisata lava silih berganti, perusahaan wisata ini tetap saja melanjutkan tur mereka sambil tetap berpegang pada kebijakan revisi Penjaga Pantai, pantang menyerah...

5. Sensasi Menambang dengan Dinamit di Bolivia

wisata ekstrem

Tur ini adalah salah satu yang cukup langka di dunia, namun tur ini memberikan kesempatan emas bagi kamu yang ingin tahu seperti apa kehidupan yang terjadi sebenarnya di dalam area pertambangan.

Di dekat Potosi, Bolivia, terletak Cerro Rico ("Gunung Kaya"), ada sebuah area yang dijuluki sebagai "Gunung Pemangsa Manusia" dengan alasan yang masuk akal, yakni Tambang perak Cerro Rico telah merenggut banyak nyawa manusia!

Banyak orang yang mempercayai bahwa tempat ini merupakan tempat suci bagi Iblis, letaknya tepat di dalam tempat para penambang melakukan pekerjaannya, tur ini jelas bukan tur yang tepat untuk orang yang lemah hati apalagi lemah iman, atau mereka yang masih menghargai kehidupannya.

Setelah semua peserta tur mengenakan pakaian keamanan yang telah disediakan yang terdiri dari helm tambang, sepatu bot, dan perlengkapan lainnya, tur beberapa jam dimulai dengan rute awal perjalanan menuju ke pasar penambang, di mana wisatawan didorong untuk membeli tembakau, alkohol, dinamit hidup, dan hadiah lain untuk diberikan pada pekerja yang akan mereka temui di dalam tambang.

Saat wisatawan tiba di pintu masuk tambang, pemandu akan mencatat daftar singkat tindakan pencegahan dan keselamatan.

Kemudian para turis pergi ke terowongan yang gelap dan berliku. Kondisi di dalam tentu saja kurang kondusif, gelap, panas, dan berdebu.

Setelah hadiah dinamit diberikan kepada para pekerja di dalam tambang, mereka akan meledakkannya sebagai bagian dari daftar wisata yang menakutkan dan turis harus menyaksikan dinding yang bergetar dan puing jatuh dari langit-langit di sekitarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi tambang perak menjadi semakin tidak stabil karena lokasinya yang terus menurun karena operasi penambangan yang tidak terkendali yang dilakukan di masa lalu.

6. Mendayung Perahu diantara Buaya, Kudanil, dan Hiu Banteng

wisata ekstrem

Kebanyakan orang umumnya ingin dekat dengan satwa liar, tetapi bagaimana jadinya jika yang dekat dengan kamu adalah hewan buas yang dikenal sebagai puncak rantai makanan di alam liar.

Namun, pemikiran semacam itu tidak berlaku bagi para wisatawan aneh sekaligus nekat ini, kesempatan untuk dapat mendayung di perairan terbuka dengan kuda nil, buaya, dan bahkan hiu banteng ada di Muara St Lucia di Afrika Selatan dan direfleksikan sebagai cara yang fantastis dan memorable untuk dekat dan bersosialisasi langsung dengan alam, kayak ngga ada cara lain aja ya, hahaha.

Selain itu, kamu juga akan menjumpai beberapa burung langka pemangsa manusia yang sebenarnya tidak lazim didengar, namun benar-benar ada disini. Ini bukan tur yang cocok tentunya bagi mereka yang mencari pengalaman menenangkan dengan alam bukan pengalaman mengerikan yang tak terlupakan.

Kamu mungkin tidak percaya bahwa tur ini tidak dilakukan dalam lingkungan yang diawasi langsung oleh lembaga terkait, dan parahnya lagi, menurut info yang beredar pemandu wisata disini tidak ragu-ragu untuk menahan informasi mengenai bahaya di daerah itu, termasuk kematian yang bahkan pernah terjadi akibat serangan hewan saat tur berlangsung, hiiii ngeri ya.

7. Melompati Perairan Yang Penuh Dengan Buaya

wisata ekstrem

Yang ini lebih gila lagi dari poin nomor 6, penasaran? silahkan simak uraian berikut ini.

Lompat bungee adalah olahraga ekstrem yang sangat populer di dunia, tetapi yang satu ini berbeda, selain harus melompat sejauh 111 meter (364 kaki) ke arah perairan yang dipenuhi buaya kamu juga disuruh untuk mengikat kaki dengan erat!

Di Victoria Falls Bridge antara Zimbabwe dan Zambia, pengalaman yang gila sekaligus membuat penasaran ini sering ramai didatangi pengunjung dari berbagai negara.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dan inilah yang terjadi pada Erin Langworthy, seorang wanita Australia yang sedang berlibur selama Malam Tahun Baru 2011.

Untungnya, dia selamat dengan cedera ringan, meskipun harus berenang dengan kaki terikat dan harus membebaskan tali ketika ia tertangkap di bebatuan oleh sekawanan buaya. Lompatan yang amat gila ini benar-benar sama menakutkannya seperti berenang di lautan terbuka yang dipenuhi dengan hiu ganas.


Nah, itulah 7 Wisata Ekstrim Gila Yang Sangat Ekstrem dan Berbahaya, saya sendiri tidak mengerti kenapa ada begitu banyak orang yang rela membuang-buang uang hanya untuk tujuan yang jelas-jelas dapat mendatangkan bahaya bagi dirinya.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa orang-orang barat memang memiliki nyali yang besar-besar, tidak aneh jika mereka berlomba-lomba untuk datang ke daerah-daerah wisata yang amat mengancam jiwa ini, kalo saya sih jangankan ke tempat-tempat seperti itu, naik waterboom dengan tinggi yang tidak seberapa saja harus dipikir-pikir dulu :v.

Share This Article :
Andhika Pandanu

Hello, I am an online and real world science seeker, and happy to share it.

Follow my social media account
ig : @dhika_dn 

TAMBAHKAN KOMENTAR